Soal Manipulasi Variabel

soal manipulasi variabel

Soal Manipulasi Variabel – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi manipulasi variabel.

Soal dan Kunci Jawaban Manipulasi Variabel

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Manipulasi variabel adalah proses pembentukan variabel baru dengan mengacu pada nilai variabel yang sudah tersedia dari hasil pengamatan yang sudah direkam sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Proses manipulasi variabel dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu menyisipkan variabel baru secara manual (INSERT VARIABLE); membuat variabel baru dengan menggunakan rumus perhitungan tertentu yang melibatkan nilai variabel lama (TRANSFORM→COMPUTE); dan membuat variabel baru yang merupakan penyederhanaan dari nilai variabel lama (TRANSFORM→RECODE).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Banyaknya pasien DM yang bertubuh gemuk pada hasil pengamatan di atas adalah (gunakan rumus penentuan status gizi berdasarkan IMT untuk mengetahui hasilnya):

BACA JUGA:  Soal Teori Fiksasi

A. 5 orang

B. 6 orang

C. 7 orang

D. 8 orang

2) Salah satu indikasi kepatuhan diet adalah rasio antara jumlah energi yang dikonsumsi terhadap jumlah energi yang dibutuhkan, bila rasio yang diperoleh <80% maka pasien dianggap sangat patuh melaksanakan diet, sebaliknya bila rasio yang diperoleh >120% maka pasien dianggap tidak patuh melaksanakan diet.

Kepatuhan diet ditentukan pada kisaran 80 – 120%. Buatlah variabel baru untuk menghitung prosentase konsumsi energi berdasarkan rumus: konsumsi energi/kebutuhan energi x 100% dengan memanfaatkan fasilitas TRANSFORM→COMPUTE, lalu buat juga variabel yang menggambarkan kepatuhan diet pasien dengan memanfaatkan fasilitas TRANSFORMRECODE. Jumlah pasien DM yang sangat patuh melaksanakan diet berdasarkan proses ini adalah ….

A. 1 orang

B. 2 orang

C. 3 orang

D. 4 orang

3) RLPP (Rasio lingkar pinggang panggul) merupakan indikator sederhana yang menggambarkan adanya risiko komplikasi pada pasien DM. Secara teoritis sebenarnya nilai risiko RLPP berbeda antara pria dan wanita, namun dalam kasus ini diambil nilai rata-ratanya yaitu 0,9. Buatlah variabel baru untuk menghitung RLPP berdasarkan rumus:  lingkar pinggang / lingkar panggul dengan memanfaatkan fasilitas TRANSFORM→COMPUTE, lalu buat juga variabel yang menggambarkan risiko komplikasi dengan memanfaatkan fasilitas TRANSFORMRECODE. Jumlah pasien DM yang memiliki risiko komplikasi berdasarkan proses ini adalah ….

BACA JUGA:  Soal Tablet

A. 1 orang

B. 2 orang

C. 3 orang

D. 4 orang

4) Secara empiris pasien DM lebih banyak yang berjenis kelamin laki-laki dibanding perempuan. Hal ini ternyata terbukti juga berdasarkan hasil pengamatan ini. Dari 50 pasien yang diamati, pasien berjenis kelamin laki-laki berjumlah ….

A. 28 orang

B. 32 orang

C. 34 orang

D. 38 orang

5) Sebenarnya DM termasuk sebagai salah satu jenis penyakit degeneratif yang akan terjadi seiring dengan bertambahnya umur.  Namun pada masa kini terjadi fenomena menarik yang belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya. Umur seseorang terdiagnosa DM semakin lama semakin muda. Berdasarkan hasil pengamatan ini, jumlah pasien DM yang berusia di bawah 40 tahun adalah ….

A. 10 orang

B. 12 orang

C. 14 orang

D. 16 orang

Kunci Jawaban

  1. C
  2. A
  3. B
  4. C
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.