Soal Musik Kontemporer Indonesia

soal musik kontemporer Indonesia

Soal Musik Kontemporer Indonesia – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 12, XII KD 3.1 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang musik kontemporer Indonesia.

Rangkuman Materi Musik Kontemporer Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Aspek pembaharuan pada musik kontemporer meliputi tema musik, penggunaan instrumen, penggabungan genre, penggunaan perangkat digital sound dan penggunaan akord yang tidak umum.

Bacaan Lainnya

Musisi musik kontemporer tidak sebanyak musisi dari jenis musik lainnya. Musisi musik kontemporer menunjukan kepekaan nya terhadap permasalahan kehidupannya dan mengungkapkannya dalam karya musik yang sangat orisinil dan kreatif dengan menampilkan aspek pembahuruan dalam tiap karyanya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Musik kontemporer menjadi musik yang sulit dipahami masyarakat pada umumnya, hal ini di sebabkan karena …

a. memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan rumit.

b. tidak menghibur dan tidak berfungsi sebagai media komunikasi.

c. mengangkat tema tema yang tidak terpikirkan penonton.

d. Tidak menggunakan alat musik yang standart

e. Tidak memiliki konsep berkarya yang jelas.

2. Musik dangdut pada awalnya kemunculannya bias disebut sebagai musik kontemporer, karena merupakan hal baru dari pengembangan musik melayu hal ini sesuai dengan aspek pembaharuan pada musik kontemporer yaitu …

a. perubahan pada tema musik

b. pembaharuan genre musik

c. perpaduan tradisi dan modern

d. modernisasi teknik mmusik

e. penggunakan akord akord yang unik

3. Aspek pembaharuan pada karya musik kontemporer Djadug ferianto adalah…

a. Tema musik yang merupakan kritik sosial yang komunikatif.

b. penggunaan notasi musik auditif dan tindakan.

c. penggunaan sumber bunyi yang tidak lazim seperti panci , gallon dll.

d. memadukan alat musik konvensional berbagai etnis menjadi hal baru.

e. mengemas musik kedalam humor yang menggelitik.

4. “I can not understand why people are afraid of new ideas. I’m afraid of the old ones” merupakan pendapat dari …

a. Slamet Abdul Syukur

b. Harry Roesly

c. Arnold Scoenberg

d. Dieter Mack

e. John M Cage

5. Tokoh musik Kontemporer yang menjadi pengajar di Indonesia adalah …

BACA JUGA:  Soal Ide, Peluang Dan Analisa Usaha

a. Karl Edmund Prier

b. Arnold Scoenberg

c. Dieter Mack

d. John M Cage

e. Debussy

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan: Dalam musik kontemporer,tema yang diangkat umumnya berkisar pada cinta,duka, dan gembira. Musik kontemporer mengusung tema yang seringkali “baru”. Misalnya Tetabuhan Sungut karya Slamet Abdul Syukur,yang mengusung tema eksplorasi kemampuan bunyi mulut manusia. Dari segi pendengaran sulit dicerna maksudnya.

2. B → Pembahasan: Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

3. D → Pembahasan: Karya-karya Djaduk, terutama lewat kelompok Kua Etnika, seringkali terlihat “main-main”, dengan menekankan aksen-aksen bunyi yang kuat, keras, cepat, dan mengentak. Disuguhkan dengan suasana riang gembira, tidak jarang juga terkesan lucu atau mbanyol. Tapi dari yang main-main itu sejatinya dilandasi dengan proses yang serius. Kekompakan musikal menjadi harga mati yang tak dapat ditawar. Bayangkan saja, semua musisi memainkan satu pola melodi yang sama dengan tempo yang sangat rapat. Satu saja salah, maka akan terlihat di mata dan terdengar di telinga penonton.

4. E → Pembahasan: John Milton Cage Jr. (Lahir 5 September 1912 – 12 Agustus 1992 pada 12 Agustus 1992 pada usia 79 tahun) adalah seorang komposer, teori musik, artis,dan filsuf asal Amerika Serikat. Pelopor ketidaknetralan dalam musik, musik elektroaklitik, dan penggunaan alat musik non standar,Cage adalah salah satu tokoh terkemuka dari avant-garde pasca-perang. Para kritikus telah memujinya sebagai salah satu komposer paling berpengaruh di abad ke-20.

5. C → Pembahasan: Lahir di Speyer, Jerman 65 tahun silam, Mack menekuni studi musik di Hochschule fur Musik Freiburg, tempat ia mempelajari komposisi di bawah gemblengan Klaus Huber dan Brian Feneyhough. Dia akrab dengan gamelan Bali dan sejak 1980 mengajar improvisasi serta gamelan Bali di almamaternya.Mack sempat menetap di Saba, Gianyar, selama satu tahun untuk mempelajari gamelan pa 1981. Marck ritin bolak balik ke Indonesia untuk belajar musik tradisional dan mengajar di sejumlah kampus, diantaranya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Institut Seni Indonesia Surakarta.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.