Soal Perbedaan Suku Bangsa

soal perbedaan suku bangsa

Soal Perbedaan Suku Bangsa – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perbedaan suku bangsa.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Di akhir pos ada jawabannya yah).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Perbedaan Suku Bangsa

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sejak ribuan tahun yang lalu, berbagai suku bangsa di Indonesia hidup berdampingan secara harmonis. Berbagai suku bangsa di Indonesia saling memahami dan menghargai berbagai perbedaan yang ada. Hal ini membuktikan bahwa suku bangsa Indonesia sangat terbuka menerima kedatangan berbagai suku bangsa yang berbeda. Mereka hidup berdampingan dan bekerja sama untuk membangun bangsa dan negara.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan mengapa terjadi Perbedaan suku bangsa di Inddonesia!

2. Jelaskan mengapa terdapat perbedaan pekerjaan di dalam masyarakat!

3. Sebutkan peran dan fungsi keragaman budaya!

4. Jelaskan peran dan fungsi keragaman tari tarian di Indonesia!

5. Apa yang kalian ketahui tentang batik yang menjadi pakaian khas Indonesia?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Terjadi Perbedaan suku bangsa di Indonesia karena faktor geografis sebagai negara kepulauan. Keragaman terjadi juga karena letak Indonesia di jalur pelayaran perdagangan dunia, sehingga interaksi dengan budaya bangsa lain menjad erat.

BACA JUGA:  Soal Organisasi Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia

2. → Pembahasan: Terdapat perbedaan pekerjaan di dalam masyarakat karena perbedaan kondisi alam dan karena setiap orang punya kelebihan juga keunggulan di bidang masing-masing

3. → Pembahasan:

Peran dan fungsi keragaman budaya

  • Sebagai daya tarik bangsa asing
  • Mengembangkan kebudayaan nasional
  • Tertanamnya sikap toleransi
  • Saling melengkapi hasil budaya
  • Mendorong inovasi kebudayaan

4. → Pembahasan: Teran dan fungsi keragaman tari tarian di Indonesia Indonesia memiliki lebih dari 100 tarian daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Kekayaan tersebut, menggambarkan keberagaman budaya Indonesia. Kekayaan kesenian berupa tarian daerah, menjadi salah satu daya pikat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tarian daerah bukan hanya sekedar tarian untuk dilihat, tetapi didalamnya mengandung makna sangat penting bagi bangsa Indonesia. Tarian daerah merupakan ekspresi jiwa seniman Indonesia masa lalu, dan menggambarkan nilai-nilai penting yang dapat menjadi inspirasi dan teladan masyarakat masa sekarang.

Seni tari Indonesia, tidak lepas dari pesan-pesan nilai moral dan keagamaan, sebagai ciri khas bangsa Indonesia.

5. → Pembahasan:

Batik yang menjadi pakaian khas Indonesia: Batik telah menjadi salah satu identitas bangsa. Batik merupakan kerajinan kain yang digambar dengan motif-motif khusus yang indah, unik dan khas dan sangat diminati sejak jaman dahulu kala hingga saat ini.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.