Soal Evaluasi Pemberdayaan Komunitas

soal evaluasi pemberdayaan komunitas

Soal Evaluasi Pemberdayaan Komunitas – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang evaluasi pemberdayaan komunitas.

Rangkuman Materi Evaluasi Pemberdayaan Komunitas

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang terencana dan sistematis, serta harus “objektif” dalam arti dilakukan berdasarkan data atau fakta, bukan berdasarkan praduga atau intuisi seseorang.

Bacaan Lainnya

Prinsip-prinsip Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas yaitu; harus selaras dengan tujuan yang hendak dicapai, objektif, menggunakan alat ukur yang tepat, berbentuk data (kuantitatif dan kualitatif) serta harus efektif dan efisien.

Hasil evaluasi yang baik adalah; memiliki tujuan yang jelas, menggunakan instrument yang tepat, mampu memberi gambaran yang jelas, praktis dan objektif.

Pendekatan dalam pelaksanaan pemberdayaan adalah pendekatan kebutuhan, pendekatan informan kunci, pendekatan forum masyarakat, pendekatan indikator dan pendekatan survei/sensus.

Pendekatan Sistem dalam Evaluasi Pemberdayaan Komunitas terdiri atas: Raw input, Instrumen input, Environment input, Proses pemberdayaan itu sendiri serta Output.

Pendekatan dalam Pelaksanaan Pemantauan Aksi Pemberdayaan Komunitas, yaitu: Penggunaan catatan-catatan atau rekaman data, Survei terhadap peserta program dan Survei terhadap seluruh warga masyarakat,

BACA JUGA:  Soal Hakikat dan Teori Konflik Sosial

Pendekatan dalam Evaluasi Dampak Program Aksi Pemberdayaan Komunitas antara lain: Pendekatan “Eksperimental, Pendekatan yang Berorientasi pada Tujuan (Goal Orientation Approach), Pendekatan yang Berfokus pada Keputusan (The Decision Focused Approach), Pendekatan yang Berorientasi pada Pemakai (The User Focused Approach), Pendekatan yang Responsive (The Responsive Approach), dan terakhir Pendekatan yang Bebas Tujuan (Goal Free Approach).

Model-Model Evaluasi Pemberdayaan Komunitas, yaitu:

Model fisik, Model naratif, Model grafik, Model matematik, Model deskriptif, Model prediktif, Model normatif, Model ikonik, Model analog, dan Model simbolis. 

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Kerjakan semua soal di bawah ini di kertas, kemudian cocokan dengan kunci dan pembahasannya/ penyelesaiannya!

  1. Suatu tindakan pengambilan keputusan untuk menilai suatu objek, keadaan, peristiwa, atau kegiatan tertentu yang sedang diamati disebut…
  2. Proses pengumpulan informasi (data dan fakta) dan pengambilan keputusan-keputusan yang terjadi selama proses pelaksanaan program adalah bentuk dari…
  3. Output atau hasil pemberdayaan mampu berupa hasil langsung dan hasil akhir. Hasil akhir berupa peningkatan produktivitas, penmampuan, dan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat, sementara hasil langsung berupa…
  4. Termampu beberapa model evaluasi pemberdayaan komunitas. Salah satunya adalah model yang dilakukan dengan cara menyediakan jawaban terbaik terhadap satu persoalan, model ini juga memberi rekomendasi tindakan-tindakan yang perlu diambil. Model evaluasi ini dinamakan…
  5. Kegiatan yang wajib harus dilakukan dalam evaluasi pemberdayaan komunitas adalah…
BACA JUGA:  Soal Klasifikasi Konflik Sosial

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal.
  2. → Pembahasan: Evaluasi program merupakan suatu prosedur ilmiah yang sistematis yang dilakukan untuk mengukur hasil program atau proyek (efektifitas suatu program) sesuai dengan tujuan yang direncanakan atau tidak, dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan mengkaji pelaksaaan program yang dilakukan secara objektif.
  3. → Pembahasan: Perubahan perilaku, setelah dilakukan program pemberdayaan komunitas, akan ada perubahan perilaku sebuah komunitas dari sebelum dan sesudah adanya program tersebut.
  4. → Pembahasan: Model normative, model ini menyediakan jawaban terbaik terhadap satu persoalan. Model ini memberi rekomendasi tindakan-tindakan yang perlu diambil.
  5. → Pembahasan: Observasi, membandingkan hasil program dan penilaian. Setiap program pemberdayaan selalu ada pengendali berupa observasi, supaya mampu diketahui program apa saja yang tepat untuk diterapkan pada sebuah komunitas. Membandingkan hasil program bermanfaat untuk mengetahui keefektivan program yang telah dilaksanakan dengan program lain sebelumnya dan akhirnya mampu dianalisis penilaian program mana yang lebih tepat sasaran.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.