Soal Melaksanakan Pemantauan, Evaluasi dan Laporan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang melaksanakan pemantauan, evaluasi dan laporan.
Rangkuman Materi Melaksanakan Pemantauan, Evaluasi dan Laporan
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Pelaksanaan evaluasi mampu dilakukan dalam tipe-tipe; sebelum program dilaksanakan, saat program berjalan dan setelah program selesai dilaksanakan
Langkah-langkah pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas: persiapan, pelaksanaan, analisis, dan pelaporan kegiatan.
Teknik pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pemberdayaan komunitas mampu di lakukan melalui:
- Diskusi kelompok Terarah (DKT) / Focus Grop Discussion (FGD)
- dengan melakukan dialog khusus membahas tema tertentu.
- Survey: melakukan pendataan menggunakan angket/ kuesioner yang telah disusun.
- Observasi: melakukan pengamatan dan wawancara melalui kegiatan tanya jawab langsung kepada informan
Sistematika penulisan laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan secara umum terdiri atas empat bagian:
- Bagian pendahuluan: berisi latar belakang, maksud dan tujuan, serta manfaat.
- Bagian pelaksanaan: terdiri atas waktu dan tempat pelaksanaan evaluasi serta teknik evaluasi yang digunakan.
- Bagian hasil dan dampak pelaksanaan kegiatan: berisi hasil deskripsi kegiatan, perkembangan pelaksanaan program, dan dampak kegiatan.
- Bagian akhir termampu kesimpulan dan saran.
Dalam menulis laporan evaluasi termampu beberapa teknik yang perlu diperhatikan, diantaranya bahasa, notasi ilmiah, penulisan daftar pustaka, dan tata letak penulisan. Penulisan laporan evaluasi pemberdayaan mampu dirasakan oleh berbagai pihak, yaitu bagi kegiatan pemberdayaan bersangkutan, aparat/ fasilitator pemberdayaan, dan pelaksanaan evaluasi. Evaluasi pemberdayaan mampu di lakukan untuk menanggulangi ketimpangan sosial dalam masyarakat. Hasil evaluasi mampu dijadikan acuan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan mengatasi ketimpangan sosial dalam masyarakat.
Soal Essay
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban yang paling benar!
- Mengapa laporan diperlukan dalam kegiatan evaluasi pemberdayaan? Jelaskan menurut pemahaman Anda!
- Tulislah spesifikasi penulisan laporan kegiatan evaluasi yang baik dan benar!
- Buatlah sistematika laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan sederhana menurut pemahaman Anda!
- Tulislah contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar!
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. → Pembahasan: Bermanfat untuk menanggulangi terjadinya permasahan pada pemberdayaan komunitas. Hasil evaluasi mampu dijadikan acuan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan mengatasi ketimpangan sosial dalam masyarakat.
2. → Pembahasan: Dalam menulis laporan evaluasi termampu beberapa teknik yang perlu diperhatikan, diantaranya bahasa, notasi ilmiah, penulisan daftar pustaka, dan tata letak penulisan.
3. → Pembahasan:
Sistematika penulisan laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan secara umum terdiri atas empat bagian:
- Bagian pendahuluan: berisi latar belakang, maksud dan tujuan, serta manfaat.
- Bagian pelaksanaan: terdiri atas waktu dan tempat pelaksanaan evaluasi serta teknik evaluasi yang digunakan.
- Bagian hasil dan dampak pelaksanaan kegiatan: berisi hasil deskripsi kegiatan, perkembangan pelaksanaan program, dan dampak kegiatan.
- Bagian akhir termampu kesimpulan dan saran.
4. → Pembahasan:
Nurcholis Madjid. 2019. Pluralitas Agama. Jakarta: Kompas
Sztomka, Piort. 2014. Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta:Predana
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!