Soal Pengertian, Sumber Dan Karakteristik Sampah

soal pengertian, sumber dan karakteristik sampah

Soal Pengertian, Sumber Dan Karakteristik Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengertian, sumber dan karakteristik sampah.

Soal dan Kunci Jawaban Pengertian, Sumber Dan Karakteristik Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Keberadaan sampah dapat membuat ketidaknyamanan bagi yang melihatnya, sampah yang berada pada tempat terbuka dapat menjadi tempat vector penyakit seperti lalat, tikus dan kecoa, hal ini semakin buruk jika bau dari sampah yang membusuk tercium.

Bacaan Lainnya

Sampah berasal dari sumber sampah yang memiliki aktivitas atau kegiatan yang berbeda-beda. Sumber-sumber sampah diantaranya berasal dari permukiman penduduk, Fasilitas atau layanan umum, Insustri baik berat amupun ringan, pertanian, dan sampah bangunan, dimana setiap sumber sampah akan memilki jenis sampah yang berbeda-beda sesuai aktivitas yang dilakukannya. Setiap sumber sampah menghasilkan sampah yang beraneka ragam baik jenis maupun karakteristiknya.

Jenis sampah berdasarkan kandungan kimianya terbagi menjadi sampah anorganik dan organik. Sampah sampah organik adalah sampah yang mudah terurai sementara sampah anorganik adalah sampah yang sulit atau tidak mudah terurai.

BACA JUGA:  Soal Efek Obat

Karakteristik sampah Garbage, yaitu jenis sampah hasil pengolahan atau pembuatan makanan, yang umumnya mudah membusuk dan berasal dari rumah tangga, Rubbish, yaitu sampah yang berasal dari perkantoran, perdagangan baik yang mudah terbakar, seperti kertas, karton, plastik, maupun yang tidak mudah terbakar seperti kaleng bekas, klip, pecahan kaca, gelas dan sebagainya, Ashes (abu), yaitu sisa pembakaran dari bahan-bahan yang mudah terbakar termasuk abu rokok, Sampah jalanan (street sweeping), yaitu sampah yang berasal dari pembersihan jalan yang terdiri dari campuran bermacam-macam sampah.

Bangkai binatang (dead animal), yaitu bangkai binatang yang matikarena alam, ditabrak kendaraan atau dibuang oleh orang.Household refuse, yaitu sampah campuran yang terdiri dari rubbish, garbage, ashes yang berasal dari daerah perumahan.

Bangkai kendaraan adalah bangkai mobil, sepeda, sepeda motor dan sebagainya.Sampah Industri, yaitu sampah yang berasal dari industri atau pabrik-pabrik.Sampah pembangunan (construction waste), yaitu sampah dari proses pembangunan gedung, rumah dan sebagainya yang berupa puing-puing, potongan-potongan kayu, besi beton, bambu dan sebagainya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Menurut UU No. 18 Tahun 2008, Pengertian sampah adalah …

A. Sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat.

B. Sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat dan cair

C. Yang karena sifat dan atau volumenya memerlukan pengelolaan khusus

BACA JUGA:  Soal Panitia Farmasi dan Terapi

D. Yang berasal kegiatan sehari-hari dalam rumah tangga tidak termasuk tinja dan sampah plastic

2) Pada Tempat tempat umum pasti terdapat toilet yang digunakan untuk pengunjung, pada toilet terdapat banyak sampah tissue sisa pengunaan para pengunjung. Sampah tissue tersebut merupakan jenis sampah :

A. Organik

B. An-organik

C. B3

D. Ashes

3) Pada Tempat Pembuangan sampah (TPS) Terdapat sampah sisa infus, Bekas perban, biasanya sampah jenis tersebut bersumber pada sampah: 

A. Permukiman

B. Tempat-tempat Umum

C. Rumah Sakit

D. Street sweepong

4) Dalam suatu proses pemusnahan limbah medis dengan menggunakan incenrator salah satu buangannya menghasilkan abu yang merupakan buangan. Berdasarkan karakteristiknya sampah tersebut masuk dalam karakteristik sampah apa: 

A. Garbage

B. Rubbish

C. Ashes

D. B3

5) Pasar merupakan sarana tempat umum yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, pada pasar-pasar tradisional yang menjual sayuran, buah-buahan serta daging biasanya karakteristik jenis sampah apa yang paling banyak ditimbulkan pada kegiatan pasar tersebut :

A. Garbage

B. rubbish

C. Ashes

D. B3

Kunci Jawaban

1) a

2) b

3) c

4) d

5) a

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.