Soal Penyakit Yang Ditularkan Melalui Sampah

soal penyakit yang ditularkan melalui sampah

Soal Penyakit Yang Ditularkan Melalui Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penyakit yang ditularkan melalui sampah.

Soal dan Kunci Jawaban Penyakit Yang Ditularkan Melalui Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Mempelajari tentang sampah maka kita akan mengetahui dampak sampah bila tidak dikelola dengan baik. Dampak sampah dapat dilihat dari tiga sudut pandang utama yaitu dampak terhadap kesehatan, dampak terhadap lingkungan dan dampak terhadap sosial.

Bacaan Lainnya

Pengelolaan sampah yang kurang baik akan menjadikan sampah sebagai tempat perkembangbiakan vektor penyakit, seperti lalat, tikus, serangga dan jamur.

Pengaruh sampah terhadap kesehatan dikelompokan menjadi dua pertama Pengaruh langsung terhadap kesehatan disebabkan karena adanya kontak langsung antara manusia dengan sampah tersebut. Misalnya sampah beracun, sampah yang bersifat korosif terhadap tubuh, sampah karsinogenik, teratogenik dan sebagainya.

Selain itu ada pula sampah yang mengandung kuman pathogen sehingga dapat menimbulkan penyakit. Sampah ini bisa berasal dari sampah rumah tangga dan sampah industri. Kedua Pengaruh tidak langsung umumnya disebabkan oleh adanya vektor yangmembawa kuman penyakit yang berkembang biak di dalam sampah dan menularkannya kepada manusia. Sampah apabila ditimbun sembarangan dapatdipakai sarang lalat, nyamuk dan tikus.

BACA JUGA:  Soal Asuhan Keperawatan Pasien Morbus Hansen

Masuknya penyakit ke dalam tubuh manusia dapat melalui system pernafasan, Lingkungan yang digunakan untuk membuang sampah terutama sampah yang mudah membusuk karena aktifitas mikroorganisme menghasilkan gas metan (NH4) dan gas hidrogen sulfida (H2S) yang menimbulkan polutan udara dan berpengaruh terhadap sistem pernafasan serta bersifat racun bagi tubuh.

Sistem Pencernaan Diare adalah gangguan yang terjadi ketika adanya perubahan konsistensi feses dan frekuensi buang air besar.

Seseorang dikatakan menderita diare ababila feses cair dan buang air besar tiga kali atau lebih. Sakit kulit disebabkan karena menggunakan air yang telah tercemar kotoran, baik yang berasal dari sampah, tinja, atau kotoran hewan untuk mandi atau mencuci baju, sehingga kotoran menempel di badan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Pengelolaan sampah yang tidak baik dapat menimbulkan dampak negatif diantaranya dapat terjadi demonstrasi pada masyarakat disekitar Tempat pembuangan Akhir Sampah (TPA), hal tersebut merupakan dampak…

A. Dampak Kesehatan

B. Dampak Lingkungan

BACA JUGA:  Soal Sistem Penjualan Produk dalam Kewirausahaan

C. Dampak Sosial

D. Dampak ekonomi

2) Sampah dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, penyakit yang dapat disebabkan oleh sampah diantaranya :

A. Penyakit Jantung

B. Penyakit Gestroenteritis

C. Penyakit cacar

D. Penyakit Diare

3) Pada Tempat Penampungan Sampah (TPS) sekitar Rumah Sakit ditemukan adanya jarum suntik yang bercampur dengan sampah lainnya, hal ini mencerminkan pengaruh sampah terhadap kesehatan, pengaruh jenis apa pada kasus diatas?

A. Pengaruh langsung

B. Pengaruh tidak langsung

C. Pengaruh perilaku

D. Pengaruh manusia

4) Gas-gas yang terdapat pada sampah dapat membahayakan kesehatan manusia dan dapat menimbulkan penyakit, Mekanisme penularan penyakit karna gas tersebut melalui…

A. Mulut

B. Pencernaan

C. Pernafasan

D. Kulit

5) Seseorang yang menderita penyakit disentry salah satunya karna pembuangan sampah di wilayahnya tidak sempurna, Mekanisme penularan penyakit karna gas tersebut melalui…

A. Mulut

B. Pencernaan

C. Pernafasan

D. Kulit

Kunci Jawaban

1) c

2) d

3) a

4) c

5) b

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.