Soal Permasalahan Sosial dan Tantangan Akibat Globalisasi

soal permasalahan sosial dan tantangan akibat globalisasi

Soal Permasalahan Sosial dan Tantangan Akibat Globalisasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang permasalahan sosial dan tantangan akibat globalisasi.

Rangkuman Materi Permasalahan Sosial dan Tantangan Akibat Globalisasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  1. Permasalahan sosial yang muncul akibat globalisasi adalah:
  2. Pembangunan cenderung bersifat ekonomi, menimbulkan dua krisis sekaligus, yaitu, pertama, polarisasi kelas sosial antara yang sangat kaya dengan yang sangat miskin, dan kedua, krisis lingkungan.
  3. Rusaknya tatanan sosial lokal dan nasional, lingkungan alam, bahasa dan budaya lokal dan nasional, kearifan lokal, dan nilai-nilai luhur bangsa.
  4. Dominasi ekonomi oleh para pemilik modal, sehingga menimbulkan ketimpangan. Beberapa dampak positif dari globalisasi: komunikasi yang semakin cepat dan mudah, meningkatnya taraf hidup masyarakat, mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, tingkat pembangun yang semakin tinggi, meningkatnya tourisme dan pariwisata, dan kegiatan ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien.
  5. Tantangan globalisasi yang mendasar dan harus dihadapi oleh masyarakat lokal dan nasional, antara lain sebagai berikut:
  6. Berkembangnya sikap individualistik,
  7. Apreasi yang memudar terhadap budaya bangsa,
  8. Pandangan yang kristis terhadap ideologi bangsa,
  9. Diversivikasi masyarakat,
  10. Keterbukaan yang lebih tinggi,
  11. Tuntutan kemampuan bersaing yang lebih tinggi, memerlukan respon tertentu dari masyarakat sehingga permasalahan-permasalahan tersebut justru menjadi peluang untuk mewujudkan kemakmuran, kesejahteraan, dan kelangsungan hidup masyarakat bangsa.
BACA JUGA:  Soal Realitas Sosial

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Globalisasi yang diartikan sebagai ketergantungan antar manusia di seluruh dunia, sehingga batas-batas suatu Negara menjadi semakin sempit memiliki faktor-faktor pendorong. Sebutkan faktor pendorong globalisasi!
  2. Konsumerisme merupakan suatu sifat yang menhambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak, perlu, sehingga konsumerisme sering dikaitkan dengan hidup boros. Sebutkan dampak negatif konsumerisme!
  3. Westernisasi diartikan sebagai sikap meniru dan menerapkan unsur kebudayaan Barat, tanpa adanya seleksi. Westernisasi dapat terjadi pada semua generasi, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Adanya pengaruh budaya Barat dapat dikarenakan seseorang ingin dianggap maju dan modern oleh orang lain. Perilaku westernisasi lebih banyak dilakukan oleh kalangan remaja. Diskusikan dengan satu orang temanmu, mengapa perilaku westernisasi lebih banyak dilakukan oleh kalangan remaja? Jelaskan!
  4. Modernisasi dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat mencakup di berbagai aspek kehidupan. Sebutkan gejala modernisasi dalam bidang sosial!
  5. Kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang sifatnya melanggar norma-norma sosial, agama, dan hukum. Munculnya kenakalan remaja di masyarakat dapat dikarenakan faktor intern dan faktor ekstern. Sebutkan faktor intern penyebab munculnya kenakalan remaja!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Faktor yang mendorong terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut;

  • Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi
  • Dinamika dan perkembangan politik dunia
  • Dinamika perekonomian dunia
BACA JUGA:  Soal Klasifikasi Konflik Sosial

2. → Pembahasan:

  1. Pola hidup yang boros dan akan menimbulkan kecemburuan sosial, karena orang akan membeli semua barang yang diinginkan tanpa memikirkan harga barang tersebut murah atau mahal, barang tersebut diperlukan atau tidak, sehingga bagi orang yang tidak mampu mereka tidak akan sanggup untuk mengikuti pola kehidupan yang seperti itu.
  2. Mengurangi kesempatan untuk menabung, karena orang akan lebih banyak membelanjakan uangnya dibandingkan menyisihkan untuk ditabung.
  3. Cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang, orang akan mengkonsumsi lebih banyak barang pada saat sekarang tanpa berpikir kebutuhannya di masa datang.

3. → Pembahasan: Karena remaja masih mencari identitas diri,dan ingin pengakuan keberadaannya di kehidupan masyarakat diakui. Oleh karenanya kita sebagai orang tua tidak boleh melepas begitu saja remaja dalam perkembangannya.

4. → Pembahasan:

Gejala modernisasi dalam bidang sosial, yaitu:

  • kesenjangan sosial antara orang kaya dan orang miskin.
  • budaya konsumerisme.
  • lebih mementingkan gaya hidup daripada kebutuhan hidup.

5. → Pembahasan:

Faktor intern kenakalan remaja:

  1. Terbiasa dimanja.
  2. Perilaku orang tua yang tidak tepat terhadap anak bisa menjadi pemicu kenakalan pada anak remaja.
  3. Keluarga tidak harmonis.
  4. Kurangnya kasih sayang.
  5. Pendidikan yang terlalu keras.
  6. Komunikasi yang buruk.
  7. Lingkungan pergaulan.
  8. Faktor religi/agama.
  9. Lingkungan tempat tinggal.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.