Soal Sarana dan Peralatan Pengolahan Sampah

soal sarana dan peralatan pengolahan sampah

Soal Sarana dan Peralatan Pengolahan Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sarana dan peralatan pengolahan sampah.

Soal dan Kunci Jawaban Sarana dan Peralatan Pengolahan Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Tempat pengumpulan Sampah (TPS) menurut Perturan Pemerintah  Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dapat berupa :Tersedia sarana untuk mengelompokkan sampah menjadi paling sedikit lima (lima) jenis sampah Luas lokasi dan kapasitas sesuai kebutuhanLokasinya mudah diakses. Tidak mencemari lingkungan dan Tempat Pengumpulan sampah sementara (TPS) dapat berbentuk lokasi tertutup atau dapat berupa container.

Bacaan Lainnya

Adapun persyaratan TPS adalah : Terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, tertutup, memiliki saluran pembuangan air sampah (lindi).

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk membuang sampah yang sudah menacapai tahap akhir dalam pengelolaan sampah yang dimulai dari pertamakali sampah dihasilkan, dikumpulkan, diangkut, dikelola dan dibuang.

BACA JUGA:  Soal Motivasi

TPA adalah tempat pengumpulan sampah yang merupakan lokasi yang harus terisolir secara baik sehingga tidak menyebabkan pengaruh negatif pada lingkungan sekitar TPA.

Tempat pewadahan memiliki jenis yang berbeda, sesuai dengan peruntukannya Kontainer kecil, kontainer plastik atau metal, biasanya digunakan pada sumber sampah yang relatif volumenya sedikit, seperti perumahan rumah tingkat yang rendah dan rumah-rumah industri kecilKantong kertas sekali pakai, biasanya digunakan pada rumah-rumah pribadi.

Kantong plastik sekali pakai, biasanya digunakan pada perumahan umum. Kontainer sedang, biasanya digunakan pada sampah yang relatif cukup besar volumenya. Tipe ini digunakan pada daerah permukiman padat, rumah tingkat yang tinggi, daerah perdagangan dan industri.

Kontainer besar , biasanya digunakan pada daerah-daerah yang memproduksi sampah perdagangan dengan volume yang tinggi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Sarana pengelolaan sampah yang dibutuhkan untuk melakukan pemusnahan sampah merupakan tanggung jawab siapa :

A. Masyarakat

B. Pengurus RT/RW

C. Petugas Kebersihan

D. Pemerintah Daerah

2) Pewadahan sampah yang ada pada masing-masing sumber sampah diantaranya mengindari keberadaan vektor penyakit, sesuai dengan syarat perwadahaan, yaitu:

BACA JUGA:  Soal Daftar Bahan Makanan Penukar (DBMP)

A. Kuat

B. Memilki penutup

C. Bentuk tidak konus

D. Tahan Lama

3) Berapa batas minimal keberadaan lalat yang ada di tempat pewadahaan sampah …

A. Lebih dari 2 ekor perblok grill

B. Kurang dari 2 ekor perblok grill

C. Lebih dari 20 ekor perblok grill

D. Kurang 20 ekor perblok grill

4) Peralatan pengangkut sampah dibutuhkan untuk memindahkan sampah dari sumber sampah atau dari Tempat Penampungan Sampah (TPS) ke TPA, berapa syarat tinggi maksimal kendaraan sampah yang diperbolehkan …

A. Maksimum 2 M

B. Minumim 2 M

C. Maksimum 1,6 M

D. Minimun 1,6 M

5) Sampah yang terdapat pada Pasar tradisional membutuhkan tempat pengumpulan sampah atau container, container yang cocok digunakan adalah :

A. Kontainer Besar

B. Kontainer Sedang

C. Kontainer Kecil

D. Kontainer Angkat

Kunci Jawaban

1)  d

2)  b

3)  b

4)  c

5) a

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.