Soal Pengertian dan Perkembangan Penilaian Mutu Sensori

soal pengertian dan perkembangan penilaian mutu sensori

Soal Pengertian dan Perkembangan Penilaian Mutu Sensori – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengertian dan perkembangan penilaian mutu sensori.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Pengertian dan Perkembangan Penilaian Mutu Sensori

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Penilaian mutu sensori adalah suatu kegiatan ilmiah yang meliputi proses identifikasi, pengukuran, pengujian dan interpretasi atribut suatu produk pangan yang diterima oleh 5 pancaindra, yaitu penglihatan, penciuman, pengecap rasa, peraba, dan pendengaran.

Read More

Penilaian mutu sensori merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan penilaian atau evaluasi terhadap suatu objek dengan menggunakan organ indra. Istilah lain evaluasi sensori adalah penilaian indrawi atau penilaian mutu organoleptik.

Ilmu sensori tidak sama dengan ilmu evaluasi sensori. Ilmu sensori membahas mengenai anatomi, histologi, biokimia, dan fisiologi organ indra termasuk sistem syaraf sensori dan bagian-bagian organ yang mengandung sel-sel peka yang disebut reseptor. Sedangkan, ilmu evaluasi sensori membahas segala pengetahuan yang berhubungan dengan fungsi pancaindra, terutama yang menyangkut tiga fenomena utama, yaitu tibanya rangsangan (stimulus), proses pengindraan (sensation), dan tanggapan (response) manusia terhadap rangsangan tersebut. Titik berat ilmu ini pada proses fisiko-psikologik dan intinya pada proses pengindraan serta berkaitan erat dengan pelaksanaan uji sensori dan evaluasi sifat-sifat sensori.

Evaluasi sensori atau penilaian mutu sensori telah dikenal sejak dahulu kala. Manusia menggunakan sensornya untuk menentukan bahan-bahan yang bermanfaat atau yang membahayakan bagi tubuhnya, terutama dengan menggunakan indra penciumannya.

Permintaan konsumen terhadap pangan sangat dipengaruhi oleh faktor rasa dan hal ini telah dibuktikan melalui suatu penelitian di Amerika Serikat.

Evaluasi sensori merupakan kegiatan ilmiah karena telah dilakukan pembakuan dari metode-metode yang digunakan dalam evaluasi sensori. Pembakuan ini dilakukan mulai sekitar tahun 1964 di Amerika Serikat.

Dengan evaluasi sensori, keunggulan dari suatu komoditas dapat ditetapkan.

Evaluasi sensori digunakan dalam bidang pengendalian mutu, pengembangan produk, dan riset. Selain diaplikasikan untuk melihat karakter dan untuk evaluasi produk pangan, ilmu ini juga digunakan pada bidang lingkungan, hygiene produk, diagnosis penyakit, pengujian kimia dan lain sebagainya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Pancaindra yang jarang digunakan dalam penilaian mutu sensori, adalah ….

A. Penciuman

B. Pengecap

C. Peraba

D. Pendengaran

2) Sensori berasal dari kata sensory yang berarti ….

A. Organ indra

B. Respons

C. Organ peraba

D. Organ pengecap

3) Ilmu evaluasi sensori membahas tentang ….

A. Anatomi organ indra

B. Histologi organ indra

C. Biokimia dan fisiologi organ indra

D. Sifat indrawi

4) Pada awal permulaan adanya evaluasi sensori oleh manusia, kegiatan ini bertujuan untuk ….

A. Mengembangkan produk pangan baru

B. Menentukan pangan yang layak dikonsumsi

C. Mendiagnosis penyakit

D. Menjaga higiene produk pangan

5) Faktor utama yang mempengaruhi elastisitas permintaan konsumen terhadap pangan di era abad ke-21 adalah ….

A. Harga

B. Ukuran (jumlah/berat)

C. Warna dan bentuk

D. Rasa

Kunci Jawaban

1) D

2) A

3) D

4) B

5) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *