Soal Pengurangan Sampah

soal pengurangan sampah

Soal Pengurangan Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengurangan sampah.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Pengurangan Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengurangan sampah (waste minimization), yang terdiri dari pembatasan terjadinya sampah R1), guna-ulang (R2) dan daur-ulang (R3). Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 ini juga menekankan bahwa prioritas utama yang harus dilakukan oleh semua fihak adalah bagaimana agar mengurangi sampah semaksimal mungkin.

Bacaan Lainnya

Reduce yaitu mengurangi semaksimal mungkin kegiatan yang akan menghasilkan banyak sampah, seperti mengurangi konsumsi barang yang dikemas secara berlebihan. Kegiatan mereduksi sampah tidak mungkin bisa menghilangkan sampah secara keseluruhan, tetapi secara teoritis aktivitas ini akan mampu mengurangi sampah dalam jumlah yang nyata.

Reuse yaitu menggunakan kembali barang atau bahan yang telah digunakan namun masih bisa digunakan kembali. Biasanya dilakukan pemilahan penggunaan barang atau bahan yang dapat digunakan secara berulang-ulang dengan tanpa proses yang rumit. Seperti penggunaan botol kaca sebagai botol plastik, menggunakan produk isi ulang.

Reuse (menggunakan kembali) berarti menghemat dan mengurangi sampah dengan cara menggunakan kembali barang-barang yang telah dipakai. Recycle (mendaur ulang) juga sering disebut mendapatkan kembali sumberdaya (resource recovery), khususnya untuk sumberdaya alami.

Mendaur ulang diartikan mengubah sampah menjadi produk baru, khususnya untuk barang-barang yang tidak dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama, misalnya kertas, alumunium, gelas dan plastik.

Langkah utama dari mendaur ulang ialah memisahkan sampah yang sejenis dalam satu kelompok. Pemilahan sampah adalah suatu proses menempatkan sampah yang berbeda sesuai jenis sampahnya baik pada pewadahan, pengangkutan maupun pengumpulan sampah.

Penempatan sampah secara terpilah diterapkan sebagai upaya menurunkan beban sampah dalam konteks pengelolaan sampah

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Yang termasuk dalam kegiatan waste minimization menurut UU No, 18 Tahun 2018 adalah …

A. Pemilahan

B. Komposting

C. Recycle

D. Pewadahan

2) Beberapa mahasiswa akan berbelanja ke pasar tradisional, dari rumah mahasiswa sudah membawa keranjang belanja sendiri untuk menaruh bahan belanjaan yang di belinya di pasar tersebut, cara yang dilakukan mahasiswa tersebut merupakan salah satu prinsip minimasi sampah yang berbentuk apa? 

A. Reduce

B. Reuse

C. Recycle

D. Replace

3) Penggunaan isi ulang shampoo untuk kegiatan sehari-hari merupakan salah satu metode pengurangan sampah yang berbentuk apa?

A. Reduce

B. Reuse

C. Recycle

D. Replace

4) Bambang merupakan orang yang gemar mengumpulkan barang-barang bekas termasuk mobil bekas, tembaga atau besi yang dapat digunakan dari Mobil bekas tersebut oleh Pak hasan dilebur dan hasilnya digunakan kembali, Peleburan yang dilakukan oleh Bambang terhadap mobil bekas merupakan salah satu prinsip minimasi sampah yang berbentuk apa?

A. Reduce

B. Reuse

C. Recycle

D. Replace

5) Kegiatan pemilahan sampah yang pertama kali dapat dilakukan pada :

A. Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

B. Tempat Penampungan Sementara (TPS)

C. Sumber sampah

D. Pengangkutan sampah

Kunci Jawaban

1)  c

2)  a

3)  b

4)  c

5)  c

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *