Soal Peranan Virus Dalam Kehidupan

soal peranan virus dalam kehidupan

Soal Peranan Virus Dalam Kehidupan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Biologi Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal untuk siswa kelas 10, X SMA. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pembelajaran peranan virus dalam kehidupan.

Advertisements

Rangkuman Materi Peranan Virus Dalam Kehidupan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Virus memiliki peran dalam kehidupan baik itu menguntungkan maupun merugikan. Peran yang menguntungkan misalnya berperan dalam pembuatan interferon, profage, vaksin, pelemahan bakteri, antitoksin.

Read More

Peranan virus yang merugikan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit pada manusia, Hewan, dan tumbuhan. Contoh penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus yaitu influenza, Covid 19, campak, rabies, cacar air, dan AIDS.

Contoh penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus yaitu penyakit kuku dan mulut pada ternak, rabies, tumor/kutil dan tetelo. Sedangkan contoh penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus adalah mosik virus pada tembakau, virus tungro pada tanaman padi, pada penyakit TYLC pada tanaman tomat.

Karena virus banyak menyebabkan penyakit pada manusia, untuk menjaga agar tidak terinfeksi virus dapat dilakukan dengan vaksinasi dan membiasakan pola hidup sehat.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Berikut ini adalah gejala-gejala penyakit tetelo yang sering menyerang itik dan ayam, kecuali ….

A. Timbulnya batuk-batuk

B. Terjadinya diare

C. Tubuh kehilangan keseimbangan dan berputar-putar

D. Munculnya kutil pada sel epitel kulit dan membran mukosa

E. Jengger dan kepala berwarna kebiruan

2. Pemanfaatan virus yang menguntungkan bagi manusia dibidang pertanian adalah…

A. Produksi biopestisida

B. Pembuatan vaksin protein.

C. Digunakan dalam pembuatan rekayasa genetika,

D. Pengobatan secara biologis

E. Pembuatan perangkat elektronik

3. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan turunnya/hilangnya sistem kekebalan pada manusia adalah….

A. Cacar

B. Influeza

C. AIDS

D. SARS

E. Covid 19

4. Penyakit yang menyerang tanaman padi, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kekerdilan. Penyebab penyakit ini adalah virus….

A. TMV

B. TYLCV

C. Tungro

D. TYM

E. BGM

5. Penyakit yang menyebabkan infeksi akut pada susunan saraf pusat hewan dan dapat menular ke manusia melalui gigitan atau air liur hewan penderita seperti anjing, kucing, kelinci. Penyakit yang dimaksud adalah…

A. Tetelo yang disebabkan oleh virus NCD

B. Rabies yang disebab oleh Rabdovirus

C. Penyakit kuku dan mulut ternak Aphthovirus

D. Penyakit kutil disebabkan RSV (Rous Sarcoma Virus),

E. Penyakit Tumor pada hewan yang disebabkan oleh adenovirus

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. D → Pembahasan:

Tetelo atau New Castle Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh virus NCD dari kelompok Paramyxovirus.

Penyakit ini menyerang unggas seperti ayam dan itik. Gejala-gejala yang muncul karena serangan virus tetelo antara lain adalah sebagai berikut.

  • Timbulnya batuk-batuk.
  • Terjadinya diare, dengan kotoran encer agak kehijauan bahkan dapat berdarah.
  • Nafsu makan menurun.
  • Ayam tampak lesu.
  • Bagian kepala dan jengger berwarna kebiruan.
  • Kornea menjadi keruh.
  • Sayap turun dan otot tubuh gemetar.
  • Kehilangan keseimbangan sehingga tubuh berputar-putar dengan kepala tertekuk.

2. A → Pembahasan: Biopestisida dimanfaatkan untuk pemeberantasan hama di bidang pertanian. Vaksin dimanfaatkan dibidang Kesehatan. Rekayasa genetika adalah pemanfaatan di bidang bioteknologi. Pengobatan secara biologis pemanfaatan dibidang Kesehatan. Pembuatan perangkat elektronik pemanfaatan dibidang elektronika.

3. C → Pembahasan:

  • Cacar adalah penyakit yang disebabkan oleh virus variola. Gejala-gejala penyakit ini adalah masa inkubasi 12 hari, selama 1 – 5 hari tubuh demam dan lesu, kemudian muncul vesikula (gelembung) pada kulit serta pustula (gelembung berisi nanah) yang membentuk kerak.
  • Influenza adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus Orthomyxovirus. Gejala-gejala penyakit ini adalah timbul demam, badan menggigil, sakit kepala, batuk kering, nyeri otot menyeluruh, dan kehilangan nafsu makan. Penularan penyakit influenza dapat melalui udara saat berdekatan dengan penderita yang sedang batuk atau bersin, atau melalui kontak tangan yang terkontaminasi.
  • AIDS adalah penyakit hilangnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). HIV merupakan anggota dari famili Retroviridae, subfamili Lentivirinae, dan genus Lentivirus yang menyerang sel limfosit T CD4.
  • SARS adalah penyakit berupa gangguan akut pada saluran pernapasan dan dapat menimbulkan kematian. Penyebab penyakit SARS adalah Coronavirus.
  • Covid-19 adalah penyakit berupa gangguan akut pada saluran pernapasan dan dapat menimbulkan kematian. Penyebabnya jenis Coronavirus.

4. C → Pembahasan:

  • Mosaik adalah penyakit yang menyerang tanaman tembakau, kacang tanah, pepaya, cabai, tomat, kentang, dan beberapa jenis labu. Penyakit ini disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus).
  • Tungro adalah penyakit yang menyerang tanaman padi, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kekerdilan.
  • Penyakit TYLC (Tomato Yellow Leaf Curl) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus TYLCV (TomatobYellow Leaf Curl
  • Virus). Penyakit ini menyebabkan daun tanaman tomat menguning dan menggulung sehingga menurunkan hasil panen.
  • Penyakit TYM (Turnip Yellow Mosaic) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus TYMV (Turnip YellowMosaic Virus). Penyakit ini menyebabkan daun tembakau, kapas, dan lobak menggulung.
  • Penyakit BGM (Bean Golden Mosaic) adalah penyakit yang menyebabkan menguningnya daun pada tanaman tomat dan cabai. Penyakit ini disebabkan oleh virus Begomovirus (Bean Golden Mosaic Virus).

5. B → Pembahasan:

  • Tetelo adalah penyakit pada golongan ungags.
  • Rabies adalah infeksi akut pada susunan saraf pusat hewan dan dapat menular ke manusia melalui gigitan atau air liur hewan penderita seperti anjing, kucing, kelinci.
  • Penyakit kuku dan mulut terjadi pada hewan ternak.
  • Penyakit kutil oleh RSV virus menyerang pada kelompok unggas.
  • Penyakit tumor oleh adenovirus ini tumor pada saluran nafas pada hewan terna seperti sapi dan kambing.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *