Soal Pembentukan Planet Bumi

soal pembentukan planet bumi

Soal Pembentukan Planet Bumi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang pembentukan planet bumi.

Advertisements

Rangkuman Materi Pembentukan Planet Bumi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pembentukan bumi diawali dengan pembentukan tata surya berjuta tahun lalu, hal ini dijelaskan dibeberapa teori diantaranya teori pasang surut gas, teori ledakan besar, teori kabu nebula, dan teori planetasimal.

Read More

Pembentukan bumi terjadi secara bertahap diawali dengan fase big bang, fase pembentukan bintang-bintang, fase pendinginan nebula, fase pembentukan matahari dan cincin planet, fase akresi, fase pembentukan bumi dan terakhir adalah fase pembentukan atmosfer.

Teori kontraksi menyatakan bahwa bumi mengalami pendinginan yang menyebabkan permukaan bumi mengkerut sehingga terbentuklah relief bumi seperti saat ini.

Teori dua benua menyatakan bahwa Bumi dahulu terbagi menjadi dua benua yaituLaurasia dan Gondwana, kedua benua ini mengalami pergerakan terus menerus hingga pada akhirnya terpecah menjeadi beberapa benua seperti saat ini.

Teori apungan benua menyatakan bahwa pangea terpecah menjadi beberapa benua. Benua-benua ini mengapung dan karena ada gerak rotasi menyebabkan benua-benua terpusat di ekuator.

Teori konveksi menyatakan bahwa terdapat arus konveksi dari dalam mantel bumi ke bagian punggung tengah samudera kemudian lava tersebut membeku dan mengganti kulit bumi yang lama.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Kerjakan soal berikut secara mandiri dan percaya diri, jika mengalami kesulitan berdiskusilah dengan teman sejawat.

  1. Bagaimana teori perkembangan tata surya menurut Laplace?
  2. Jelaskan persamaan teori planetasimal dengan teori pasang surut gas?
  3. Apa yang kalian ketahui tentang pangea?
  4. Jelaskan proses pembentukan permukaan bumi menurut teori apungan benua?
  5. Apa dampak dari gerak divergen dalam kehidupan?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Teori ini menyebutkan bahwa di alam semesta terdapat gas yang berkumpul menjadi kabut nebula. Gaya tarik-menarik antargas membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Proses perputaran ini mengakibatkan materi kabit di bagian khatulistiwa terlempar dan berpisah, kemudian memadat karena pendinginan.
  1. → Pembahasan: Teori pasang surut gas dan planetasimal sama-sama menyatakan ada matahari dan ada bintang lain yang mendekati.
  2. → Pembahasan: Pangea adalah sebuah benua raksasa yang ada dipermukaan bumi yang muncul sejak akhir zama paleozoikum hingga awal zaman mesozoikum.
  3. → Pembahasan: Menurut teori apungan benua bahwa pada awalnya hanya terdapat satu benua yang sangat besar dimuka bumi yang disebut Pangea. Kemudian Pangea ini terpecah dan terus mengalami perubahan melalui pergerakan dasar laut. Gerakan sentripugal dari rotasi bumi menyebabkan pecahan-pecahan pangea tersebut bergerak ke arah barat menuju ekuator. Teori ini didukung dengan bukti-bukti bahwa terdapatnya kesamaan garis pantai, batuan dan fosil antara Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur.
  4. → Pembahasan: Dampak dari gerak divergen terhadap kehidupan adalah melebarnya dasar samudera sehingga menyebabkan jarak antara dua benua semakin jauh.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *