Soal Sejarah Kontemporer Apartheid di Afrika Selatan

soal sejarah kontemporer apartheid di afrika selatan

Soal Sejarah Kontemporer Apartheid di Afrika Selatan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang sejarah kontemporer Apartheid di Afrika Selatan.

Rangkuman Materi Sejarah Kontemporer Apartheid di Afrika Selatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Apartheid adalah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh suatu pemerintahan dengan tujuan untuk melindungi hak-hak istimewa dari suatu ras atau bangsa.

Bacaan Lainnya

Politik Apartheid dirancang oleh Hendrik Verwoed yang pada prakteknya menjurus pada pemisahan warna kulit dan terjadinya penistaan dari kaum penguasa kulit putih terhadap rakyat kulit hitam.

Apharteid mulai dipraktekan oleh pemerintah kulit putih Belanda di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990 dan berkembang menjadi suatu kebijakan politik dan menjadi politik resmi pemerintahan Afrika Selatan yang terdiri dari program dan peraturan yang bertujuan untuk melestarikan pemisahan rasial secara struktural sampai akhirnya dihapuskan pada tahun 1990.

Politik Apartheid yang mengadakan pemisahan pembangunan daerah-daerah pemukiman untuk memecah belah persatuan dan kesatuan Afrika Selatan, sekaligus mengamankan pemerintahan minoritas bangsa kulit putih di daerah itu.

Rakyat Afrika selatan bangkit mengadakan perlawanan mennetang Apartheid, mereka memberikan perlawanan dengan membentuk organisasi modern yakni African National Congress (ANC).

ANC adalah partai politik yang dibentuk untuk mengalahkan dominasi politik kulit putih pada tahun 1952 di bawah pimpinan Nelson Mandela.

Perjuangan rakyat Afriak Selatan tidak sia sia dengan dihapuskannya politik Apartheid.

Kemenangan Mandela pada pemilu antirasial merupakan puncak dari perjuangan rakyat Afrika Selatan dan pembebasan kaum kulit hitam Afrika Selatan dari penindasan kaum kulit putih. Kemenangannya dalam pemilihan demokratis dan multirasial pertama kali sepanjang 340 tahun sejarah Afrika Selatan dan pada bulan Mei 1994 membawa perubahan besar bagi negeri itu.

Nelson Mandela merupakan Presiden Afrika Selatan pada tahun 1994-1999. Ia merupakan presiden kulit hitam pertama bagi Afrika Selatan. Perjuangannya masuk ke dunia politik tidak mudah, ia harus masuk penjara terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa menjadi presiden.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Apartheid adalah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan. Latar belakang munculnya masalah Apartheid adalah ….

BACA JUGA:  Soal Sejarah Kontemporer Jerman Timur

A. datangnya bangsa kulit putih dari Eropa

B. terdesaknya penduduk pribumi

C. adanya pandangan rendah bangsa Eropa terhadap bangsa Afrika

D. terbentuknya koloni-koloni bangsa Eropa di Afrika

E. berkembangnya paham-paham baru

2. Dari sisi historis, cikal cakal Apartheid sudah muncul jauh sebelum 1948 dan terus membayangi Afrika Selatan sebelum dihapus. Politik Apartheid di Afrika Selatan dikecam oleh dunia internasional karena ….

A. Berasal dan tata hukum kolonial.

B. Afrika selatan negara yang masih berkembang.

C. Bertentangan dengan HAM.

D. Mengakibatkan berkurangnya ras kulit putih di Afnika.

E. Memperlakukan buruh tanpa aturan kerja yang sesuai

3. Dibawah kepemimpinan Daniel F. Manan, Segregasi (Pemisahan Total) Apartheid diberlakukan di Afrika Selatan. Periode pertama dikenal dengan baaskap. Dalam periode ini yang terjadi di Afrika Selatan adalah….

A. Afrika menjadi tanah wilayah kaum kulit putih

B. Afrikaner berkuasa dan memiliki supremasi atas kulit putih

C. Adanya pemisahan ras

D. kaum kulit hitam menjadi pelayan kaum kulit putih

E. Adanya wilayah bebas kaum kulit berwarna

4. Gagasan mengenai semua warga kulit hitam dapat menikmati semua hak politik dan menjadi warga negara dari sebuah wilayah yang khusus untuk mereka merupakan bagian dari isi Bantu Self-Government Act 1959. Istilah yang lazim untuk menyebut kondisi ini adalah ….

