Soal Pengantar Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)

soal pengantar pembelahan sel

Soal Pengantar Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis) – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengantar pembelahan sel (amitosis, mitosis dan meiosis).

Rangkuman Materi Pengantar Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pada organisme bersel satu, pembelahan sel merupakan cara perkembangbiakan sedangkan pada organisme multiseluler pembelahan merupakan cara untuk pertumbuhan.

Bacaan Lainnya

Ada dua cara pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis. Persamaan kedua adalah tahapan – tahapan atau fase pembelahan, sedangkan perbedaannya dalam hal tujuan dan hasilnya.

Mitosis bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel, berhubungan dengan pertumbuhan dan perbaikan sel-sel rusak, terjadi pada sel somatis. Hasil satu kali mitosis dari satu sel induk menghasilkan dua sel anakan yang memiliki ciri yang sama dengan induknya.

Meiosis bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom sel induk. Meiosis terjadi pada pembentukan sel kelamin.

Tahapan mitosis : profase, metafase, anafase dan telofase. Tahapan meiosis terdiri dari dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan meiosis II.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan Jawabanmu yang paling benar!

  1. Interfase dalam siklus sel mempunyai peranan penting sebagai persiapan pembelahan. Identifiksikan proses yang terjadi selama interfase dan peranannya dalam pembelahan sel!
  2. Pada saat pembelahan sel terjadi dua proses, yaitu kariokinesis dan sitokinesis. Apakah perbedaan antara kariokinesis dan sitokinesis?
  3. Jelaskan perbedaan mitosis dengan meiosis!
  4. Tuliskan tahap pada pembelahan mitosis!
  5. Jelaskan ciri tahap metaphase pada mitosis!
BACA JUGA:  Soal Vertebrata

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Sel – sel belum mengadakan replikasi DNA, sehingga DNA masih berjumlah 1 salinan (1c = 1 copy = salinan) dan diploid (2n)

  • Fase sintesis (S) : DNA dalam inti mengalami replikasi (penggandaan jumlah salinan) sehingga pada fase S akhirnya  menghasilkan 2 salinan DNA dan diploid.
  • Fase G-2 : Replikasi telah selesai, sel bersiap mengadakan pembelahan.

2. → Pembahasan: Kariokinesis adalah tahap pembelahan inti sel terdiri dari empat fase yaitu profase, metafase, anafase dan telofase. Sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma yang diikuti dengan pembentukan sekat sel yang baru. Sekat memisahkan dua inti menjadi dua sel anakan. Sitokinesis dimulai pada tahap telofase akhir.

3. → Pembahasan:

  • Mitosis bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel, berhubungan dengan pertumbuhan dan perbaikan sel-sel rusak, terjadi pada sel somatis. Hasil satu kali mitosis dari satu sel induk menghasilkan dua sel anakan yang memiliki ciri yang sama dengan induknya.
  • Meiosis bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom sel induk. Meiosis terjadi pada pembentukan sel kelamin.

4. → Pembahasan: Tahapan mitosis : profase, metafase, anafase dan telofase.

5. → Pembahasan: Kedua kromatid dalam satu kromosom (sering disebut kromatid kakak beradik) masih dihubungkan oleh satu sentromer dan terletak di bidang ekuator sel. kromosom berada ditengah bidang equator.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.