Soal Nilai Perjuangan Tokoh Nasional dan Daerah Tahun 1945-1965

soal nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah pada tahun 1945-1965

Soal Nilai Perjuangan Tokoh Nasional dan Daerah Tahun 1945-1965 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah Indonesia kelas 12, XII KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada tahun 1945-1965.

Rangkuman Materi Nilai Perjuangan Tokoh Nasional dan Daerah Dalam Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia Pada Tahun 1945-1965

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Setiap perjuangan mengandung nilai nilai positif yang penting diketahui generasi sekarang dan mendatang yang sangat bermakna bagi kehidupan kita.

Bacaan Lainnya

Para tokoh nasional dan daerah dalam perjuangannya mempertahankan keutuhan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan suri tauladan berupa nilai-nilai perjuangan yang patut diteladani generasi sekarang dan mendatang.

Nilai-nilai perjuangan atau nilai-nilai kejuangan masa tahun 1945 sampai 1965 meliputi: Persatuan dan kesatuan,  Rela berkorban dan tanpa pamrih, Saling pengertian dan saling menghargai, kerjasaman dan Cinta pada tanah air.

Apa yang telah dilakukan oleh para tokoh dalam memperjuangkan kemerdekaan dapat kita teladani dan kita ambil hikmahnya dan dapat menginpirasi kita dalam menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekarang ini.

Pemahaman dan kemauan mengamalkan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerahdalam memperjuangkan kemerdekaan menunjukkan adanya kesadaran sejarah yang tinggi. Generasi sekarang dan mendatang dapat mengamalkan nilai-nilai perjuangan dengan cara tidak korupsi, tidak memperkaya diri sendiri, tidak mengorbankan orang lain, tidak sewenang-wenang, tidak menyebarkan isu-isu perpecahan demi kepentingan golongan sendiri.

BACA JUGA:  Soal Penjelajahan Samudra

Sebagai warga negara Indonesia kita memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengembangkan dan mengimplementasikan nilai nilai perjuangan yang ada dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan beban tugas,  potensi  dan kemampuan yang kita miliki.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Rasa cinta tanah air adalah faktor pendorong yang sangat kuat bagi para tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Nilai cinta tanah air yang ditunjukkan oleh para tokoh dapat menimbulkan semangat…

A. Kolonialisme

B. Liberalisme

C. Patriotisme

D. Imperialisme

E. Sosialisme

2. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Jenderal Soedirman walaupun dalam keadaan sakit tetap berjuang memimpin perang gerilya, dengan satu paru-paru yang berfungsi. Sikap yang ditunjukkan oleh tokoh nasional Jenderal Soedirman lebih mencerminkan nilai …

A. Cinta tanah

B. Rela Berkorban

C. Persatuan dan Kesatuan

D. Saling harga menghargai

E. Tanggung Jawab

3. Pada Tanggal 17 Agustus 1950, Indonesia kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sebelumnya berbentuk RIS. Hal ini membuktikan bahwa para pemimpin kita  memiliki nilai ….

A. Cinta tanah

B. Rela Berkorban

C. Saling harga menghargai

D. Tanggung Jawab

E. Persatuan dan Kesatuan

4. Sikap pengertian dan saling menghargai dapat memupuk rasa persatuan dan menghindarkan dari perpecahan. Sikap ini dapat kita lihat dalam  upaya  bangsa Indonesia perjuangan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan ….

A. Bentuk perjuangan rakyat Indonesia melalui cara diplomasi dan perjuangan bersenjata

B. Perjuangan tokoh daerah Opu Daeng Risaju tokoh wanita pejuang dari Sulawesi Selatan,

C. Perjuangan tokoh daerah Frans Kaisiepo, Silas Papare Marthen Indey dari Papua

D. Perjuangan rakyat Indonesia dalam membebaskan Irian Barat

E. Orasi Bung Tomo dalam membakar semangat rakyat dalam pertempuran di Surabaya

5. Sebagai warga negara Indonesia kita kita harus dapat mengimplementasikan nilai nilai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia dengan berupaya mengisi kemerdekaan sesuai dengan beban tugas, potensi dan kemampuan yang kita miliki. Hal ini mencerminkan nilai ….

BACA JUGA:  Soal Perkembangan Masyarakat, Pemerintahan, Budaya Pada Masa Kerajaan Islam di Indonesia

A. Cinta tanah

B. Rela Berkorban

C. Persatuan dan Kesatuan

D. Saling harga menghargai

E. Tanggung Jawab

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Rasa cinta tanah air adalah faktor pendorong yang sangat kuat bagi para tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Nilai cinta tanah air yang ditunjukkan oleh para tokoh dapat menimbulkan semangat Patriotisme.
  2. B → Pembahasan: Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Jenderal Soedirman walaupun dalam keadaan sakit tetap berjuang memimpin perang gerilya, dengan satu paru-paru yang berfungsi. Sikap yang ditunjukkan oleh tokoh nasional Jenderal Soedirman lebih mencerminkan nilai Rela Berkorban.
  3. E → Pembahasan: Pada Tanggal 17 Agustus 1950, Indonesia kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sebelumnya berbentuk RIS. Hal ini membuktikan bahwa para pemimpin kita memiliki nilai Persatuan dan Kesatuan.
  4. A → Pembahasan: Sikap pengertian dan saling menghargai dapat memupuk rasa persatuan dan menghindarkan dari perpecahan. Sikap ini dapat kita lihat dalam upaya perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan bentuk perjuangan rakyat Indonesia melalui cara diplomasi dan perjuangan bersenjata.
  5. E → Pembahasan: Sebagai warga negara Indonesia kita kita harus dapat mengimplementasikan nilai nilai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia dengan berupaya mengisi kemerdekaan sesuai dengan beban tugas, potensi dan kemampuan yang kita miliki. Hal ini mencerminkan nilai tanggung Jawab.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.