Soal Peningkatan Kualitas Pengukuran

soal peningkatan kualitas pengukuran

Soal Peningkatan Kualitas Pengukuran – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi peningkatan kualitas pengukuran.

Soal dan Kunci Jawaban Peningkatan Kualitas Pengukuran

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Alat ukur yang digunakan harus memenuhi persyaratan reliabilitas dan validitas. Alat ukur yang digunakan harus mempunyai kepercayaan, keterandalan, keajegan, kestabilan, konsistensi atau reliabilitas. Atau dengan kata lain digunakan beberapa kali menghasilkan hasil yang rentangnya tidak berjauhan.

Bacaan Lainnya

Alat ukur juga harus sahih, artinya alat tersebut benar-benar mengukur apa yang hendak diukur. Sebagai contoh mengukur panjang menggunakan meteran, mengukur berat menggunakan timbangan, mengukur isi atau volume menggunakan literan.

Validitas Isi, merupakan validitas yang diestimasi melalui pernyataan ahli atau profesional judgment. Pertanyaan yang dicari jawabannya dalam validasi ini adalah sejauh mana butir atau item dalam tes mencakup keseluruhan kawasan isi objek yang hendak diukur atau sejauh mana isi tes mencerminkan ciri atribut yang hendak diukur.

BACA JUGA:  Soal Standar Kompetensi Bidan

Validitas Konstruk, adalah tipe validitas yang menunjukkan sejauh mana tes dapat mengungkap suatu trait atau konstrak teoretik yang handak diukur. Validitas konstruk sangat berguna pada tes yang mengukur trait yang hendak dimiliki kriteria eksternal.

Validitas Prediski, sangat penting artinya bila tes dimaksudkan untuk berfungsi sebagai prediktor bagi performansi di waktu yang akan datang.

Situasi yang menghendaki adanya prediksi performasnsi ini antara lain adalah dala bimbingan karir, dalam seleksi mahasiswa baru, dalam klasifikasi dan penempatan karyawan dan sebagainya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Dalam mengembangkan kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan ibu mengenai gizi balita, maka pertanyaan tersebut benar-benar hanya menanyakan mengenai gizi balita bukan gizi orang dewasa. Hal tersebut telah memenuhi kriteria ….

A. validitas isi

B. validitas kosntruk

C. validitas prediksi

D. reliabilitas dan validitas

2) Dalam mengembangkan kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan ibu mengenai gizi balita, maka pertanyaan tersebut benar-benar hanya menanyakan mengenai gizi balita bukan gizi orang dewasa. Hal tersebut telah memenuhi kriteria ….

BACA JUGA:  Soal Pembuatan Larutan

A. validitas isi

B. validitas kosntruk

C. validitas prediksi

D. reliabilitas dan vaiditas

3) Validitas konstruk menunjukkan sejauhmana tes dapat mengungkap suatu trait atau konstrak teoritik yang handak diukur, berguna pada tes yang mengukur trait yang hendak dimiliki kriteria eksternal. Validitas konstruk dapat dicapai ….cara.

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

4) Pengukuran yang dilakukan secara berulang dan hasilnya konsisten menunjukkan bahwa alat ukur tersebut mempunyai …. yang tinggi.

A. reliabilitas

B. validitas

C. presisi

D. akurasi

5) Penggunaan alat ukur yang sesuai dengan peruntukannya, sebagai contoh mengukur panjang menggunakan meteran, mengukur berat menggunakan timbangan, mengukur isi atau volume menggunakan literan disebut sebagai ….

A. reliabilitas

B. validitas

C. presisi

D. akurasi

Kunci Jawaban

1) B

2) C

3) C

4) B

5) A

6) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.