A. Pembangunan terpisah

B. Negara terpisah

C. Segregasi ras

D. Privilege ras

E. Wilayah otonom kulit hitam

5. Pada masa diberlakukannya politik apartheid, pemerintah mengeluarkan sebuah undang-undang yang melarang bangsa kulit hitam membeli tanah di luar areal pemukimannya. Undang-undang itu disebut ….

A. Land Act

B. Grand apartheid

C. Group Act

D. Batustan

E. Population Registration Act

6. Langkah yang ditempuh oleh tokoh kulit hitam Nelson Mandela dalam menentang politik Apartheid adalah ….

A. Memboikot pelaksanaan olimpiade di Afrika Selatan

B. Membawa masalah apartheid ke forum PBB

C. Membentuk African National Congress

D. Menerapkan population registration bagi warga kulit hitam

E. Melakukan pemberontakan militer

7. ANC (African Natonal Congress) adalah salah satu gerakan organisasi bentuk perlawanan penduduk Afrika kepada orang yang berkulit putih. Perjuangan ANC berubah setelah pemerintah Afrika Selatan mengeluarkan National Land yang isinya …

A. Melancarkan kampanye menentang peraturan-peraturan kewajiban orang kulit putih

B. Orang kulit hitam dilarang membeli tanah atau hidup di wilayah orang kulit putih sebagai penyewa/penggarap bagi hasil

BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Ilmu dan Peristiwa

C. Mencapai sasaran lewat jalan konstitusional

D. Memperluas keanggotaannya dan akhirnya berkembang menjadi organisasi massa

E. Orang kulit hitam menolak klaim kulit putih

8. Pelaksanaan Sistem Apartheid mendapat perlawanan dari para tokoh Afrika Selatan. Tokoh kharismatik yang sangat berperan aktif dalam pembebasan kaum kulit hitam pada masa diterapkannya politik Apartheid di Afrika Selatan adalah ….

A. Nelson Mandel

B. Botha

C. F.W. De Klerk

D. Dr. Malan

E. Hendrik Vorwood

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Apartheid adalah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan. Latar belakang munculnya masalah Apartheid adalah adanya pandangan rendah bangsa Eropa terhadap bangsa Afrika.
  2. C → Pembahasan: Dari sisi historis, cikal cakal Apartheid sudah muncul jauh sebelum 1948 dan terus membayangi Afrika Selatan sebelum dihapus. Politik Apartheid di Afrika Selatan dikecam oleh dunia internasional karena bertentangan dengan HAM.
  3. B → Pembahasan: Dibawah kepemimpinan Daniel F. Manan, Segregasi (Pemisahan Total) Apartheid diberlakukan di Afrika Selatan. Periode pertama dikenal dengan baaskap. Dalam periode ini yang terjadi di Afrika Selatan adalah Afrikaner berkuasa dan memiliki supremasi atas kulit putih.
  4. A → Pembahasan: Gagasan mengenai semua warga kulit hitam dapat menikmati semua hak politik dan menjadi warga negara dari sebuah wilayah yang khusus untuk mereka merupakan bagian dari isi Bantu Self-Government Act 1959. Istilah yang lazim untuk menyebut kondisi ini adalah pembangunan terpisah.
  5. A → Pembahasan: Pada masa diberlakukannya politik apartheid, pemerintah mengeluarkan sebuah undang-undang yang melarang bangsa kulit hitam membeli tanah di luar areal pemukimannya. Undang-undang itu disebut Land Act.
  6. C → Pembahasan: Langkah yang ditempuh oleh tokoh kulit hitam Nelson Mandela dalam menentang politik Apartheid adalah membentuk African National Congress.
  7. B → Pembahasan: ANC (African Natonal Congress) adalah salah satu gerakan organisasi bentuk perlawanan penduduk Afrika kepada orang yang berkulit putih. Perjuangan ANC berubah setelah pemerintah Afrika Selatan mengeluarkan National Land yang isinya Orang kulit hitam dilarang membeli tanah atau hidup di wilayah orang kulit putih sebagai penyewa/penggarap bagi hasil.
  8. A → Pembahasan: Pelaksanaan Sistem Apartheid mendapat perlawanan dari para tokoh Afrika Selatan. Tokoh kharismatik yang sangat berperan aktif dalam pembebasan kaum kulit hitam pada masa diterapkannya politik Apartheid di Afrika Selatan adalah Nelson Mandela.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.