Soal Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha

soal perkembangan agama dan kebudayaan hindu-budha

Soal Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Sejarah Indonesia Kelas 10, X KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha.

Rangkuman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Budha

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Wujud akulturasi dalam bidang bahasa dapat di lihat dari adanya penggunaan bahasa sansekerta yang dapat ditemukan sampai sekarang dalam bahasa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diuraikan di atas dengan adanya penemuan prasasti (batu tulis) peninggalan kerajaan Hindu pada abad ke 5-7 M, contohnya prasasti Yupa dari Kutai, Prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara.

Pada perkembangan selanjutnya, bahasa Sansekerta digantikan oleh Bahasa Melayu Kuno seperti yang ditemukan pada prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya 7-13 M.

Adapun untuk aksara, dapat dibuktikan dengan digunakannya huruf Pallawa, yang selanjutnya berkembang menjadi huruf Jawa Kuno (kawi) dan huruf (aksara) Bali dan Bugis sebagaimana dibuktikan dalam Prasasti Dinoyo (Malang) yang menggunakan huruf Jawa Kuno.

Selanjutnya wujud Akulturasi dalam sistem Religi/kepercayaan dimana Agama Hindu yang berkembang di Indonesia sudah mengalami perpaduan dengan kepercayaan Animisme dan Dinamisme. Dengan kata lain, Sinkritisme merupakan bagian dari proses akulturasi yang berarti perpaduan dua kepercayaan yang berbeda menjadi satu. Untuk itu agama Hindu yang berkembang di Indonesia berbeda dengan yang dianut oleh masyarakat India, sebagai bukti Upacara Nyepi yang dilaksanakan Umat Hindu Bali tidak dilaksanakan oleh Umat Hindu di India.

Berikutnya Akultusari dalam bidang Organisasi Sosial Kemasyarakatan dapat dilihat dari sejarah panjang sistem pemerintahan dan Organisasi politik yang ada dalam sejarah Indonesia dengan silih bergantinya berdiri kerajaan yang diperintah oleh raja secara turun menurun.

Wujud akulturasi dalam bidang kesenian terlihat dari seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukan seperti yang dapat dilihat dari relief dinding candi (gambar timbul). Gambar timbul pada candi tersebut banyak menggambarkan suatu kisah /cerita yang berhubungan dengan ajaran agama Hindu

Di dalam candi-candi Hindu, relief yang mengambil kisah yang terdapat dalam Kepercayaan Hindu seperti kisah Ramayana, yang digambarkan melalui relief candi Prambanan ataupun candi Panataran. Dari relief-relief tersebut apabila diamati lebih lanjut, ternyata Indonesi juga mengambil kisah asli cerita tersebut, tetapi suasana kehidupan yang digambarkan oleh relief tersebut adalah suasana kehidupan asli keadaan alam ataupun masyarakat Indonesia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pengaruh Hindu-Buddha dari India terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dapat dilihat dari contoh berikut, kecuali…

A. Dibangunnya candi-candi bercorak Hindu-Budha

B. Penggunaan kalender Saka

C. Bentuk rumah ibadah yang berundak-undak

D. Banyak seni patung sebagai perwujudan penghormatan kepada dewa

E. Penggunaan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa

2. Masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia menyebabkan terjadinya akulturasi. Pengertian akulturasi tepatnya adalah….

A. Perpaduan antara kebudayaan yang berbeda karena pengaruh kekuasaan

B. Penolakan antara kebudayaan yang sama dalam waktu singkat

C. Penolakan satu kebudayaan dengan kebudayaan lainnya hingga menyebabkan konflik

D. Perpaduan dua kebudayaan yang sempurna

E. Perpaduan dua kebudayaan yang berbeda tanpa meninggalkan kebudayaan asli

3. Meskipun masyarakat Indonesia sudah menganut agama Hindu, tetapi masih nampak pengaruh unsur kebudayaan asli Indonesia, yaitu berupa Yupa yang menyerupai pendirian….

A. Sarkofagus

B. Menhir

C. Dolmen

D. Arca

E. Punden berundak

4. Perwujudan bentuk akulturasi Indonesia dan Hindu-Buddha pada sistem kepercayaan dapat dilihat dari:

A. Upacara keagamaan yang sama dengan yang ada di India

B. Upacara pentirtaan

C. Upacara asmaweda

D. Upacara keagamaan yang menggabungkan unsur pemujaan roh nenek moyang dengan tata cara upacara keagamaan Hindu-Budha

E. Upacara pengangkatan raja

5. Sebelum datangnya Hindu-Buddha di Indonesia, masyarakat Indonesia menganut sistem kepercayaan berupa….

A. Islam

B. Taoisme

C. Politeisme

D. Animisme

E. Konghucu

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Bentuk bangunan yang berundak-undak merupakan kebudayaan lokal.
  2. E → Pembahasan: Akulturasi adalah konsep perpaduan dua unsur budaya yang menghasilkan kebudayaan baru tanpa meninggalkan kebudayaan asli.
  3. B → Pembahasan: Yupa adalah prasasti yang berbentuk tugu, sehingga bentuknya menyerupai bangunan masa megalitikum yaitu Menhir.
  4. D → Pembahasan: Dalam options D menunjukan ada penggabungan menggabungkan unsur pemujaan roh nenek moyang dengan tata cara upacara keagamaan Hindu-Budha.
  5. D → Pembahasan: Kepercayaan awal bangsa Indonesia sebelum datangnya Kebudayaan India adalah Animisme, Dinamisme dan Totemisme.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.