Soal Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

soal peristiwa proklamasi kemerdekaan

Soal Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Berita penyerahan Jepang pada sekutu menumbuhkan harapan kuat di kalangan para pejuang Indonesia, terutama di Jakarta, untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu para pejuang segera melakukan tindakan tertentu dalam rangka mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Para pejuang kemerdekaan dari golongan tua dan golongan muda saling merapatkan barisan untuk mencapai tujuan bersama, yakni kemerdekaan.

Kemerdekaan yang kita raih bukan merupakan pemberian dari bangsa lain, tetapi merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pada awal kemerdekaan, para pejuang berusaha mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan agar tidak dikuasai oleh Sekutu lagi.

Sebagai generasi muda hendaknya kita meneladani patriotisme para pahlawan. Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan belajar giat dan melaksanakan pembangunan sebaik mungkin.

Setelah dibacakan teks proklamasi, maka telah lahir Republik Indonesia. Suatu peristiwa yang bersejarah bagi bangsa Indonesia telah terjadi.

Peristiwa yang sangat lama dinantikan oleh segenap lapisan masyarakat, tetapi membutuhkan pengorbanan yang tidak ternilai harganya.

Meskipun kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan tetapi Negara Indonesia belum memiliki kelengkapan pemerintahan. Padahal alat kelengkapan negara tersebut merupakan hal yang mutlak untuk menjamin kehangsungan negara. Maka pada tanggal 18 agustus 1945 dibentukanlah alat kelengkapan negara dan departemen pemerintahan.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan 2 alasan para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?

2. Jelaskan Latar belakang penyebab timbulnya peristiwa Rengasdengklok!

3. Mengapa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dialihkan dari lapangan Ikada ke  jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta ?

4. Mengapa Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi?

5. Sebutkan 3 hasil keputusan sidang pertama PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Alasan para pemuda mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia yakni:

  • Kesempatan emas saat vacuum of power, Jepang sudah menyerah kepada sekutu harus di manfaatkan untuk proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanpa melalui sidang PPKI.
  • Kemerdekaan tanpa harus menunggu ijin dari Jepang, supaya proklamasi ini hasil perjuangan sendiri, bukan hadiah dari Jepang.

2. → Pembahasan: Latar belakang penyebab timbulnya peristiwa Rengasdengklok adalah adanya perbedaan pendapat antara Golongan Tua (Sukarno dkk) dengan Golongan Muda tentang waktu pelaksanaan Proklamasi. Golongan Muda minta segera proklamasi di laksanakan, tanpa menunggu rapat PPKI dan ijin dari Jepang.

3. → Pembahasan: Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dialihkan dari lapangan Ikada ke jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, karena menghindari pertumpahan darah dan bentrok fisik dengan tentara Jepang. Karena meskipun Jepang telah menyerah pada Sekutu, mereka masih mempunyai pasukan lengkap dengan persenjataannya. Jepang berkewajiban menjaga status quo terhadap wilayah Indonesia.

4. → Pembahasan: Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi, karena meskipun sebagai Jenderal Angkatan Laut Jepang, dia mempunyai kecenderungan untuk mendukung kemerdekaan Indonesia, dan melindungi tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

5. → Pembahasan:

Hasil keputusan sidang pertama PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945:

  • Mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara
  • Memilih Sukarno – Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
  • Membentuk Komite Nasional Indonesia (KNIP) untuk membantu tugas presiden

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.