Soal Mutasi dan Jenis-Jenis Mutasi

soal mutasi dan jenis-jenis mutasi

Soal Mutasi dan Jenis-Jenis Mutasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.8 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi mutasi dan jenis-jenis mutasi.

Rangkuman Materi Mutasi dan Jenis-Jenis Mutasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Mutasi adalah perubahan struktur materi genetik yang dapat diturunkan kepada generasi berikutnya jika terjadi pada sel gamet dan tidak diturunkan jika terjadi pada sel tubuh.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan tingkatan terjadinya, mutasi dibedakan menjadi dua, yaitu Mutasi gen dan Mutasi kromosom.

Mutasi gen dapat dibagi menjadi dua kategori umum bedasarkan mekanisme perubahan susunan basa nukleotida yaitu subtitusi pasangan basa dan penambahan atau pengurangan pasangan basa. Salah satu contoh mutasi gen yang terjadi pada manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi akibat terbentuknya protein baru, yaitu kelainan sickle cell anemia. Gen penderita kelainan ini mengalami pergantian satu jenis basa dan menghasilkan kesalahan dalam susunan rantai polipeptida asam amino pada molekul hemoglobin.

Mutasi besar (gross mutation) adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan susunan kromosom. Mutasi ini biasa disebut mutasi kromosom atau aberasi, yang terdiri dari delesi, duplikasi, inversi, dan traslokasi.

Mutasi kromosom sering terjadi karena kesalahan meiosis. Mutasi kromosom dibedakan menjadi dua yaitu, perubahan jumlah kromosom dan perubahan struktur kromosom. Perubahan jumlah kromosom dapat dibedakan menjadi aneuploidi (penambahan atau pengurangan satu atau beberapa kromosom) dan euploidi (penambahan atau pengurangan set kromosom).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kita sering mendengar istilah Mutagenesis yang dimaksud dengan hal ini adalah ….

A. mutasi yang terjadi pada bentuk kromosom

B. peristiwa terjadinya mutasi

C. perubahan pada basa nitrogen

D. Faktor yang menyebabkan mutasi

E. mutasi yang terjadi pada fenotipe

2. Salah satu keuntungan mutasi yang dilakukan pada tumbuhan adalah dihasilkannya semangka tanpa biji. Jika dilihat dari kelestarian tumbuhan tersebut dapat merugikan, karena ….

A. tidak dapat melakukan pembelahan sel

B. tidak ada kromosom yang terbentuk

C. gagalnya proses nondisjunction

D. tidak dapat meneruskan keturunan sebab tidak ada sel-sel generatif

E. tidak adanya sel-sel vegetative

3. Berikut yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab terjadinya mutasi kromosom adalah …

A. depurisasi

B. delesi

C. duplikasi

D. translokasi

E. inversi

4. Semangka tanpa biji merupakan hasil mutasi. Hasil mutasi ini menghasilkan keturunan ….

A. tetrapoliploidi

B. autopoliploidi

C. diploidi

D. triploidi

E. poliploid

5. Perhatikan gambar berikut.

Gambar yang ditunjukkan X tersebut menunjukkan mutasi kromosom abrasi jenis ….

A. inversi

B. translokasi

C. duplikasi

D. katenasi

E. delesi

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan:

  • Mutasi adalah perubahan struktur materi genetis pada tingkat gen maupun kromosom, yang diwariskan kepada generasi berikutnya (keturunannya).
  • Mutagen adalah sejumlah zat penyebab terjadinya mutasi.
  • Mutagenesis adalah proses terjadinya peristiwa mutasi.
  • Mutan adalah organisme yang mengalami perubahan genetik akibat mutase.

2. D → Pembahasan: Buah semangka tanpa biji merupakan salah satu hasil peristiwa mutasi yang memanfaatkan kolkisin sebagai mutagen. Dengan adanya kolkisin, pembentukan benang-benang spindel dari mikrotubulus pada fase anafase pembelahan mitosis atau meiosis akan terhambat. Akibatnya, gerakan kromatid ke kutub-kutub sel terhambat dan membentuk poliploidi. Poliploidi ini dimanfaatkan untuk memproduksi buah-buahan tanpa biji tetapi tidak dapat meneruskan keturunan.

3. A → Pembahasan: Mutasi kromosom adalah mutasi materi genetik yang dapat menyebabkan susunan kromosom berubah Perubahan susunan kromosom Perubahan kromosom dapat disebabkan oleh: Translokasi Translokasi, Duplikasi, Delesi, Duplikasi dan Inversi.

4. E → Pembahasan: Buah semangka tanpa biji merupakan salah satu hasil peristiwa mutasi. Dengan adanya kolkisin, pembentukan benang-benang spindel dari mikrotubulus pada fase anafase pembelahan mitosis atau meiosis akan terhambat. Akibatnya, gerakan kromatid ke kutub-kutub sel terhambat dan membentuk poliploidi.

5. D → Pembahasan:

Beberapa jenis aberasi kromosom, antara lain :

  • Delesi yaitu hilangnya beberapa bagian dari lengan kromosom
  • Inversi adalah mutasi yang terjadi selama meiosis kromosom terpilih dan terjadinya kiasma, maka terjadi perubahan letak atau kedudukan gen-gen.
  • Duplikasi, yaitu terjadinya penambahan bagian lengan kromosom dari bagian kromosom itu sendiri
  • Katenasi, yaitu perubahan kromosom akibat pasangan kromosom homolog kedua ujungnya saling melekat satu sama lain sehingga membentuk lingkaran.
  • Translokasi, yaitu perubahan kromosom yang berupa penambahan bagian lengan kromosom dari kromosom lain yang bukan homolog.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.