Soal Sampah Medis Dan B3

soal sampah medis dan B3

Soal Sampah Medis Dan B3 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sampah medis dan B3.

Soal dan Kunci Jawaban Soal Sampah Medis dan B3

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Limbah medis padat adalah limbah padat yang terdiri dari limbah infeksius, limbah patologi, limbah benda tajam, limbah farmasi, limbah sitotoksis, limbah kimiawi, limbah radioaktif, limbah kontainer bertekanan, dan limbah dengan kandungan logam berat yg tinggi.

Bacaan Lainnya

Jenis sampah medis Limbah Benda Tajam, adalah obyek atau alat yang memiliki sudut tajam, sisi, ujung atau bagian menonjol yang dapat memotong atau menusuk kulit seperti jarum hipodermik, perlengkapan intravena, pipet pasteur, pecahan gelas, pisau bedah dan lain-lain Sampah Benda tajam (Jarum suntik).

BACA JUGA:  Soal Konsep Keperawatan Gerontik

Limbah Infeksius, mencakup beberapa pengertian, Limbah infeksius adalah limbah yang berkaitan dengan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular (perawatan intensif) dan Limbah laboraturium yang berkaitan dengan pemeriksaan mikrobiologi dan poliklinik dan ruang perawatan / isolasi penyakit infeksius.

Limbah Jaringan Tubuh, meliputi organ, anggota badan, darah dan cairan tubuh biasanya dihasilkan pada saat pembedahan atau autopsi.

Limbah Sitotoksik, adalah bahan yang terkontaminasi atau mungkin terkontaminasi dengan obat sitotoksik selama peracikan, pengangkutan atau tindakan terapi citotoksik.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Salah satu sampah yang dihasilkan di rumah sakit adalah sampah citotoksik. Wadah/kantong plastik warna apakah yang digunakan untuk wadah citotoksik tersebut?

A. Ungu

B. Hitam

C. Merah

D. Kuning

2) Pada suatu rumah sakit, terdapat ruang radiologi yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan kesehatan pasien. Wadah/kantong plastik warna apakah yang digunakan untuk jenis sampah tersebut?

A. Ungu

B. Hitam

C. Merah

D. Kuning

BACA JUGA:  Soal Perencanaan Menu

3) Botol infus, bekas perban termasuk sampah infeksius dan berbahaya sehingga harus diletakan pada wadah khusus dan penganan khusus agar tidak menjadi sumber pencemar penyakit. Wadah/kantong plastik warna apakah yang digunakan untuk jenis sampah tersebut?

A. Ungu

B. Hitam

C. Merah

D. Kuning

4) Pengolahan limbah layanan kesehatan atau sampah medis dengan cara pembakaran suhu tinggi disebut …

A. Incenerasi

B. Desinfeksi kimia

C. Pengolahan termal basah

D. Pengolahan termal kering

5) Pengolahan limbah medis akan menimbulkan dampak, siapakah yang akan berisiko terhadap pengolahan sampah medis yang tidak baik …

A. Guru

B. Petugas kesehatan

C. Petugas TPA

D. Pemerintah setempat

Kunci Jawaban

1) A

2) C

3) D

4) A

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.