Soal Pemahaman Ilmu Promosi

soal pemahaman ilmu promosi

Soal Pemahaman Ilmu Promosi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 11, XI KD 3.9 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pemahaman ilmu promosi.

Rangkuman Materi Pemahaman Ilmu Promosi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Promosi adalah sebuah usaha perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya) KBBI.

Bacaan Lainnya

Tujuan promosi menurut Tjiptono ada tiga, menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading) serta mengingatkan (reminding).

Tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah untuk memperkenalkan diri, membujuk, modifikasi/membentuk tingkah laku serta mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan.

5 Kegiatan promosi menurut Kotler:

  1. Periklanan (Advertising)
  2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
  3. Publisitas (Publisity)
  4. Promosi Penjualan (Sales promotion)
  5. Pemasaran Langsung (Direct marketing)

Klasifikasi menurut Rossiter dan Percy tentang tujuan promosi sebagai efek dari komunikasi:

  1. Category need
  2. Brand awareness
  3. Brand attitude
  4. Brand purchase intention
  5. Purchase facilitation
  6. Positioning

ATL (Above The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan.

BTL (Below The Line) aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan di tingkat pengecer yang bertujuan untuk menarik konsumen supaya menggunakan atau membeli produk.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Milhan mencoba menawarkan produknya secara tatap muka langsung di sebuah pasar dekat rumahnya, metode promosi ini masuk kedalam kategori…

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity d. Sales promotion

e. Direct marketing

2. Yang bukan merupakan tujuan promosi menurut Sistaningrum adalah …

a. memperkenalkan diri

b. membujuk

c. mamaksa

d. modifikasi dan membentuk tingkah laku

e. mengingatkan.

3. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk merupakan pengertian dari …

a. category need

b. brand awareness

c. brand attitude

d. brand purchase intention

e. purchase facilitation

4. Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) adalah pengertian dari …

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity d. Sales promotion

e. Direct marketing

5. Leni membangun promosinya melalui iklan di berbagai media, metode yang digunakan oleh leni disebut dengan…

a. Advertising

b. Personal Selling

c. Publisity

d. Sales promotion

e. Direct marketing

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Penjual menyajikan informasi-informasi tentang suatu produk secara lansung kepada konsumen (face-to-face) sehingga kita akan mendapatkan efek dan feedback yang secara cepat dapat kita tindak lanjuti.
  2. C → Pembahasan: Menjual produk tidak boleh dilakukan dengan memaksa karena disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  3. D → Pembahasan: Bentuk dari perilaku dari konsumen yang berkeinginan untuk membeli atau memilih sebuah produk yang didasari oleh pengalaman, penggunaan dan keinginannya pada suatu produk. … Minat transaksional konsumen berniat untuk melakukan pembelian pada suatu produk.
  4. C → Pembahasan: Sebuah iklan yang dibuat oleh perusahaan untuk menarik pelanggan.
  5. A → Pembahasan: Upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya dengan semua media yang dibaca, dilihat, dan didengar konsumen.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.