Soal Makna Persatuan dan Kesatuan

soal makna persatuan dan kesatuan

Soal Makna Persatuan dan Kesatuan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi makna persatuan dan kesatuan.

Rangkuman Materi Makna Persatuan dan kesatuan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Persatuan secara sederhana berarti gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) dari beberapa bagian  menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh.

Bacaan Lainnya

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hakikat dari Wawasan Nusantara adalah kesatuan bangsa dan keutuhan wilayah Indonesia.

Negara Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik yang wilayahnya merupakan kesatuan dari ribuan pulau yang terletak diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta di antara Benua Asia dan Australia.

Pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah adalam rangka menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pada hakikatnya, arti persatuan dan kesatuan merupakan bersatunya berbagai bangsa yang mendiami Indonesia menjadi satu…

A. Kebulatan yang utuh

B. Keharmonisan yang sederajat

C. Persamaan harkat dan martabat

D. Kesetaraan golongan

E. Komponen utama

2. Persatuan dan kesatuan bangsa dimulai sebelum proklamasi kemerdekaan, salah satunya lewat organisasi yang dibentuk oleh mahakalian STOVIA yaitu…

A. Empat Sekawan

B. Tiga Serangkai

C. Budi Utomo

D. Jong Celebes

E. Jong Ambon

3. Hari kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal…

A. 20 Mei

B. 20 Maret

C. 21 Mei

D. 21 April

E. 22 Mei

4. Perhatikan hal-hal berikut ini!

1) Menjadi awal dari tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara

2) Menjadi tonggak dimulainya melawan penjajahan

3) Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan

4) Munculnya lambing-lambang pemersatu seperti bendera Merah Putih dan Lagu indonesia Raya

5) Menggalang dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

6) Menjadi momentum persetujuan pembagian wilayah indonesia dengan Belanda 

Yang merupakan makna dari Sumpah Pemuda di tunjukkan oleh nomor…

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 4, dan 6

C. 1, 3, dan 5

D. 3, 4, dan 6

E. 4, 5 dan 6

5. Bahwa keutuhan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan mitra seluruh bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa. Adalah perwujudan kepualuan Nusantara sebagai satu kesatuan…

BACA JUGA:  Soal Menyusun Manual Brand

A. Politik

B. Ekonomi

C. Sosial budaya

D. Pertahanan keamanan

E. ideologi

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan: Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan, (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu; perserikatan; serikat. Pengertian kesatuan berarti perihal satu; keesaan; sifat tunggal; satuan. Bangsa Indonesia dalah suku bangsa yang menghuni wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian menjadi sesuatu yang utuh. Atau dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh.

2. C → Pembahasan: Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dilangsungkan Kongres Pemuda II di Jakarta. Kongres di hadiri oleh Sembilan organisasi pemuda, yaitu Jong Sumatranen, Jong bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan PPPI (Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia). Melalui sumpah pemuda, pemuda indonesia menyaakan ikrar untuk bersatu, tidak lagi berjuang secara terpisah di daerah masing-masing.

3. A → Pembahasan: Pada tanggal 20 Mei 1908 di bentuk Boedi Oetomo oleh Dr.Soetmo dan para mahasisa STOVIA (school tot Opleiding van Indische Artsen), Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Organisasi ini menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya pada masa itu. Oleh karena itu, setiap tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari Kebangkitan Nasional.

4. C → Pembahasan:

Sumpah Pemuda di ikrarkan, rakya Indonesia seakin keras berjuang dan pantang menyerah, menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa:

  • Menjadi awal dari tumbuhnya kesadaran hidup berbangsa dan bernegara
  • Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
  • Munculnya lambing-lambang pemersatu seperti bendera Merah Putih dan Lagu indonesia Raya
  • Menggalang dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa

5. A → Pembahasan:

Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Ekonomi

  • Bahwa kekayaan wilayah Nusantara, baik potensisial maupu efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.
  • Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah dalam mengembangkan ekonominya.
  • Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi kemakmuran rakyat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.