Soal Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

soal perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia

Soal Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Setelah proklamasi kemerdekaan, Kedatangan sekutu awalnya disambut terbuka oleh pihak Indonesia. Namun setelah diketahui bahwa pasukan Sekutu tersebut diboncengi NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang dengan terang-terangan ingin menegakkan kembali kekuasaan Hindia Belanda, maka sikap rakyat Indonesia pun berubah menjadi curiga dan bermusuhan dan tambah memanas setelah NICA mempersenjatai kembali orang-orang KNIL yang baru dilepaskan dari tahanan Jepang. Maka terjadi insiden-insiden pertempuran dengan pihak RI.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa tujuan AFNEI datang ke Indonesia?

2. Jelaskan sebab terjadinya pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya !

3. Jelaskan dampak perundingan Renville bagi Tentara Nasional Indonesia !

4. Jelaskan arti pentingnya serangan umum 1 Maret 1949 bagi Bangsa indonesia di mata Internasional !

5. Sebutkan isi pokok dari hasi Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Tujuan AFNEI datang ke Indonesia adalah:

  • Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang.
  • Melucuti tentara Jepang dan memulangkannya.
  • Mengurus tentara sekutu yang ditawan Jepang.
  • Memelihara ketertiban dan keamanan supaya pelaksanaan tugas berjalan lancar.
  • Menghimpun keterangan tentang penjahat perang dan menuntut mereka di depan pengadilan sekutu.

2. → Pembahasan: Sebab terjadinya pertempuran 10 Nopember 1945 adalah terbunuhnya Brigjen A.W.S. Mallaby di Surabaya pada tanggal 28 Oktober 1945 terjadi pertempuran antara rakyat Surabaya. Kemudian sekutu di bawah pimpinan Mayjen R.C Mansergh mengeluarkan ultimatum, agar semua orang yang bersenjata menyerahkan diri pada tanggal 9 November 1945 sebelum pukul 18.00. Jika ultimatum tidak dipenuhi, Sekutu akan menyerang Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Karena ultimatum tersebut tidak dihiraukan, karena semangat kemerdekaan sudah menjadi darah rakyat di Surabaya.

3. → Pembahasan: Dampak perundingan Renville bagi Tentara Nasional Indonesia adalah Tentara Indonesia di daerah Belanda (daerah kantong) harus dipindahkan ke wilayah RI.

4. → Pembahasan: Arti pentingnya serangan umum 1 Maret 1949 bagi Bangsa Indonesia di mata Internasional adalah dengan adanya serangan umum 1 maret mampu membuka mata Internasional bahwa RI masih eksis dan ini mengundang simpati para pemimpin negara federal bentukan Belanda.

Mengubah sikap Amerika Serikat untuk berbalik menekan Belanda. menjadi dasar bagi para diplomat RI dan negara pendukung RI untuk membawa persoalan Indonesia ke forum PBB.

5. → Pembahasan: Isi pokok dari hasi Konferensi Meja Bundar adalah Belanda menyerahkan kedaulatannya kepada Indonesia tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali kepada RIS paling lambat tanggal 30 Desember 1949. Indonesia berbentuk negara serikat dan merupakan sebuah uni dengan Belanda. Segala hak dan kewajiban Belanda di Indonesia diterima dan dibebankan kepada Indonesia. RIS dengan Belanda akan membentuk uni Indonesia-Belanda yang di ketuai oleh Ratu Belanda.Permasalahan Irian Barat masih merupakan daerah perselisihan dan akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.