Soal Mengapa Butuh Promosi

soal mengapa butuh promosi

Soal Mengapa Butuh Promosi? – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang mengapa butuh promosi?

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut adalah pengerti dari …

a. Strategi

b. Promosi

c. Penjualan

d. Penawaran

e. Titik Beban

2. Yang bukan merupakan tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah…

a. untuk memperkenalkan diri

b. membujuk

c. melayani

d. modifikasi/membentuk tingkah laku

e. mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan

3. Bentuk promosi dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian disebut…

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

d. Selling price

e. Sales promotion

f. Direct marketing

4. Suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian disebut ….

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

d. Sales promotion

e. Direct marketing

5. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan …

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase intention

e. purchase facilitation

6. Memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen disebut ….

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase intention

e. purchase facilitation

7. Aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan ….

a. PTL (Promotion The Line)

b. MTL (Marketing The Line)

c. TTL(Through the Line)

d. ATL (Above The Line)

e. BTL (Below The Line)

8. Aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk …

a. PTL (Promotion The Line)

b. MTL (Marketing The Line)

c. TTL(Through the Line)

d. ATL (Above The Line)

e. BTL (Below The Line)

9. Rendi dan Sarah membangun usaha kerajinan dan ingin orang-orang kenal dengan produk yang mereka hasilkan, selain itu mereka berdua ingin memiliki hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan dan calon pelangan. Sebaiknya Rendi dan Sarah mulai membangun promosi …

a. Membuat Website atau Toko Online

b. Menggunakan Social Media

c. Membuat Channel Youtube

d. Menggunakan sarana iklan gratis

e. Memanfaatkan Ojek Online

10. Pak Slamet ingin sekali menjajakan mainan yoyo produksinya namun beliau tidak memiliki uang untuk mempromosikan produknya, Pak Slamet gemar mendokumetasikan permainan yoyo melalui rekaman video di handphonenya.

Dibawah ini cara yang paling tepat yang dapat digunakan oleh Pak Slamet adalah ….

a. Membuat Website atau Toko Online

b. Menggunakan Social Media

c. Membuat Channel Youtube

d. Menggunakan sarana iklan gratis

e. Memanfaatkan Ojek Online

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B. Promosi

Promosi dalam pengertian usaha menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti sebuah usaha perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya).

2. C. Melayani

Menurut Sistaningrum (2020:98) tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi/membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

3. B. Personal Selling

Personal Selling merupakan bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

4. D. Sales Promotion

Sales promotion merupakan suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian.

5. A. Category need

Kegiatan untuk menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan disebut dengan category need.

6. B. Brand awareness

Kegiatan dalam memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen disebut dengan brand awareness.

7. D. ATL (Above The Line)

ATL (Above The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.

8. E. BTL (Below The Line)

BTL (Below The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.

9. B. menggunakan sosial Media

Sosial mediaselain berfungsi untuk media promosi juga dapat digunakan sebagai media komunikasi dalam berhubungan dengan pelanggan.

10. C. membuat channel Youtube

Youtube akan sangat cocok bagi kalian yang senang dengan videio dan gambar bergerak dalam mempromosikan produk melalui vlog dan review.

Pelajari Juga: Soal Media Promosi Produk Kerajinan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) tentang Mengapa Butuh Promosi? Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *