Soal Peradaban Awal Masyarakat Dunia

soal peradaban awal masyarakat dunia

Soal Peradaban Awal Masyarakat Dunia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.11 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang peradaban awal masyarakat dunia.

Rangkuman Materi Peradaban Awal Masyarakat Dunia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Peradabah mesopotamia terdiri dari 3 peradaban yaitu peradaban lembah sungai Indus, peradaban lembah sungai Huang Ho dan peradaban  lembah sungai eufrat dan tigris (mesopotamia).

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kebudayaan India Kuno berpusat di Mohenjo Daro dan Harappa terletak di daerah…

A. Lembah Sungai Gangga

B. Lembah Sungai Indus

C. Lembah Sungai Yamuna

D. Lembah Sungai Brahmana Putra

E. Dataran Tinggi Dekan

2. Ajaran yang mengajarkan manusia untuk menerima nasib, suka, duka, bahagia, bencana adalah sama, merupakan ajaran filsafat oleh …

A. Meng-Tze

B. Kong Fu Tze

C. Lao Tse

D. Chung Yung

E. Ta-hsueh

3. Pada masa Dinasti Tang pernah mencapai puncak kejayaan ditandai banyak bermunculan para penyair dan seniman dan pelukis, yaitu pada masa kekuasaan …

BACA JUGA:  Soal Sejarah Sebagai Kisah dan Seni

A. Li Shih Min

B. Shih Huang Ti

C. Han Wu Ti

D. Chao Kuang Yin

E. Liu Pang

4. Di bawah ini bukan merupakan peninggalan peradaban Babylonia Baru adalah …

A. Taman Bergantung

B. Istana

C. Ziggurat

D. Kuil Maduk

E. Menara babel

5. Ajaran konfucianisme adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan. Ajaran ini dikembangkan oleh….

A. Meng Tse

B. Lao Tse

C. Kon Fu Tse

D. Tao Tse

E. Meng Ste

6. Bangsa Sumeria percaya pada banyak dewa, banyak Dewa, diantaranya dewa udara, langit, bumi, dan lautan. Percaya pada banyak dewa disebut dengan Istilah,..

A. Atheisme

B. Trimurti

C. Animisme

D. Dinamisme

E. Politeisme

7. Bangsa Babilonia di bawah pimpinan Hammurabi dikenal sebagai pemimpin yang efisien, terkenal dengan hukum yang disusunnya, dan menciptakan stabilitas di kawasan yang telah lama megalami masa pergolakan. Hukum yang digunakan pada masa itu adalah …

A. Hukum Pitagoras

B. Hukum Meng Tze

C. Hukum Awil Marduk

D. Hukum Hamuurabi

E. Hukum pengkalenderan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Peradaban lembah sungai Indus adalah peradaban yang paling tinggi dibanding dengan peradaban lainnya. Kebudayaan tersebut tepatnya berpusat di Mohenjo Daro dan Harappa. Bekas reruntuhannya menunjukkan tata kota yang sudah teratur dan memenuhi kriteria kesehatan yang baik.
  2. C → Pembahasan: Lao Tse adalah Ajaran yang mengajarkan manusia untuk menerima nasib, suka, duka, bahagia, bencana adalah sama. Ajaran ini dipegang teguh oleh masyarakat Cina turun temurun.
  3. A → Pembahasan: Dinasti Tang mencapai kejayaan pada masa kekuasaan Li Shih Min. Salah satu bukti kejayaannya adalah pada bidang seni syair dan seni lukis terdapat seniman-seniman yang terkenal seperti Li Tai Po, Tu Fu, dan Wang Wei.
  4. A → Pembahasan: Istana, Ziggurat, Kuil Maduk, Menara babel adalah beberapa hasil Peninggalan peradaban Babylonia Baru.
  5. C → Pembahasan: Kon Fu Tse adalah salah satu tokoh filsafat cina yang terkenal dengan ajaran konfucianisme. Konfucianisme adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan.
  6. E → Pembahasan: Politheisme adalah percaya kepada banyak dewa. Bangsa Sumeria mempercayai banyak dewa, seperti dewa udara, langit, bumi, dan lautan. Pusat keagamaan mereka berada di kota Nippur.
  7. D → Pembahasan: Kerajaan Babilonia pernah mengalami masa ketenangan dan kejayaan dengan diberlakukannya Undang0undang Hammurabi. di bawah pimpinan Hammurabi. Hammurabbi adalah pemimpin yang bijak, menerapkan pemerintahan yang efisien, terkenal dengan hukum yang disusunnya, dan menciptakan stabilitas di kawasan yang telah lama megalami masa pergolakan.
BACA JUGA:  Soal Arti Penting Proklamasi dan Pengakuan Kemerdekaan Indonesia Oleh Negara Lain

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.