Soal Pemberdayaan Komunitas Berdasarkan Kearifan Lokal

soal pemberdayaan komunitas berdasarkan kearifan lokal

Soal Pemberdayaan Komunitas Berdasarkan Kearifan Lokal – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang pemberdayaan komunitas berdasarkan kearifan lokal.

Advertisements

Rangkuman Materi Pemberdayaan Komunitas Berdasarkan Kearifan Lokal

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Nilai-nilai kearifan lokal di Indonesia memang berbeda-beda setiap daerahnya. Namun dipersatukan oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika. Masuknya globalisasi ke Indonesia menjadikan perbedaan nilai dan norma yang ada semakin besar. Karena keterbatasan, masyarakat tidak mampu membentengi diri mereka untuk mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal.
  • Secara umum kenakalan remaja dapat diatasi melalui beberapa pendekatan, seperti tindakan preventif, melalui pendekatan kearifan lokal, dan dengan cara memaksimalkan peran Pendidikan.
  • Mengatasi permasalahan sosial dengan kearifan lokal berarti menggunakan pendekatan kekeluargaan, musyawarah, nilai dan norma lokal yang berlaku dimasyarakat setempat.
  • Bentuk kepedulian kelompok masyarakat terhadap lingkungan, masyarakat di Bali yang mempertahankan sistem pertanian Subak dan masyarakat di Tasikmalaya/ Kampung Naga.
  • Kearifan lokal memiliki enam dimensi yaitu pengetahuan lokal, nilai lokal, keterampilan lokal, sumber daya lokal, mekanisme pengembalian keputusan lokal, dan solidaritas lokal.
  • Fungsi kearifan lokal perlu diperkuat di tengah arus globalisasi karena kearifan lokal dapat digunakan sebagai pendekatan dalam pembangunan yang berorientasi pada kelestarian lingkungan.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Bagaimana mengatasi kenakalan remaja melalui pemberdayaan komunitas?
  2. Bagaimana cara mengatasi adanya perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat?
  3. Bagaimana upaya kita untuk membantu melestarikan sumber daya alam?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Secara umum kenakalan remaja dapat diatasi melalui beberapa pendekatan, seperti tindakan preventif. tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja adalah:

  • Meningkatkan kesejahteraan keluarga
  • Memperbaiki kondisi lingkungan
  • Mendirikan klinik bimbingan psikologis dan edukatif untuk membantu remaja
  • Membentuk badan kesejahteraan anak.
  • Mendirikan sekolah unutuk remaja yang kurang mampu.
  • Mendirikan tempat latihan untuk menyalurkan kreativitas para remaja.
  • Menyelenggarakan bimbingan dan diskusi kelompok.
  • Menyediakan tempat rekreasi yang sehat untuk para remaja.

2. → Pembahasan: Cara mengatasi masalah tersebut,salah satunya dengan memberdayakan komunitas yang berlandaskan kearifan lokal. Mengatasi permasalahan sosial dengan kearifan lokal berarti menggunakan pendekatan kekeluargaan,musyawarah, nilai dan norma lokal yang berlaku dimasyarakat setempat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dengan memberdayakan kelompok-kelompok kecil yang saling berinteraksi dan bersosialisasi. Contoh kelompok Pembinaan Kelompok Keluarga (PKK), PNMP Mandiri,Karang taruna dan sebagainya.

3. → Pembahasan: Sumber daya alam Indonesia yang melimpah telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan sampai saat ini masyarakat masih mengendalkan hidupnya dari alam. Kebutuhan manusia akan terus terpenuhi dan tercukupi bila lingkungan dikelola secara baik, salah satunya dengan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan disegala bidang dengan tetap memperhatikan kulitas dan fungsi dari alam.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

4/5 – (2 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *