Soal Tahapan Pengelolaan Sampah

soal tahapan pengelolaan sampah

Soal Tahapan Pengelolaan Sampah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi tahapan pengelolaan sampah.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Tahapan Pengelolaan Sampah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengelolaan sampah adalah tindakan-tindakan yang dilakukan terhadap sampah padat, dimulai dari tahap pengumpulan di tempat sumber, pengangkutan penyimpanan, pengolahan pendahuluan serta tahap pengolahan akhir yang berarti pembuangan atau pemusnahan sampah.

Bacaan Lainnya

Phase Storage (Pewadahan) Pewadahan sampah adalah upaya untuk menampung sampah sementara setelah sampah dihasilkan pada setiap sumber atau penghasil sampah pada tempat sampah sebelum sampah dikelola lebih lanjut. Tempat sampah adalah tempat untuk menyimpan sampah sementara setelah sampah dihasilkan, yang harus ada pada setiap sumber/penghasil sampah, seperti rumah tangga, kantor-kantor, penginapan, jalan, terminal, pasar dan lain-lain sebelum sampah di kelola lebih lanjut.

Phase Collecion (Pengumpulan)Pengangkutan sampah adalah kegiatan operasional yang dimulai dari titik pengumpulan terakhir dari suatu siklus pengumpulan sampai ke TPA.

Pengangkutan sampah menurut UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah merupakan bagian dari penanganan sampah.

Phase Disposal (pemusanahan sampah), Sampah-sampah yang berasal dari TPS-TPSatau dari transfer station dikumpulkan dalam satu lokasi yang disebut. Tempat pembuanagn akhir sampah (TPA). Pada TPA ini kegiatan yang dilakukan adalah pengolahan dan pemusnahan sampah. Pengolahan dan pemusnahan sampah yang dilakukan di TPA bervariasi tergantung jenis sampah yang dimusnahkan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Transfer Station, merupakan tempat sementara sampah diletakan sebelum dimusnahkan di TPA, tetapi pada tempat ini diberikan perlakuan seperti pemilahan kembali sampah-sampah yang dapat digunakan kembali atau sampah dikompress/dipadatkan untuk mengurangi kadar air. Pada sistem pengelolaan sampah, Transfer Stationter maksud pada fase apa?

A. Pewadahan/Storage

B. Pengumpulan/Collection

C. Pemindahan & Pengangkutan/Transport &Transfer

D. Pemusnahan/disposal

2) Pada permukiman penduduk kebiasaan yang masih belum berubah dimana pada suatu rumah sampah masih tercampur antara organik dan anorganik. Jika Saudara diminta untuk mengidentifikasi masalah tersebut berdasarkan tahapan pengelolaan sampah, pada tahapan apakah masalah itu terjadi?

A. Pewadahan/Storage

B. Pengumpulan/Collection

C. Pemindahan &Pengangkutan/Transport & Transfer

D. Pemusnahan/Disposal

3) Sanitary landfill merupakan teknik pengolahan sampah yang diterapkan pada sistem pengelolaan sampah tahapan apa?

A. Pewadahan/Storage

B. Pengumpulan/Collection

C. Pemindahan & Pengangkutan/Transport & Transfer

D. Pemusnahan/Disposal

4) Salah satu pasar tradisional memiliki TPS yang kuat, kedap air dan memiliki penutup dengan kapasitas 3 M3 dengan rata-rata timbulan sampah adalah 0,5M3/hari. Pengangkutan sampah dari TPS ke TPA dilakukan 1 minggu 1 kali, sehingga terjadi penumpukan sampah di TPS. Permasalahan tersebut tersebut terjadi pada tahapan pengelolaan sampah apa?

A. Pewadahan/Storage

B. Pengumpulan/Collection

C. Pemindahan & Pengangkutan/Transport & Transfer

D. Pemusnahan/Disposal

5) Pada tahapan pengumpulan sampah (phase Collection), sampah yang ada di tampung dalam wadah/kontainer yang lebih besar, agar TPS dapat menampung semua sampah, syarat TPS adalah….

A. Besar

B. Kuat

C. Bagus

D. Kedap air

Kunci Jawaban

1)  c

2)  a

3)  d

4)  c

5)  b

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *