Soal Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

soal manusia, keragaman dan kesetaraan

Soal Manusia, Keragaman dan Kesetaraan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau yang berkaitan dengan ilmu sosial dan budaya. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi manusia, keragaman dan kesetaraan.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan- perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat kesopanan, serta situasi ekonomi.

Read More

Kesederajatan adalah suatu kondisi di mana dalam perbedaan dan keragaman yang adamanusia tetap memiliki satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki.

Unsur-unsur Keragaman dalam Masyarakat Indonesia yaitu Suku Bangsa dan Ras, Agama danKeyakinan, Ideologi dan Politik, Tata Krama, Kesenjangan Ekonomi serta Kesenjangan Sosial.

Jika keterbukaan dan kedewasaan sikap dikesampingkan, besar kemungkinan tercipta masalah-masalah yang menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa, seperti: Disharmonisasi, Perilaku diskriminatif serta Eksklusivisme, rasialis.

Diskriminasi adalah sikap tindakan yang melakukan pembedaan terhadap seseorang atau sekelompk orang berdasarkan ras, agama, suku, etnis, kelompok, golongan, status, dan kelas-sosial-ekonomi, jenis kelamin, kondisi fisik tubuh, usia, orientasi seksual, pan-dangan ideologidan politik, serta batas negara dan kebangsaan seseorang.

Problematika diskriminasi yang timbul dan harus diwaspadai adalah adanya disintegrasi bangsa.

Dari kajian yang dilakukan terhadap berbagai kasus disintegrasi bangsa dan bubarnya sebuah negara, dapat disimpulkan adanya enam faktor utama yang secara gradual bisa menjadi penyebab utama proses itu, yaitu: Kegagalan kepemimpinan, Krisis ekonomi yang akut danberlangsung lama, Krisis politik, Krisis social, Demoralisasi ten-tara dan polisi, serta Intervensiasing.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan- perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat kesopanan, serta situasi ekonomi, disebut:

a. keragaman

b. kesederajatan

c. diskriminasi

d. unsur-unsur keragaman

2. Suatu kondisi di mana dalam perbedaan dan keragaman yang adamanusia tetap memiliki satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki disebut:

a. keragaman

b. kesetaraan

c. diskriminasi

d. unsur-unsur keragaman

3. Suku Bangsa dan Ras, Agama danKeyakinan, Ideologi dan Politik, Tata Krama, Kesenjangan Ekonomi serta Kesenjangan Sosial, adalah merupakan:

a. keragaman

b. kesederajatan

c. diskriminasi

d. unsur-unsur keragaman

4. Masalah yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa, yang bersumber dari superioritas diri, alasannya dapat bermacam-macam, antara lain keyakinan bahwa secara kodrati ras atau sukunya kelompoknya lebihtinggi dari ras/suku/kelompok lain disebut:

a. disharmonisasi

b. perilaku diskriminatif

c. eksklusivisme, rasialis

d. SARA

5. Masalah yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa, seperti tidak adanya penyesuaian atas keragaman antara manusia  dengan dunia lingkungannya, disebut:

a. disharmonisasi

b. perilaku diskriminatif

c. eksklusivisme, rasialis

d. SARA

6. Sikap tindakan yang melakukan pembedaan terhadap seseorang atau sekelompk orang berdasarkan ras, agama, suku, etnis, kelompok, golongan, status, dan kelassosial-ekonomi, jenis kelamin, kondisi fisik tubuh, usia, orientasi seksual, pandangan ideologi dan politik, serta batas negara dan kebangsaan seseorang. Tindakan ini disebut:

a. keragaman

b. kesederajatan

c. diskriminasi

d. unsur-unsur keragaman

7. Kegagalan kepemimpinan, Krisis ekonomi yang akut danberlangsung lama, Krisis politik, Krisis social, Demoralisasi tentara dan polisi, serta Intervensiasing., adalah masalah yang dapat menyebabkan bubarnyasebuah Negara. Masalah ini disebut:

a. disharmonisasi

b. problematika diskriminasi

c. eksklusivisme,

d. SARA

8. Teori ini memiliki pandangan bahwa konflik yang sering munculditengah masyarakat disebabkan polarisasi yang terus terjadi, ketidak percayaan danpermusuhan diantara kelompok yang berbeda, perbedaan bisa dilatarbelakangi SARA bahkan pilihan ideologi politiknya.

a. Teori hubungan masyarakat

b. Teori identititas

c. Teori kesalahpahaman

d. Teori tranformasi

9. Teori ini melihat konflik disebabkan ketidakcocokandalam cara-cara berkomunikasi diantara budaya yang berbeda….

a. Teori hubungan masyarakat

b. Teori identititas

c. Teori kesalahpahaman

d. Teori tranformasi

10. Teori ini memfokuskan pada penyebab terjadi konflik adalahketidaksetaraan dan ketidakadilan yang muncul sebagai masalah sosial budaya dan ekonomi…

a. Teori hubungan masyarakat

b. Teori identititas

c. Teori kesalahpahaman

d. Teori tranformasi

Kunci Jawaban

  1. A
  2. B
  3. D
  4. C
  5. A
  6. C
  7. B
  8. A
  9. C
  10. D

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mata pelajaran UTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau yang berkaitan dengan ilmu sosial dan budaya yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. IPS Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *