Soal Sanitary Landfill

soal sanitary landfill

Soal Sanitary Landfill – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sanitary landfill.

Soal dan Kunci Jawaban Sanitary Landfill

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sanitary Landfill adalah suatu sistem pengolahan sampah dengan mengandalkan areal tanah yang terbuka dan luas dengan membuat lubang bertempat sampah dimasukkan kelubang tersebut kemudian ditimbun, dipadatkan, diatas timbunan sampah tersebut ditempatkan sampah lagi kemudian ditimbun kembali sampai beberapa lapisan yang terakhir di tutup tanah setebal 60 cm atau lebih.

Bacaan Lainnya

Sanitary landfill merupakan sistem pemusnahan yang paling baik. Dalam metode ini, pemusnahan sampah dilakukan dengan cara menimbun sampah dengan cara menimbun sampah dengan tanah yang dilakukan selapis demi selapis.

Secara umum sistem Sanitary Landfill adalah sistem pemusnahan yang paling baik. Dalam menggunakan sistem tersebut ada beberapa metode yang dapat diterapkan, yaitu Metode Area, metode ini dapat diterapkan pada site yang relatif datar. Sampah membentuk sel – sel sampah yang saling dibatasi oleh tanah penutup. Setelah pengurugan akan membentuk slope.

Metode Slope/Ramp dimana sebagian tanah digali. Sampah kemudian diurug pada tanah. Tanah penutup diambil dari tanah galian. Setelah lapisan pertama selesai, operasi berikutnya seperti metode area.

BACA JUGA:  Soal Instalasi Epi Info dan EpiData

Metode parit (trench) dimana area yang ada digali, sampah ditebarkan dalamgalian, dipadatkan dan ditutup harian. Digunakan bila air tanah cukup rendah sehingga zone non – aerasi di bawah landfill cukup tinggi (>1,5m).

Metode pit/canyon/quarry, memanfaatkan cekungan tanah yang ada (misalnya bekas tambang). Pengurugan sampah dimulai dari dasar. Penyebaran dan pemadatan sampah seperti metode area.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Sanitary landfill adalah suatu sistem pengolahan sampah dengan mengandalkan areal tanah yang terbuka dan luas dengan membuat lubang bertempat sampah dimasukkan kelubang tersebut kemudian ditimbun, dipadatkan, diatas timbunan sampah tersebut ditempatkan sampah lagi kemudian ditimbun kembali. Berapa tinggi minimal lapisan yang terakhir di tutup tanah tersebut :

A. 20 cm

B. 40 cm

C. 60 cm

D. 80 cm

2) Salah satu metode sanitary landfill adalah dapat diterapkan pada site yang relatif datar. Sampah membentuk sel – sel sampah yang saling dibatasi oleh tanah penutup. Setelah pengurugan akan membentuk slope. Penyebaran dan pemadatan sampah berlawanan dengan kemiringan. Metode tersebut dinamakan …

A. Metode Area

B. Metode slope

C. Metode arit

D. Metode Pit

3) Salah satu dampak positif dengan adanya system sanitary landfill adalah :

A. Dapat menghasilkan lindi

B. Dapat menjadi lahan mata pencarian penduduk sekitar

BACA JUGA:  Soal Alat Pelindung Diri di Laboratorium

C. Dapat menghasilkan energy listrik dari gas yang ada

D. Dapat menjadi tempat wisata

4) Pengolahan sampah dengan sanitary landfill, merupakan salah satu cara pengolahan yang diterapkan pada TPA. Pada Sanitary landfill terdapat pipa-pipa yang dipasang, baik dipasang horizontal dibawah dimana pipa tersebut akan bermuara pada suatu bak penampungan, dan dilengkapi pipa vertikal mengarah ke atas (permukaan) TPA.  Apa fungsi utama pipa vertikal tersebut? 

A. Untuk mengalirkan air lindi (leachate)

B. Untukmengambilsampel air lindi (leachate)

C. Untuk mengurangi tekanan gas di dalam tumpukan sampah

D. Untuk mengalirkan gas metana yang dihasilkan dari sampah

5) Pada Sanitary landfill juga terdapat pipa-pipa yang dipasang, baik dipasang horizontal dibawah dimana pipa tersebut akan bermuara pada suatu bak penampungan, dan dilengkapi pipa vertikal mengarah ke atas (permukaan) TPA. Apa fungsi utama pipa horizontal tersebut? 

A. Untuk mengalirkan air lindi (leachate)

B. Untuk mengambil sampel air lindi (leachate)

C. Untuk mengurangi tekanan gas di dalam tumpukan sampah

D. Untuk mengalirkan gas metana yang dihasilkan dari sampah

Kunci Jawaban

1) c

2) a

3) c

4) d

5) a

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.