Soal Sebab dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya

soal sebab dan pengertian perubahan sosial budaya

Soal Sebab dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang sebab dan pengertian perubahan sosial budaya.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Sebab dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Perubahan sosial dan Kebudayaan adalah fenomena wajar dan terjadi secara terus menerus dalam kehidupan manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih sesuai dengan kebutuhan zaman. Perubahan terjadi karena secara alamiah karena manusia berkembang dan berubah mengatasi permasalahan yang diterimanya

Perubahan sosial budaya disebabkan oleh sifat alamiah manusia yang ingin terus berubah. Perubahan sosial budaya juga terjadi karena pertama populasi manusia terus bertambah dan memerlukan perubahan untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya, kedua adanya kebutuhan suatu kelompok manusa bersaing dengan kelompok lain dalam mengakses sumber daya alam yang terbatas, dan ketiga penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar dan menyebabkan perubahan sosial di masyarakat yang mengadopsinya

Perubahan sosial lebih mudah terjadi daripada perubahan kebudayaan. Kehidupan sosial masyarakat mudah berubah karena selalu menghadapi hal-hal baru yang membutuhkan penyelesaian.

Kebudayaan memiliki sifat yang lebih sulit berubah karena berisi nilai-nilai dan aturan tidak tertulis yang dianut dan dipegang teguh oleh seluruh masyarakat.

Agar dapat dikatakan menjadi perubahan budaya, seluruh anggota masyarakat, laki-perempuan, tua muda harus dapat menerima kebutuhan untuk berubah dan melakukan perubahan atas nilai dan norma yang dianutnya secara sukarela

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan apa saja hal yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan!

2. Berikan dua contoh perubahan sosial akibat pertambahan populasi!

3. Berikan dua contoh perubahan sosial akibat kebutuhan bersaing dengan masyarakat lain!

4. Berikan satu contoh perubahan sosial akibat penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar kepada masyarakat!

5. Jelaskan mengapa perubahan kebudayaan lebih sukar terjadi daripada perubahan sosial!

BACA JUGA:  Soal Hukum dan Perundang-undangan Anak

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

3 sebab terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan:

  • Populasi mansia bertambah dan kehidupan menjadi kompleks sehingga terjadilah perubahan sosial
  • Kelompok manusia bersaing dengan kelompok lain dalam mengakses sumber daya alam yang terbatas. Perubahan sosial budaya dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan dengan kelompok masyarakat lain
  • Perubahan sosial budaya terjadi karena penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar diantara masyarakat

2. → Pembahasan:

2 contoh perubahan sosial akibat pertambahan populasi:

  • Pertambahan populasi manusia di perkotaan membuat rumah tinggal yang semula melebar sejajar tanah, kini dibuat berusun ke atas (contoh apartemen dan rumah susun).
  • Pertambahan populasi manusia di pinggiran kota membuat ruang kosong yang semula digunakan untuk bermain anak habis untuk pemukiman dan industri. Anak harus disediakan lokasi lokasi bermain khusus agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas akibat keramaian jalan.

3. → Pembahasan:

2 Contoh perubahan sosial dalam masyarakat akibat kebutuhan bersaing dengan masyarakat lain:

  • Perdagangan online adalah aktifitas jual beli modern. perdagangan online membuat suatu negara akan tertinggal bila mengandalkan transaksi jual beli konvensional. Peningkatan dan pembangunan fasilitas jaringan internet hingga ke desa-desa merupakan aktifitas yang akan menimbulkan perubahan sosial budaya. Perubahan ini penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain
  • Pembangunan pabrik alat persenjataan modern, galangan kapal, perakitan kereta api adalah upaya Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain.

4. → Pembahasan:

2 Contoh perubahan sosial akibat adanya penemuan ide, praktek dan teknik baru

  • Smartphone adalah alat yang dapat membuat komunikasi dan pencarian informasi berlangsung lebih lancar, praktis dan murah. Penemuan smartphone membuat masyarakat Indonesia ikut mengadopsinya. Sebagai akibatnya keberadaan jaringan internet, listrik dan penyedia pulsa diperlukan hingga ke desa desa.
  • Sepeda motor matic injeksi adalah sepeda motor yang efisien, praktis dan mudah digunakan siapapun. Masyarakat Indonesia sangat menyukai dan tertarik membeli sepeda motor matic injeksi ini. Hal ini membuat terjadinya perubahan sosial, wanita-wanita di pelosok desa mendapatkan kemerdekaan berpergian dengan menggunakan motor matic injeksi. Mereka tidak lagi tergantung pada laki-laki yang mengantarnya dengan sepeda motor biasa.

5. → Pembahasan: Kehidupan sosial lebih mudah berubah karena masyarakat selalu menghadapi hal-hal baru yang membutuhkan penyelesaian. Kebudayaan memiliki sifat yang lebih sulit berubah karena berisi nilai-nilai dan aturan tidak tertulis yang dianut dan dipegang teguh oleh seluruh masyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.