Soal Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

soal otoritas jasa keuangan (OJK)

Soal Otoritas Jasa Keuangan (OJK)– Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal ekonomi kelas 10, Kelas X KD 3.5, SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rangkuman Materi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga independen bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan, baik dari sektor perbankan, pasar modal, maupun sektor jasa keuangan non-bank seperti asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, fintech, dan Lembaga jasa keuangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK): Menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum.

Misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

  1. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
  2. Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil;
  3. Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Tugas Bank Indonesia yang kini dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah:

A. menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

B. mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran

C. mengatur dan mengawasi bank

D. penyedia dana terakhir (lender of the last resort)

E. menerima tabungan dan deposito

2. Tujuan dibentuknya OJK:

A. Agar keseluruhan kegiatan di sector jasa keuangan terselenggara secara teratur

B. Agar seluruh kegiatan di sector jasa keuangan mampu mewujudkan sector keuangan yang stabil

BACA JUGA:  Soal Bank

C. Agar seluruh kegiatan di sector keuangan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat

D. Agar seluruh kegiatan di sector jasa keuangan mampu mewujudkan sector keuangan yang transparan dan akuntabel.

E. Semua benar

3. Berikut ini adalah tugas OJK dan BI:

1) Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sektr perbankan

2) Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sekor pasar modal

3) Mengatur dan mengawasi kegatan jasa keuangan di sector perasuransian, dana pension, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

4) Menjaga kestabilan moneter

5) Mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran

Yang merupakan tugas OJK adalah …

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 4), dan 5)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 3), dan 5)

E. 1), 3), dan 5)

4. Perhatikan wacana berikut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin usaha perusahaan pergadaian terhadap 16 entitas sejak awal tahun hingga 12 September 2020. Adapun sejumlah perusahaan pergadaian tersebut yakni PT Sentral Gadai Persada, PT Gadai Mas DKI, PT Ijab Gadai Indonesia, PT Indonesia Gadai Oke, PT Gadai Ogan Baru.

Wacana di atas menunjukkan OJK menjalankan misi:

A. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;

B. Mewujudkan sistem keuangan negara yang tumbuh secara saling bersaing datu dengan yang lain

C. Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat untuk mendapatkan bantuan

D. Mengatur perbankan dan perekonomian di Indonesia

E. Mengatur bank sentral sebagai bank pemerintah

5. Perhatikan wacana berikut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pengaduan konsumen meningkat signifikan saat pandemi Covid-19. Tercatat layanan pengaduan melalui Whatsapp sebanyak 11 ribu hingga akhir Mei 2020. Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan pengaduan paling banyak terkait restrukturisasi kredit yang diajukan lembaga keuangan baik bank maupun nonbank.

Wacana di atas menunjukkan OJK menjalankan misi:

A. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;

BACA JUGA:  Soal Lembaga Keuangan Non Bank

B. Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil;

C. Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

D. Mengatur perbankan di Indonesia

E. Mengatur lembaga keuangan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan: Tugas Bank Indonesia yang kini dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah mengatur dan mengawasi bank.

2. E → Pembahasan:

Tujuan dibentuknya OJK:

1. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;

2. Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil;

3. Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

3. A → Pembahasan:

Berikut ini adalah tugas OJK dan BI:

1. Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sektr perbankan

2. Mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan di sekor pasar modal

3. Mengatur dan mengawasi kegatan jasa keuangan di sector perasuransian, dana pension, lembaga pembiayaan, dan Lembaga jasa keuangan lainnya

4. A → Pembahasan: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin usaha perusahaan pergadaian terhadap 16 entitas sejak awal tahun hingga 12 September 2020. Adapun sejumlah perusahaan pergadaian tersebut yakni PT Sentral Gadai Persada, PT Gadai Mas DKI, PT Ijab Gadai Indonesia, PT Indonesia Gadai Oke, PT Gadai Ogan Baru.

Wacana di atas menunjukkan OJK menjalankan misi: Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;

5. C → Pembahasan:  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pengaduan konsumen meningkat signifikan saat pandemi Covid-19. Tercatat layanan pengaduan melalui Whatsapp sebanyak 11 ribu hingga akhir Mei 2020.

Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan pengaduan paling banyak terkait restrukturisasi kredit yang diajukan lembaga keuangan baik bank maupun nonbank.

Wacana di atas menunjukkan OJK menjalankan misi: Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul ekonomi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.