Soal Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi

soal upaya menanggulangi arus urbanisasi

Soal Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang upaya menanggulangi arus urbanisasi.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Modernisasi dan Globalisasi tidak bisa ditolak dan telah terjadi di Indonesia. Adapun upaya nyata untuk dapat menjawab tantangan globalisasi bidang budaya adalah adalah dengan memperkuat budaya sendiri sebagai jatidiri dan menyaring budaya asing yang masuk untuk diadaptasikan dan dilaksanakan sesuai dengan kepribadian bangsa.

Dampak globalisasi terhadap bangsa, tergantung pada kita menyikapinya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Identitas Nasional Bangsa Indonesia sudah mulai tergeser oleh Globalisasi kebaratan, moral dan etika bangsa yang ketimuran semakin hari juga semakin terkikis.

Bagi suatu bangsa sangatlah penting untuk mempertahankan kebudayaan sebagai identitas agar kita tetap memiliki rasa bangga dan kepercayaan diri dihadapan bangsa lain.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Mengapa sikap terbuka (open ended) merupakan langkah awal dalam menerima arus positif masuknya globalisasi?

2. Mengapa kita harus bersikap postif dan selektif, dalam menerima arus globalisasi yang masuk? Jelaskan alasan ananda!

3. Apa yang harus dilakukan suatu masyarakat atau bangsa agar mampu mengikuti kemajuan zaman tanpa harus kehilangan identitas budaya mereka?

4. Apakah pembangunan yang dilaksanakan setiap negara termasuk dalam proses modernisasi? Jelaskan alasan ananda!

5. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang diharapkan mampu menjadi tameng yang kuat dalam menyikapi arus globalisasi. Bagaimana menurut pendapat Ananda?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Open ended dan sifat terbuka merupakan hal positif dalam menerima arus globalisasi, karena segala perubahan kearah yang baik, di perlukan adanya kesediaan terbuka dan mau menerima bentuk bentuk perubahan baru, yang tentunya kearah yang lebih baik, lebih maju, lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2. → Pembahasan: Kita harus bersifat selektif karena semua budaya dan teknologi informasi yang masuk ke Indonesia belum tentu sesuai dengan unsur-unsur dan nilai tatanan masyarakat kita. Hanya budaya yang mempunyai sisi positif dan nilai kemajuan masyarakat yang bisa kita terima menjadi arus perubahan dan globalisasi.

3. → Pembahasan: Kemajuan zaman tetap harus dilakukan sebagai bentuk dari perubahan kearah yang lebih maju dan baik, namun kita tidak harus kehilangan jatidiri dan identitas sebagai bangsa. Hal ini kita lakukan dengan tetap memperkuat budaya lokal sebagai budaya dan jatidiri kita, meskipun banyak budaya asing masuk, budaya kita juga tidak kalah dengan budaya yang datang dari luar.

4. → Pembahasan: Proses pembangunan di suatu bangsa merupakan upaya modernisasi, karena proses pembangunan di lakukan secara terencana untuk mencapai sutau tujuan tertentu yang mana tujuan tersebut pasti kearah yang lebih baik. Selain ada perencanaa, pembangunan juga merupakan perwujudan dari cita cita dari masyarakat/bangsa untuk mnjadi masyarakat yang lebih maju.

5. → Pembahasan: Pancasila menjadi tameng yang kuat dalam menjaga arus globalisasi, karena Pancasila merupakan jatidiri bangsa Indonesia. Pancasila telah digali dari nilai-nliai luhur bangsa yang sudah menjadi kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga globalisasi harus tetap di saring dan di sesuaikan dengan Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.