Soal Strategi Pemberdayaan Komunitas

soal strategi pemberdayaan komunitas

Soal Strategi Pemberdayaan Komunitas – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang strategi pemberdayaan komunitas.

Rangkuman Materi Strategi Pemberdayaan Komunitas

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Globalisasi menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat. Salah satu dampaknya adalah ketimpangan sosial.Pada kegiatan pembelajaran ini memfokuskan menganalisis strategi pemberdayaan komunitas di tengah globalisasi, terutama yang berkaitan dengan permasalahan ketimpangan sosial.

Bacaan Lainnya

Melalui upaya pemberdayaan akan tumbuh kemandirian masyarakat untuk berani menghadapi setiap tantangan, dampak atau peluang yang muncul di tengah-tengah globalisasi.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan fungsi pendampingan secara berkelompok dalam strategi pelaksanaan pemberdayaan komunitas!
  2. Jelaskan peran LSM dalam pemberdayaan komunitas menurut pemahamanmu!
  3. Berikan 2 contoh pemberdayaan oleh CSR (Corporate Sosial Responsibility; pemberdayaan yang dilakukan oleh perusahaan) yang ada di media ataupun lingkungan sekitar Anda!
  4. Mengapa upaya pemberdayaan komunitas perlu dilakukan dalam proses pembangunan?
  5. Jelaskan tahapan dalam pemberdayaan komunitas!
BACA JUGA:  Soal Gejala Sosial

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Pelaksanaan pemberdayaan akan lebih efektif jika dilakukan secara kelompok. Selain mempertimbangkan efisiensi dan keterbatasan waktu serta biaya,pemberdayaan secara kelompok dinili lebih efektif. Kita dapat melakukan pemberdayaan suatu kelompok dengan memberikan sosialisasi kepada komunitasnya, tidak perlu mendatangi satu persatu individunya.

2. → Pembahasan: Pendapat pribadi tentang keberadaan LSM (Lembaga Suadaya Masyarakat).

3. → Pembahasan:

  • Program Jarum badminton Competition yang dilakukan oleh PT. Jarum Internasional.
  • Liga sepak Bola yang dilakukan oleh PT. Gojek
  • Liga Bola Volly yang dilakukan oleh PT. Indosat, dll

4. → Pembahasan: Strategi pemberdayaan komunitas diantaranya penyusunan strategi melibatkan komunitas, memampukan warga untuk memecahkan masalahnya dan memenuhi kebutuhan mendasarnya, mendukung keterlibatan warga miskin, kaum perempuan, dan kelompok lemah lainnya, berupaya memanfaatkan potensi sumber daya lokal, peka terhadap nilai-nilai budaya setempat, memperhatikan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan, tidak menciptakan ketergantungan, dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan adanya pemberdayaan komunitas di berbagai daerah akan terbentuk sumberdaya manusia yang handal, kreatif peka terhadap peluang dan tentunya hal itu menjadikan pembangunan di berbagai sektor akan meningkat.

BACA JUGA:  Soal Resolusi dan Penyelesaian Konflik Sosial

5. → Pembahasan:

Tahapan dalam pemberdayaan Komunitas:

  • Perencanaan yang baik akan menunjang keberhasilan program pemberdayaan. Untuk mencapai mutu perencanaan yang baik, diperlukan keterlibatan komunitas sebagai pihak yang memahami prioritas kebutuhan masyarakat.
  • Tahap pelaksanaan atau disebut tahap kapasitasi biasanya dilakukan dengan metode pendampingan serta diadakan kegiatan memfasilitasi program pemberdayaan.
  • Evaluasi program pembangunan antara lain memberikanmasukan, saran, dan kritik bagi program pembangunan yang telah berlangsung. Proses evaluasi dapat dilakukan Bersama masyarakat. Jika program pemberdayaan berhasil, tahap berikutnya, yaitu pengakhiran seluruh kegiatan termasuk pendampinagn, serta penyerahan tugas pendampingan kepada komunitas tersebut.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.