Soal Perkembangan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan

soal perkembangan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan

Soal Perkembangan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah Indonesia kelas 12, XII KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang perkembangan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan.

Advertisements

Rangkuman Materi Perkembangan Politik dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Di periode-periode awal kemerdekaan, Indonesia mengalami sebuah masa transisi politik yang begitu luar biasa. Seperti yang diketahui, berpindah dari status Negara yang terjajah jadi Negara yang merdeka.

Read More

Secara politik, keadaan Indonesia di awal kemerdekaan belum mapan, terjadi ketegangan, kekacauan dan berbagai insiden. Sebab ada pihak asing yang tidak ingin Indonesia merdeka. Rakyat Indonesia masih bentrok dengan sisa-sisa kekuatan Jepang yang beralasan diminta Sekutu tetap menjaga Indonesia dalam keadaan status quo. Indonesia juga menghadapi tentara Inggris atas nama Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) atas nama Belanda yang datang kembali ke Indonesia dengan membonceng Sekutu.

Kondisi politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan masih belum stabil, banyak peristiwa yang terjadi yang membawa perubahan perubahan dan mempengaruhi perkembangan negara pada masa awal kemerdekaan. Ketidakstabilan politik dipengaruhi oleh factor internal dan Faktor eksternal.

Pada masa awal kemerdekaan terjadi perubahan system pemerintahan dari Sistem presidensial menjadi system Parlementer.

Kondisi politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan dapat dikategorikan pada periode sebagai berikut:

18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949

Terjadinya penyimpangan pada UUD 1945 untuk sistem pemerintahan dari Presidentil jadi Parlementer. Stabilitas politik di periode ini jadi bermasalah karena belum terdapat konstitusi yang mengikat.

27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950

Terdapat pernyimpangan dalam bentuk Negara kesatuan jadi Negara serikat. Akan tetapi hal tersebut tidak berjalan dengan lama karena para pemimpin Indonesia kala itu menyadari kesalahan yang terjadi. Hingga kemudian pada akhirnya Indonesia kembali menjadi Negara berbentuk kesatuan. Akan tetapi keadaan Negara masih cukup labil.

Keadaan ekonomi Indonesia pada akhir kekuasaan Jepang dan pada awal berdirinya Republik Indonesia sangat kacau dan sulit. Negara yang baru saja didirikan harus mewarisi kekacauan perekonomian yang teramat parah.

Pemerintahan yang baru saja terbentuk belum didukung pejabat yang ahli dalam menangani  masalah perekonomian.

Pada masa awal kemerdekaan, tingkat perekonomian Indonesia berada pada titik terendah karena peredaran mata uang yang tidak terkendali (hyperinflasi), adanya blockade ekonomi oleh Belanda dan kosongnya kas negara.

Meskipun kondisi perekonomian Indonesia tidak stabil, pemerintah Indonesia telah berupaya dengan mengambil beberapa langkah dan kebijakan dalam mengatasi masalah ekonomi dan menata perekonomian pada awal kemerdekaaan Indonesia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Dibawah ini adalah penyabab ketidakstabilan kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan, kecuali…

A. Pertentangan antar partai

B. Terjadinya bentrokan antar etnis

C. Gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali

D. Munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan

E. Munculnya gangguan keamanan dalam negeri

2. Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu…

A. Masyumi D. PKI

B. PNI E. NU

C. PSI

3. Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan…

A. Parlementer

B. Presidensial

C. Liberalisme

D. Terpimpin

E. Aristokrasi

4. Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan…

A. agar perjuangan bangsa Indonesia mendapat dukungan dari negara negara barat

B. sesuai dengan perkembangan ideology di Indonesia

C. sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945

D. mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang

E. permintaan dari Presiden Soekarno.

5. Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial  ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah…

A. Parlementer sangat cocok untuk bangsa Indonesia

B. Presidensial tidak sesuai dengan Indonesia yang multi etnis.

C. Presidensial terlalu sulit untuk diterapkan dalam pemerintahan

D. Mempermudah perundingan dengan Belanda

E. Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar

6. Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing.Pada saat ibukota dipindahkan keYogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk…

A. menghadapi terror Belanda

B. menjalankan roda pemerintahan dari pusat

C. mengadakan hubungan dengan luar negeri

D. menghimpun kekuatan menghadapi Belanda

E. menciptakan pemerintahan tandingan

7. Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain…

A. Rakyat Indonesia hanya mengandalkan pendapatan dalam pertanian .

B. Banyaknya investor asing yang mengintervensi perekonomian Indonesia

C. Adanya Blokade ekonomi oleh Belanda

D. Rendahnya sumber daya manusia Indonesia dalam perekonomian

E. Sering terjadi konflik horizontal dalam negeri Indonesia

8. Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi.Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh…

A. Indonesia belum memiliki mata uang yang sah

B. Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali

C. Tentara Jepang masih menguasai sebagian besar sector ekonomi

D. Terjadinya pertempuran pertempuran diberbagai daerah.

E. Munculnya perusahaan perusahaan asing milik Belanda

9. Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara …

A. Menaikkan pajak dan bea Cukai

B. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan untuk diekspor

C. Mengisi kas pemerintah yang kosong

D. Mengedarkan uang secara besar besaran.

E. Mengeluarkan mata uang sendiri (ORI)

10. Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong   pada awal Kemerdekaan adalah … 

A. Menyelenggarakan pinjaman Nasional

B. Menasionalisasi De Javasche Bank

C. Membuat kebijakan Gunting Syafruddin

D. Mendevaluasi mata uang rupiah

E. Sistim ekonomi Gerakan Benteng

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Hal ini disebabkan karena pada masa awal kemerdekaan, terjadi pertentangan antar partai, gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali, munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan dan munculnya gangguan keamanan dalam negeri.
  2. C → Pembahasan: Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu PNI.
  3. A → Pembahasan: Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan Parlementer.
  4. D → Pembahasan: Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang.
  5. E → Pembahasan: Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar.
  6. C → Pembahasan: Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing. Pada saat ibukota dipindahkan ke Yogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk mengadakan hubungan dengan luar negeri.
  7. C → Pembahasan: Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain adanya Blokade ekonomi oleh Belanda.
  8. B → Pembahasan: Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi. Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali.
  9. E → Pembahasan: Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara mengeluarkan mata uang sendiri (ORI).
  10. A → Pembahasan: Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong pada awal Kemerdekaan adalah … Menyelenggarakan pinjaman Nasional.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *