Soal Pencernaan Protein Pada Tubuh Manusia

soal pencernaan protein pada tubuh manusia

Soal Pencernaan Protein Pada Tubuh Manusia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pencernaan protein pada tubuh manusia.

Soal dan Kunci Jawaban Pencernaan Protein Pada Tubuh Manusia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pencernaan protein yang terjadi di dalam mulut  adalah pencernaan mekanik, yaitu  mengubah ukuran dari bahan yang di makan saja. Hal ini terjadi karena tidak adanya enzym di dalam mulut yang berperan dalam pencernaan protein. Setelah di lambung terjadi pencernaan enzymatik oleh enzym pepsin, hasilnya sebagian protein menjadi asam amino, tetapi sebagian besar menjadi olygopeptida. Setelah sampai di usus halus, maka akan terjadi pencernaan olygopeptida-olygopeptida oleh macam-macam enzym yang ada di dalam usus halus.

Read More

Pepsin menghidrolisa protein pada ikatan peptida pada N terminal dari asam amino Aromatik (Tyr,Phe dan Trp). Tripsin akan menghidrolisa ikatan peptida pada asam amino yang mempunyai gugus karbonil (Lys, Arg). Kimotripsin menghidrolisa ikatan peptida pada C terminal dari residu Tyr,Phe dan Trp. Karboksipeptidase mengkatalisis pelepasan residu karboksil terminal secara berurutan. Enzym aminopeptidase yang dikeluarkan oleh usus halus yang menghidrolisa residu amino terminal secara berurutan pada oligopeptida.

Hormon yang berperan dalam pencernaan protein di usus halus adalah Hormon gastrin yang menstimuli pengeluaran HCl lambung dan pepsinogen yang selanjutnya akan diaktifkan menjadi pepsin dan Kolesistokinin yang akan menstimulasi pengeluaran tripsinogen, kimotripsinogen dan Prokarboksipeptidase dari pankreas. Ketiga ensim tsb setelah masuk ke usus halus menjadi aktif sebagai tripsin, kimotripsin dan karboksipeptidase.

Soal Isian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan mengisi titik dengan jawaban yang paling benar!

  1. Apabila makan telur, yang terjadi di dalam mulut adalah pencernaan….
  2. Di dalam lambung ada enzym yang berperan dalam pencernaan protein, yaitu…
  3. Tiga macam asam amino yang mempunyai cincin aromatik adalah…
  4. Sekretin yang dikeluarkan usus halus akan menstimulasi keluarnya…. yang fungsinya akan menetralkan asam lambung yang masuk ke dalam usus halus.
  5. Hormon ….. yang dikeluarkan oleh usus halus akan menstimulasi pankreas untuk mengeluarkan tiga macam enzym ke dalam usus halus yaitu tripsinogen, kimotripsinogen dan Prokarboksipeptidase.
  6. Tripsinogen setelah di usus halus akan aktif menjadi…
  7. Kimotripsinogen setelah di usus halus akan aktif menjadi….
  8. Prokarboksipeptidase setelah di usus halus akan aktif menjadi….
  9. Tripsin akan menghidrolisa ikatan peptida pada asam amino yang mempunyai gugus karbonil. Asam amino yang mempunyai gugus karbonil ada dua yaitu…
  10. Hormon yang menstimulasi pengeluaran HCllambung adalah ….

Kunci Jawaban

  1. Mekanik
  2. Pepsin
  3. Phenylalanin, tryptophan, tyrosin
  4. Bikarbonat
  5. Kolesistokinin
  6. Trypsin
  7. Kimotripsin
  8. Karboksipeptidase
  9. Lysin dan argynin
  10. Gastrin

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. ATLM Hebat!

Rate this post

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *