Soal Pemanfaatan Sampah

soal pemanfaatan sampah

Soal Pemanfaatan Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pemanfaatan sampah.

Soal dan Kunci Jawaban Pemanfaatan Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ada beberapa teknik pengolahan sampah yang bisa dilakukan, sesuai dengan jenis dan karakteristik sampahnya. Pengolahan sampah dapat dilakukan langsung di sumber sampah itu berada atau bisa juga dilakukan di Tempat pengumpulan sampah (TPS) serta pada Tempat pembuangan Akhir (TPA) Sampah.

Bacaan Lainnya

Salah satu teknok pengolahan sampah oragnik adalah dengan pengomposan. Kompos merupakan pupuk organik yang diperoleh dari hasil pelapukan bahan-bahan tanaman atau limbah organik seperti jerami, sekam, dedaunan, rerumputan, limbah organik pengolahan pabrik, dan sampah organik hasil perlakuan manusia (rumah tangga).

Pengomposan dapat diartikan sebagai proses biokimiawi yang melibatkan jasad renik sebagai perantara (agensia) yang merombak bahan organik menjadi kompos.

BACA JUGA:  Soal Kebutuhan Asih (Psikologi)

Kompos dan pengomposan sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Berbagai sumber mencatat bahwa penggunaan kompos sebagai pupuk telah dimulai sejak 1.000 tahun sebelum Nabi Musa.

Tercatat juga bahwa pada zaman kerajaan Babylonia dan Kekaisaran Cina, kompos dan teknologi pengomposan sudah berkembang cukup pesat. Dalam proses pengomposan, perlakuan yang umum dilakukan adalah menciptakan lingkungan mikro yang sesuai untuk pertumbuhan mikroorganisme.

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi tanpa udara (anaerob). Komponenbiogas antara lain sebagai berikut 60% metana (CH4), 38% karbon dioksida (CO2) dan 2% N2, O2, H2 & H2S.

Biogas dapat dibakar seperti elpiji. Dalam sekala besar Biogas dapat digunaan sebagai pembangkit energi listrik, sehingga dapat dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan dapat diperbaruhi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Dalam kandungan Kompos terdapat material organik yang kaya akan hunsur hara. Unsur utama apa yang terdapat dalam kompos ….

A. C

B. O2

C. C0

D. C02

2) Pada Proses pembuatan kompos, kelembaban menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan, Kelembaban yang optimum pada proses pengomposan adalah:

BACA JUGA:  Soal Anatomi dan Fisiologi Serviks

A. 10 % – 30%

B. 40 % – 50%

C. 50 % – 60%

D. 60 % – 80%

3) Pada awal pembuatan kompos, terjadi perombakan material organik oleh mikroorganisme, akan menyebabkan apa?

A. Temperatur turun

B. Mikroba mati

C. Suhu meningkat

D. Kadar air meningkat

4) Pada pembuatan biogas, alat yang digunakan untuk mengolah sampah organik tersebut biasanya dinamakan apa?

A. Digester

B. Degradable

C. Biodgradable

D. Gas bio

5) Biogas merupakan salah satu pengolahan sampah organik yang dapat menghasilkan energi alternatif secara biologi yang Pada proses biogas, sampah-sampah organik yang banyak mengandung biomassa di fermentasi sehingga terbentuk suatu gas yang apabila dibakar menghasilkan energi panas, gas yang dimaksud adalah…

A. Mno4

B. NH4

C. Na4

D. CH4

Kunci Jawaban

1)  a

2)  c

3)  c

4)  a

5)  d

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.