Soal Piramida Ekologi dan Produktifitas Ekosistem

soal piramida ekologi dan produktifitas ekosistem

Soal Piramida Ekologi dan Produktifitas Ekosistem – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas X KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pembelajaran piramida ekologi dan produktifitas ekosistem.

Rangkuman Materi Piramida Ekologi dan Produktifitas Ekosistem

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Piramida ekologi adalah piramida abstrak yang menunjukkan hubungan struktur trofik dan fungsi trofik komponen-komponen biotik ekosistem.

Bacaan Lainnya

Di dalam piramida ekologi produsen (tingkat trofik I) selalu berada di bagian dasar piramida. Konsumen primer (tingkat trofik II) berada tepat di atas produsen dan konsumen sekunder (tingkat trofik III) berada di bagian atas konsumen primer.

Piramida ekologi berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi 3, yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.

Produktivitas ekosistem yaitu keseluruhan sistem yang dinyatakan dengan biomassa atau bioenergi dalam kurun waktu tertentu. Produktivitas ekosistem terdiri dari produktivitas primer dan produktivitas sekunder.

Produktivitas primer adalah kecepatan organisme autotrop sebagai produsen mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik.

Produktivitas sekunder adalah kecepatan organisme heterotrop mengubah energi kimia dari bahan organik yang dimakan menjadi simpanan energi kimia baru di dalam tubuhnya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Di suatu ekosistem terdapat rumput-rumputan sebanyak 10.000, belalang sebanyak 3.500, katak sebanyak 1.000, dan ular sebanyak 500. Gambaran piramida jumlah yang benara adalah…

2. Gambar Piramida Ekologi.

Gambar Piramida Ekologi

Penjelasan yang tepat terkait gambar tersebut adalah….

A. piramida jumlah pada ekosistem hutan hujan tropis

B. piramida jumlah pada ekosistem perairan

C. piramida biomassa pada ekosistem hutan hujan tropis

D. piramida biomasa pada ekosistem perairan

E. piramida energi pada ekosistem hutan hukan tropis

3. Yang manakah ekosistem ini mempunyai produktivitas primer terendah permeter persegi?

A. Suatu rawa asin

B. Suatu lautan terbuka

C. Suatu terumbu karang

D. Suatu padang rumput

E. Suatu hutan hujan tropis

4. Dalam ekosistem konsumen tingkat I paling tidak efektif dalam menggunakan energinya. Alasan yang tepat terkait pernyatan tersebut adalah….

A. herbivora tidak mampu secara sempurna mencerna serat kasar dari tumbuhan sehingga banayak energi yang terbuang bersama feses.

B. herbivora banyak melakukan aktifitas respirasi sehingga energi yang dibutuhkan lebih banyak.

C. herbivora tidak mampu mengkonsumsi semua jenis produsen sehingga energi yang tersedia di alam tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

D. beberapa herbivora memamah biak sehingga energi yang terkandung dalam makanannya tidak termanfaatkan secara sempurna.

E. Pencernakan herbivora dibantu oleh mikroorganisme untuk menghancurkan selulosa pada makanannya.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Piramida jumlah menggambarkan jumlah individu di setiap tingkatan trofik, mulai dari produsen, konsumen tingkat I, konsumen tingkst II, konsumen tingkat III dan pengurai. Tingkatan susunan piramida tersebut tergantung tingkatan trofik yang diduduki oleh mahluk hidup di sekosistem tersebut.
  2. C → Pembahasan: Piramida biomassa tegak menggambarkan massa gabungan semua produsen yang lebih besar daripada massa gabungan tiap tingkatan konsumennya. Piramida biomassa tegak biasanya terjadi pada ekosistem darat.
  3. C → Pembahasan: Produktivitas primer adalah kecepatan organisme autotrop sebagai produsen mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik. Hanya sebagian kecil energi cahaya yang dapat diserap oleh produsen. Produktivitas primer berbeda pada setiap ekosistem, yang terbesar ada pada ekosistem hutan hujan tropis dan ekosistem hutan bakau. Yang paling kecil adalah wilayah yang sedikit mendapatkan penetrasi sinar matahasi, misalnya terumbu karang.
  4. A → Pembahasan: Herbivora tidak mampu secara sempurna mencerna serat kasar dari tumbuhan sehingga banayak energi yang terbuang bersama feses, sedangkan karnivora dapat mencerna sempurna makanan berupa daging.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *