Soal Kritik Karya Seni Rupa Kelas 10

soal kritik karya seni rupa kelas 10

Soal Kritik Karya Seni Rupa Kelas 10 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Seni Budaya kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kritik karya seni rupa.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kritik seni rupa menggambarkan pengetahuan yang dapat digali dari sumber inspirasi, interes bentuk, interese seni, prinsip seni, unsur seni, struktur seni dan gaya pribadi sang perupa. Memberikan kritik berarti….

A. Mencari kesalahan

B. Memuji

C. Menghakimi

D. Menjelek-jelekan

E. Memberi tanggapan

2. Memberikan kritik karya seni rupa bukan berarti kita mencari kesalahan, mencaci, menghakimi atau menjelek-jelekan karya yang kita lihat, namun kita berupaya memberikan pemahaman bagaimana dan mengapa karya tersebut diekspresikan perupa sehingga menjadi komunikasi seni yang berkualitas antara kita dengan perupa dan karyanya. Tanggapan terhadap sesuatu karya yang dilihat atau dirasakan disebut juga dengan….

A. Kritik karya seni

B. Sentimen Karya seni

C. Persepsi karya seni

D. Konsep karya seni

E. Prinsip karya seni

3. Suatu abstraksi atau gambaran utama dalam pembentukan pengetahuan dari berbagai macam karakteristik disebut juga dengan istilah?

A. Kritik seni

B. Sentimen Karya seni

C. Persepsi karya seni

D. Konsep karya seni

E. Prinsip karya seni

4. Satu kritik seni rupa dapat diungkapkan dari mana sumber inspirasi sang perupa berkarya, kita kenal juga dengan istilah ….

A. Interes seni

B. Interes bentuk

C. Sumber inspirasi

D. Struktur karya

E. Prinsip estetik

5. Setiap karya seni rupa punya nilai estetika yang berbeda. Hal ini tergantung kualitas serta penilaian secara objektif dan subjektif dari penikmatnya. Banyak faktor yang mendukung untuk terciptanya suatu karya yang menarik. 

Daya tarik atau pesona yang dihadirkan dari sebuah karya seni disebut juga ….

A. Interes pragmatis,

B. Interes reflektif

C. Interes estetis,

D. Interes seni

E. Interes bentuk

6. Daya tarik yang menempatkan seni dari instrumen pencapaian tujuan, seperti dakwah, politik, dan sebagainya disebut juga ….

A. Interes pragmatis,

B. Interes reflektif

C. Interes estetis,

D. Interes seni

E. Interes bentuk

7. Interes seni merupakan daya tarik atau pesona sebuah karya seni. Daya tarik yang menempatkan seni dari pencerminan realita dengan dunia khayal menjadi sesuatu yang ideal, disebut juga ….

A. Interes pragmatis

B. Interes reflektif

C. Interes estetis

D. Interes seni

E. Interes bentuk

8. Daya tarik yang menempatkan seni dari nilai keindahan semata, disebut juga ….

A. Interes pragmatis,

B. Interes reflektif

C. Interes estetis,

D. Interes seni

E. Interes bentuk

9. Disebut apakah daya tarik yang menempatkan seni dari wujud visual karya?

A. Interes pragmatis,

B. Interes reflektif

C. Interes estetis,

D. Interes seni

E. Interes bentuk

10. Bentuk alami yang secara visual kita kenal sehari-hari, seperti manusia, hewan, tumbuhan, pemandangan, dan sebagainya disebut juga dengan istilah ….

A. Bentuk figuratif,

B. Bentuk semi figuratif.

C. Bentuk non figuratif

D. Bentuk formal

E. Bentuk non formal

11. Objek berkarya seni rupa sangatlah banyak kita jumpai ,bisa mahluk hidup, benda mati dan lain sebagainya. Bentuk yang sudah dikreasikan atau diubah dari kenyataan sesungguhnya, seperti berbentuk deformasi, distorsi dan stilasi, disebut juga dengan istilah…

A. Bentuk figuratif,

B. Bentuk semi figuratif.

C. Bentuk non figuratif

D. Bentuk formal

E. Bentuk non formal

12. Istilah untuk bentuk-bentuk bermakna yang tidak alamiah sebagai fantasi visual perupa adalah…

A. Bentuk figuratif,

B. Bentuk semi figuratif.

C. Bentuk non figuratif

D. Bentuk formal

E. Bentuk non formal

13. Beberapa hal yang harus melekat pada setiap karya seni rupa seperti : kesatuan (unity), keseimbangan (balance), irama (ritme), penekanan (emphasis), kesebandingan (proportion) atau keselarasan (harmony) termasuk dalam….

A. Prinsip seni

B. Struktur seni

C. Unsur Seni

D. Gaya seni

E. Struktur Seni Rupa

14. Secara visual karya seni rupa terdiri dari garis, raut (bidang dan bentuk), ruang, tekstur, warna atau gelap terang.  Hal tersebut termasuk dalam….

A. Prinsip seni

B. Struktur seni

C. Unsur Seni

D. Gaya seni

E. Struktur Seni Rupa

15. Setiap seniman mempunyai karakter tersendiri dalam membuat karya seni rupa, sehingga menghasilkan aneka karya yang beragam bentuk dan visualnya.  Cara untuk menuangkan ekspresi sang perupa disebut juga dengan istilah…

A. Prinsip seni

B. Struktur seni

C. Unsur Seni

D. Gaya seni

E. Struktur Seni Rupa

16. Langkah-langkah kerja kreatif dalam menanggapi karya agar menghasilkan kritik yang berkualitas dan mudah dikomunikasikan disebut juga dengan istilah….

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Prosedur

E. Tahapan

17. Pada tahap awal kritikus seni berusaha menemukan dan mencatat segala fenomena  secara visual, ini disebut dengan istilah….

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Prosedur

E. Tahapan

18. Tahapan ini kita berupaya menelusuri kualitas karya berdasarkan struktur formal atau unsur pembentuknya, maka hal yang dimaksud adalah….

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Prosedur

E. Tahapan

19. Pada tahapan ini kita berupaya menafsirkan makna suatu karya, baik dari sisi tema, simbol. maupun masalah yang dimunculkan, maka hal yang dimaksud adalah…

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Evaluasi

E. Tahapan

20. Tahapan ini kita menilai kualitas suatu karya, baik dari sisi formal maupun konteksnya. Hal ini bias dikatakan dengan istilah….

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Evaluasi

E. Tahapan

21. Membandingkan karya yang ditanggapi dengan karya lain yang sejenis, membahas tujuan dan fungsi karya tersebut, menetapkan eksistensi karya tersebut dengan karya sebelumnya, menelaah sudut pandang karya tersebut, maka hal yang dimaksud adalah…

A. Deskripsi

B. Analisis formal

C. Interpretasi

D. Evaluasi

E. Tahapan

22. Pernahkah kamu sadari bahwa tanggapan yang  diberikan terhadap karya seni, baik lisan maupun tulisan itu mempunyai fungsi penting bagi dunia seni maupun proses pendidikan seni di sekolah.  Fungsi utama kritik karya seni rupa adalah…

A. Memposisikan seniman di masyarakat

B. Mengangkat kedudukan seniman

C. Menghakimi seniman

D. Menjembatani seniman dengan masyarakat seni

E. Mengolok-olok karya seni

23. Satu kritik seni rupa dapat diungkapkan dari mana sumber inspirasi sang perupa dalam berkarya. Mengenali dan menafsirkan informasi, adalah bagian dari…

A. Persepsi

B. Apresiasi artistik

C. Apresiasi Estetik

D. Tafsiran

E. Informasi

24. Memberi tanggapan terhadap sesuatu yang memiliki nilai seni, bagian dari…

A. Persepsi

B. Apresiasi artistik

C. Apresiasi Estetik

D. Tafsiran

E. Informasi

25. Ketika kita memberi tanggapan terhadap karya yang memiliki keindahan dan prosesnya, bagian dari…

A. Persepsi

B. Apresiasi artistik

C. Apresiasi Estetik

D. Tafsiran

E. Informasi

26. Melukis, membatik, mencetak (cetak tinggi dan cetak datar), fotografis, dsb, merupakan teknik dari berkarya seni rupa ….

A. Satu dimensi

B. Dua dimensi

C. Tiga dimensi

D. Empat dimensi

E. Tanpa dimensi

27. Banyak cara yang bias digunakan dalam proses berkarya seni rupa, seperti pahat, cor, butsir, kontruksi, sambung, anyam dan lain sebagainya merupakan teknik dari seni…

A. Satu dimensi

B. Dua dimensi

C. Tiga dimensi

D. Empat dimensi

E. Tanpa dimensi

28. Banyak nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni. diantaranya seni memandang keindahan secara visual dan kasat mata dari unsur-unsur pembentuknya, maka hal tersebut termasuk…

A. Nilai objektif

B. Nilai normatif

C. Nilai subtantif

D. Nilai subjektif

E. Nilai relatif

29. Nilai seni memandang keindahan karya tidak sebatas unsur-unsur pembentuk karya, namun dihadirkan oleh unggahan rasa atau batin penikmat seninya, maka nilai yang terkandung adalah….

A. Nilai objektif

B. Nilai normatif

C. Nilai subtantif

D. Nilai subjektif

E. Nilai relatif

30. Mendekteksi kelemahan, mengupas kedalaman, serta memperbaiki kekurangan karyanya, bagian dari…

A. Fungsi bagi seniman

B. Fungsi bagi apresiator

C. Fungsi bagi kritikus

D. Fungsi bagi masyarakat

E. Fungsi bagi pelajar

31. Banyak Kritik ini bersifat pengenalan atau publikasi sebuah karya kepada umum dengan bahasa dan istilah sederhana. Maka hal ini kita kenal dengan istilah….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

32. Kritik karya seni rupa pada dasarnya merupakan kegiatan menanggapi karya seni rupa dengan tujuan memahami kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Berdasarkan pendekatannya menurut Feldmen (1967) terdiri dari berbagai  jenis, diantaranya adalah kritik yang merupakan hasil tanggapan apresiator yang dipublikasikan kepada publik melalui media masa. Maka hal tersebut kita kenal dengan istilah…

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism

33. Berikut ini kritik yang bersifat akademis dengan kaidah atau metodologi penulisan dengan pengetahuan dan kepekaan tinggi seorang kritikus, maka istilah lain dari jenis ini adalah….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

34. Krititk ini digunakan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan kepekaan artistik serta estetik terutama peserta didik, maka istilah lain dari jenis ini adalah….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

35. Tanggapan seni yang berdasarkan kualitas konfigurasi unsur-unsur pembentukan karya, prinsip penataan karya dan medium yang digunakan adalah….

A. Kritik formalistik

B. Kritik Ekspresivistik

C. Kritik Instrumentaalistik

D. Kritik Pendidikan

E. Kritik Bebas

36. Banyak tanggapan terhadap karya seni yang diberikan baik oleh kreator, penikmat seni , bahkan kritikus  seni. Tanggapan seni yang berdasarkan kualiatas gagasan dan perasaan yang ingin dikomunikasikan sang kreator (perupa) disebut….

A. Kritik formalistik

B. Kritik Ekspresivistik

C. Kitik Instrumentalistik

D. Kritik Pendidikan

E. Kritik Bebas

37. Tanggapan Seni yang berdasarkan kualitas kemampuan karya mencapai tujuan moral, religius, politik, atau psikologis, disebut dengan….

A. Kritik formalistik

B. Kritik Ekspresivistik

C. Kritik Instrumentalistik

D. Kritik Pendidikan

E. Kritik Bebas

38. Ketika kamu membuat deskripsi tentang sebuah karya lukisana di sekolah, tanggapan yang kamu buat tersebut digolongkan dengan….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

39. Artikel yang membahas tentang sebuah pameran Affandi seperti contoh dalam modul, digolongkan ke dalam….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

40. Banyak penulis bermunculan untuk menuangkan buah penanya mengulas berbagai masalah dan peristiwa. Sebuah buku seni yang mengupas tentang biografi Basuki Abdullah, dapaat digolongkan ke dalam….

A. Kritik Populer (Popular criticism)

B. Kritik Jurnalisme (Journalistic criticism)

C. Kritik Keilmuan (Scholarly criticism)

D. Kritik Pendidikan (Paedagogic criticism)

E. Kritik Bebas (Fredom criticism)

Kunci Jawaban

1. E

2. A

3. D

4. C

5. D

6. A

7. B

8. C

9. E

10. A

11. B

12. C

13. A

14. C

15. D

16. D

17. A

18. B

19. C

20. D

21. D

22. D

23. A

24. B

25. C

26. B

27. C

28. A

29. D

30. A

31. A

32. B

33. C

34. D

35. A

36. B

37. C

38. D

39. B

40. C

Pelajari Juga: Soal Karya Seni Rupa Tiga Dimensi Kelas 11

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Seni Budaya tentang Kritik Karya Seni Rupa Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *