Soal Peran Tokoh-Tokoh Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

soal peran tokoh-tokoh nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia

Soal Peran Tokoh-Tokoh Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Sejarah Indonesia Kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang peran tokoh-tokoh nasional dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Rangkuman Materi Peran Tokoh-Tokoh Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Peranan Soekarno dalam memperjuangankan kemerdekaan Indonesia antara lain sebagai pendiri Algemeene Studie Club yang menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia yang banyak mengajarkan pemikiran mengenai kemerdekaan, Masa kemerdekaan, Soekarno sebagai penggagas dasar negara yakni Pancasila pada sidang BPUPKI sebagai ketua Panitia Sembilan yang kemudian menghasilkan Piagam Jakarta yang selanjutnya ditetapkan menjadi pembukaan UUD, sebagai tokoh yang merumuskan teks proklamasi dan yangmembacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 serta sebagai sebagai ketua PPKI.

Bacaan Lainnya

Mohammad Hatta, lahir di Minangkabau Sumatera Barat. Dikenal sebagai pejuang yang berkomitmen pada demokrasi, di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi. Banyak berperan dalam masa organisasi pergerakan nasioanl dan seputar kemerdekaan. Hattajuga sebagai salah satu perumus naskah Proklamasi dan yang ikut bertkalian tangan di naskah Proklamasi.

Sejak mahasiswa, Achamd Soebardjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belkalian. Dia juga berperan dalam membawa Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok serta turut menyusun naskah Proklamasi.

Peranan Sutan Sjahrir adalah sebagai motor penggerak organisasi pergerakan pemuda. Sjahrir aktif di Organisasi Pemuda Indonesia, Perhimpunan Indonesia di Belkalian, dan di Partai Nasional Indonesia. Masa kemerdekaan Sjahrir juga yang memimpin golongan pemuda dan mendesak Soekarno – Hatta untuk segera memproklamirkan kemrdekaan. Pasca kemerdekaan juga berperan sebagai Perdana Menteri dan perwakilan Indonesia di PBB.

Moh. Yamin juga merupakan tokoh pergerakan nasiona. Pemikiran-pemikiran Moh. Yamin memberi sumbangsih besar terhadap Indonesia. Yamin tergabung pula dalam anggota BPUPKI dan dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia.

Suwardi Suryaningrat, dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara berperan besar dalam dunia pendidikan Indonesia Tokoh yang aktif dalam pergerakan sosial dan politik. Pendiri Taman Siswa dan aktif sebagai penulis dan wartawan. Bersama Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo dikenal sebagai Tiga Serangkai. Tokoh yang aktif dalam pergerakan sosial dan politik. Pendiri Taman Siswa dan aktif sebagai penulis dan wartawan. Bersama Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo dikenal sebagai Tiga Serangkai.

BACA JUGA:  Soal Perkembangan Bangsa Indonesia Pada Masa Demokrasi Liberal

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Setelah tamat dari sekolah Hogere Burber School di tahun 1915, Soekarno selanjutnya tinggal bersama teman dari ayahnya yang juga dikenal pendiri Serikat Islam. Saat dirumah tokoh tersebut, Soekarno yang masih muda pun mulai belajar dalam bidang politik, tokoh yang dimaksud adalah…

A. Hos Tjokroaminoto

B. Mohammad Hatta

C. Mohammad Yamin

D. Ahmad Soebardjo

E. Tjipto Mangunkusumo

2. Beliau adalah negarawan sekaligus tokoh ekonomi Indonesia, lahir di Bukit Tinggi, 12 Agustus 1902 bersama Soekarno, beliau memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, beliau mendapat julukan ‘Bapak Koperasi’ tokoh yang dimaksud adalah ….

A. Soekarno

B. Mohammad Hatta

C. Mohammad Yamin

D. Sutan Sjahrir

E. Ki Hajar Dewantara

3. Perhatikan tokoh dibawah ini!

(1) Ir. Soekarno

(2) Mohamad Hatta

(3) KH Mas Mansur

(4) Suwardi Suryaningrat

(5) Cipto Mangunkusumo

(6) Mohammad Yamin

Dari tokoh diatas yang merupakan tokoh yang termasuk 4 serangkai yang menjadi peminpin PUTERA pada masa penjajahan jepang ditunjukan pada nomor….

A. (1), (2), (3) dan (4)

B. (1), (2), (3) dan (5)

C. (2), (3), (4) dan (5)

D. (2), (3), (4) dan (6)

E. (3), (4), (5) dan (6)

4. Tokoh ini merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Hkalianyani, adalah qoute terkenal dari Beliau, lebih terkenal dengan sebutan  Ki Hajar Dewantara, tokoh yang dimaksud adalah …

A. Mohammad Hatta

B. Tjipto Mangunkusumo

C. Suwardi Suryaningrat

D. Mohammad Yamin

E. Soekarno

5. Perhatikan tokoh dibawah ini!

(1) Ir. Soekarno

(2) Mohamad Hatta

(3) Ernest Doewes Dekker

(4) Suwardi Suryaningrat

(5) Cipto Mangunkusumo

Dari tokoh di atas yang merupakan tokoh yang dikenal dengan Tiga Serangkai yang diasingkan di negeri Belkalian oleh pemerintah kolonial, ditunjukan pada nomor….

A. (1), (2), (3)

B. (1), (3), (5)

BACA JUGA:  Soal Ciri, Agenda dan Proses Terjadinya Reformasi dan Kronologi Terjadinya Suksesi Politik

C. (2), (3), (4)

D. (2), (3), (5)

E. (3), (4), (5)

6. Pada masa kolonial, tokoh ini aktif dalam gerakan organisasi pemuda. Pada masa Jepang menempuh jalur perjuangan ‘Bawah Tanah’ dan Perdana Menteri Indonesia pasca kemerdekaan. Tokoh yang dimaksud adalah …

A. Mohammad Yamin

B. Mohammad Hatta

C. Soekarno

D. Sutan Sjahrir

E. Suwardi Suryaningrat

7. Sejak mahasiswa, tokoh ini aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui beberapa organisasi seperti Jong Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belkalian. Dia juga berperan dalam membawa Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok serta turut menyusun naskah Proklamasi. Tokoh yang dimaksud adalah …

A. Mohammad Yamin

B. Mohammad Hatta

C. Soekarno

D. Sutan Sjahrir

E. Achmad Soebardjo

8. Pemikiran-pemikiran beliau memberi sumbangsih besar terhadap Indonesia. Beliau tergabung dalam BPUPKI dan dikenal sebagai salah satu dari 3 tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia. Tokoh yang dimaksud adalah …

A. Mohammad Yamin

B. Mohammad Hatta

C. Soekarno

D. Sutan Sjahrir

E. Suwardi Suryaningrat

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. A → Pembahasan: Hos Tjokroaminoto, adalah tokoh yang banyak mengajarkan Soekarno dalam hal politik. melalui Hos Tjokroaminoto Soekarno aktif dalam berbagai organisasi pergerakan nasional.
  2. B → Pembahasan: Mohammad Hatta adalah tokoh yang merintis keberadaan koperasi di Indonesia, sehingga diberi julukan Bapak Koperasi Indonesia.
  3. C → Pembahasan: Tokoh Empat Serangkai pemimpin PUTERA adalah Ir. Soekarno (1), (2) Mohamad Hatta (3) KH Mas Mansur dan (4) Suwardi Suryaningrat.
  4. C → Pembahasan: Tokoh yang diberi nama Ki Hajar Dewantara Suwardi Suryaningrat.
  5. E → Pembahasan: Tokoh yang dikenal dengan Tiga Serangkai yang diasingkan di negeri Belkalian oleh pemerintah kolonial Belkalian adalah ((3) Ernest Doewes Dekker, (4) Suwardi Suryaningrat (5) Cipto Mangunkusumo.
  6. D → Pembahasan: Sutan Sjahrir adalah tokoh yangaktif dalam gerakan organisasi pemuda. dan menempuh jalur perjuangan ‘Bawah Tanah’ masa Jepang, dan pernah menjabat Perdana Menteri Indonesia pasca kemerdekaan.
  7. E → Pembahasan: Tokoh yang terkenal tersebut adalah Achmad Soebardjo, beliau adalah Menlu RI pertama.
  8. A → Pembahasan: Tokoh yang dimaksud adalah Moh Yamin, beliau turut berperan dalam merumuskan dasar negara RI.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.