Soal Penyusunan dan Pembuatan Rencana Bisnis

soal penyusunan dan pembuatan rencana bisnis

Soal Penyusunan dan Pembuatan Rencana Bisnis – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penyusunan dan pembuatan rencana bisnis.

Soal dan Kunci Jawaban Penyusunan dan Pembuatan Rencana Bisnis

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pada saat menyajikan rencana usaha kepada para investor maupun para kreditor, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan/ pengusaha/ wirausahawan adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. Usahakan rencana bisnis yang disusun tidak terlalu tebal tetapi lengkap, artinya mencakup berbagai informasi yang dibutuhkan oleh evaluator baik dari pihak investor maupun kreditor untuk melakukan pengambilan keputusan. Uraian lebih rinci sebaiknya dibuat dalam bentuk lampiran. Disarankan agar tebal rencana bisnis tidak lebih dari 50 halaman.
  2. Penampilan rencana bisnis harus dibuat menarik karena investor dan kreditor akan memperoleh kesan pertama terhadap perusahaan yang sedang mencari pendanaan dari penampilan rencana bisnis yang diajukan kepada mereka.
  3. Sampul depan rencana bisnis harus memuat nama perusahaan, alamat, nomor telpon perusahaan, dan bulan serta tahun rencana bisnis dikeluarkan. Hal tersebut untuk memudahkan calon investor atau kreditor melakukan komunikasi dengan perusahaan atau pada saat mereka memberikan jawaban balasan terhadap rencana bisnis yang disampaikan perusahaan. Pada bagian dalam dari sampul, harus dituliskan jumlah salinan/ copy bisnis yang diedarkan. Hal ini akan memberi kesan kepada calon investor maupun kreditor bahwa mereka adalah pihak yang diprioritaskan oleh perusahaan dalam memperoleh penawaran rencana bisnis.
  4. Rencana bisnis yang baik harus mencantumkan ringkasan eksekutif (executive summary) yang dapat disampaikan dalam 2-3 halaman yang memuat penjelasan mengenai keadaan usaha saat ini. Ringkasan tersebut dapat berisi produk dan jasa yang dihasilkan, manfaat produk bagi pelanggan, ramalan keuangan, tujuan perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun), jumlah dana yang dibutuhkan, serta manfaat yang akan diterima oleh investor.
  5. Penyusunan rencana bisnis harus diorganisasikan dengan baik. Rencana usaha yang baik akan mencantumkan risiko utama dari suatu bisnis yang akan dijalankan.
  6. Selamat! Anda telah mampu menyusun rencana bisnis yang mantap dan baik, bila Anda mengikuti langkah – langkah dalam topik ini. Kami berharap Anda menikmati seluruh prosesnya, karena bila kami harus menduga hasilnya, Anda memahami bisnis Laboratorium Kesehatan jauh lebih baik sekarang ini. Semoga Anda beruntung dalam usaha Anda!

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Analisis hasil prestasi kegiatan pemasaran
  2. Penerapan strategi pemasaran
  3. Penentuan tujuan pemasaran
  4. Penyusunan program pemasaran
  5. Penyusunan anggaran pemasaran
  6. Penetapan target pemasaran
  7. Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman dalam bidang pemasaran

Yang merupakan urutan-urutan langkah – langkah penyusunan perencanaan pemasaran yang benar adalah …

A. 1,2,3,4,5,6,7

B. 1,7,4,3,2,6,5

C. 1,7,3,2,5,6,4

D. 1,7,4,2,3,6,5

2) Kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman merupakan salah satu metode analisis yaitu …

A. Manajemen

B. SWOT

C. POAC

D. Peluang

3) Unsur – unsur manajemen yang paling utama dan pertama adalah …

A. Money

B. Man (Manusia)

C. Mesin

D. Market

4) Mana yang termasuk dari melakukan analisis potensi pasar…

A. Menciptakan produk baru yang disenangi konsumen

B. Memperbaiki penampilan produk

C. Menemukan potensi pasar yang menguntungkan

D. Keuangan dapat dijamin keberhasilannya

5) Yang termasuk hasil dari analisis masalah aspek produk terhadap resiko – resikonya adalah …

A. Resiko terhadap daya saing produk yang sejenis di pasar dan modelnya

B. Adanya dampak yang disukai pelanggan

C. Manfaat produk yang disukai pelanggan

D. Harga produk yang disukai konsumen

6) Didalam menganalisis aspek pelanggan, wirausaha harus menitikberatkan pada …

A. Manfaat produk yang disukai pelanggan

B. Keuangan pelanggan

C. Jarak tempuh pelanggan

D. Semua jawaban benar

7) Yang dimaksud strategi adalah …

A. Apa yang ingin dicapai perusahaan

B. Pengertian atau gambaran suatu usaha

C. Tujuan usaha untuk masa yang akan datang

D. Arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha

8) Kepanjangan dari SWOT adalah …

A. Strength, Willinger, Opportunity, Threats

B. Strength, Weakness, Opportunity, Threats

C. Strength, Weakness, Out Flow, Threats

D. Strong, Willinger, Out Flow, Times

9) Yang termasuk pada faktor lingkungan eksternal dalam pendirian usaha adalah …

A. Sumber daya finansial

B. Teknologi

C. Pemasok

D. Semua jawaban benar

10) Penyusunan kebutuhan peralatan perusahaan yang tepat akan memberikan bantuan yang besar kepada …

A. Efisiensi terhadap kegiatan usaha

B. Besarnya keuntungan perusahaan

C. Daya tahan peralatan

D. Baik tidaknya perusahaan

Kunci Jawaban

  1. B
  2. B
  3. D
  4. C
  5. A
  6. D
  7. D
  8. B
  9. B
  10. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. ATLM Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *