Soal Pengertian dan Unsur Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi)

soal pengertian dan unsur biaya produksi (harga pokok produksi)

Soal Pengertian dan Unsur Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi) Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Nabati  – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian dan unsur biaya produksi (harga pokok produksi) pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati.

Rangkuman Materi Pengertian dan Unsur Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi) Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Pangan Nabati  

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengertian Biaya Produksi

Bacaan Lainnya
  • Menurut Perry (1997) : biaya produksi adalah penjumlahan antara biaya tidak langsung (overhead cost) dan biaya langsung (direct cost).
  • Menurut Sadono Sukirno (2003) : biaya produksi adalah semua pengeluaran perusahaan untuk mendapat faktor-faktor produksi dan bahan mentah yang digunakan untuk menciptakan produk perusahaan.
  • Menurut Sutrisno (2009) : biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan dalam mengolah bahan baku sehingga menjadi produk selesai.

Jadi Biaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjadinya produksi barang.

Unsur biaya produksi meliputi biaya investasi, biaya produksi (biaya tetap dan biaya tidak tetap atau variabel).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Kelompok Tania ingin mengolah salad buah, ketika membuat bumbu salad ternyata Tania membutuhkan telur, gula dan mentega.  Biaya membeli gula, telur dan mentega, ketika jumlah produksi bertambah karena kuantitas pemesanan nya punbertambah maka kuantitas gula, telur dan mentega juga bertambah, sehingga biaya pun ikut bertambah. Tania membutuhkan peralatan yang menunjang untuk produksinya, maka Tania menambah 2 buah mixer untuk mengocok telur , dari kegiatan produksi salad tersebut yang termasuk biaya tetap adalah….

BACA JUGA:  Soal Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

a. Biaya membeli gula

b. Biaya membeli telur

c. Biaya membeli mentega

d. Biaya menambah mixer

e. Biaya gula dan telur

2. Berikut ini adalah komponen biaya:

1) Bahan baku

2) Plastik

3) Wajan

4) Listrik

Yang termasuk biaya variabel  adalah…

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 1 dan 4

d. 2 dan 3

e. 2 dan 4

3.   Manisan cabe merupakan produk langka yang belum dikenal oleh khalayak, akan tetapi manisan ini memiliki citarasa yang enak sehingga memerlukan bahan baku yang berkualitas, bahan baku yang dipakai di bayar dengan menggunakan pembiayaan, biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku adalah …

a. Biaya tetap

b. Biaya variabel

c. Biaya produksi

d. Biaya overhead

e. Biaya rata-rata

4. UD. Sejahtera yang bergerak dibidang pengolahan kayu untuk kerajinan miniature non benda, mencatat jumlah biaya produksinya dengan cara memisahkan biaya produksi menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Hal ini berarti UD. Sejahtera menggunakan metode….

a. Harga pokok pesanan

b. Harga pokok proses

c. Harga pokok standar

d. Harga pokok produksi

e. Harga pokok penjualan

5. Pendapatan sama dengan modal yang dikeluarkan, tidak terjadi kerugian atau keuntungan. Total keuntungan dan kerugian merupakan …

a. AVC

b. TVC

c. MC

d. FC

e. BEP

Kunci Jawaban 

1. D

2. A

3. B

4. B

5. E

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.