Soal Memastikan Pembedahan Pasien yang Benar

soal memastikan pembedahan pasien yang benar

Soal Memastikan Pembedahan Pasien yang Benar – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi memastikan lokasi pembedahan yang benar, prosedur yang benar, pembedahan pasien yang benar.

Soal dan Kunci Jawaban Soal Memastikan Pembedahan Pasien yang Benar

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pembedahan merupakan salah satu tindakan medis yang penting dalam pelayanan kesehatan. Tindakan pembedahan merupakan salah satu tindakan medis yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kecacatan dan komplikasi.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, pembedahan yang dilakukan juga dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa (WHO, 2009).

Tujuan rumah sakit mengembangkan suatu pendekatan untuk memastikan tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien adalah mencegah dan menurunkan angka kejadian salah-lokasi, salah-prosedur, salah-pasien operasi.

Fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan suatu tanda yang jelas dan dapat dimengerti untuk identifikasi lokasi operasi dan melibatkan pasien di dalam proses penandaan/pemberi tanda. Kegiatan yang dilakukan fasilitas pelayanan kesehatan, meliputi:

  • Fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan suatu checklist atau proses lain untuk memverifikasi saat preoperasi tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien dan semua dokumen serta peralatan yang diperlukan tersedia, tepat, dan fungsional.
  • Tim operasi yang lengkap menerapkan dan mencatat prosedur “sebelum insisi/time-out” tepat sebelum dimulainya suatu prosedur/tindakan pembedahan.
  • Kebijakan dan prosedur dikembangkan untuk mendukung keseragaman proses untuk memastikan tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien, termasuk prosedur medis dan tindakan pengobatan gigi/ dental yang dilaksanakan di luar kamar operasi.
BACA JUGA:  Soal Anatomi Fisiologi Sistem Perkemihan dan Sistem Endokrin

Yang berhak melakukan penandaan lokasi operasi adalah Dokter Bedah, Asisten dokter, dan pihak yang diberi pendelegasian (perawat bedah).

Hal yang harus diperhatikan terkait penandaan lokasi operasi:

  • Penandaan lokasi operasi perlu melibatkan pasien dan dilakukan atas satu pada tanda yang dapat dikenali.
  • Tanda itu harus digunakan secara konsisten di rumah sakit dan harus dibuat oleh operator/ orang yang akan melakukan tindakan, dilaksanakan saat pasien terjaga dan sadar jika memungkinkan, dan harus terlihat sampai saat akan disayat.
  • Penandaan lokasi operasi ditandai dilakukan pada semua kasus termasuk sisi (laterality), multipel struktur (jari tangan, jari kaki, lesi), atau multipel level (tulang belakang).
  • Tahap “Sebelum insisi” (Time out) memungkinkan semua pertanyaan atau kekeliruan diselesaikan. Time out dilakukan di tempat, dimana tindakan akan dilakukan, tepat sebelum tindakan dimulai, dan melibatkan seluruh tim operasi.
  • Rumah sakit menetapkan bagaimana proses itu didokumentasikan secara ringkas, dengan menggunakan ceklist.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Tujuan keselamatan pasien dari Joint Commission on Accreditation Hospital Organization (JCAHO) mencakup perawatan dan penggunaan teknologi yang efisien di kamar operasi dan di tempat lain di fasilitas kesehatan. Sebagai kepala perawat di kamar operasi, bagaimana Anda bisa meningkatkan keefektifan sistem alarm klinis?

a. Batasi pemasok obat hanya beberapa saja sehingga kualitasnya terjaga

b. Menerapkan inventaris persediaan dan peralatan secara teratur

c. Kepatuhan terhadap rekomendasi pabrik

d. Terapkan perawatan rutin dan pengujian system alarm

2) Perawat melakukan persiapan kulit untuk pasien yang menjalani operasi merupakan tanggung jawab perawat pre-operasi. Jika rambut di tempat operasi tidak dicukur, apa yang harus dilakukan untuk membuat penjahitan mudah dan mengurangi kemungkinan infeksi insisi? 

BACA JUGA:  Soal Teknik Analisis Obat secara Kualitatif

A. Terbungkus.

B. Diikat.

C. Digunting

D. Dijaga untuk tetap kering

3) Perawat memegang berbagai peran saat memberikan perawatan kepada pasien perioperative. Manakah dari peran berikut yang menjadi tanggung jawab perawat scrub?

A. Menilai kesiapan pasien sebelum operasi

B. Pastikan jalan napas paten

C. Menghitung untuk jumlah spon, jarum, persediaan alat lain yang digunakan selama prosedur operasi

D. Menulis standard operasional prosedur pemasangan infus yang baru

E. Evaluasi jenis anestesi yang sesuai untuk pembedahan

4) Kelebihan dosis obat atau obat anestesi bisa terjadi bahkan dengan bantuan teknologi seperti pompa infus, sphygmomanometer, dan alat atau mesin serupa. Sebagai staf, bagaimana Anda bisa meningkatkan keamanan penggunaan pompa infus …

A. Periksa fungsi pompa sebelum digunakan

B. Pilih merek pompa infus Anda seperti yang Anda lakukan dengan ponsel Anda

C. Ijinkan teknisi untuk mengatur pompa infus sebelum digunakan

D. Verifikasi laju alir terhadap perhitungan Anda

5) Protokol universal JCAHO untuk prosedur bedah dan invasif untuk mencegah sisi (site) yang salah, orang yang salah, dan prosedur atau operasi yang salah mencakup berikut ini, KECUALI …

A. Tandai situs operatif jika memungkinkan

B. Lakukan proses verifikasi pra-prosedur

C. Lakukan “time out” segera sebelum memulai prosedur

D. Melakukan perekaman video dari keseluruhan prosedur intra-operasi

Kunci Jawaban

  1. B
  2. D
  3. C
  4. C
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.