Soal Pluralitas Masyarakat Indonesia

soal pluralitas masyarakat indonesia

Soal Pluralitas Masyarakat Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pluralitas masyarakat Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok untuk melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Di akhir pos ada kunci jawabannya yah).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Semboyan Bhineka Tunggal Ika begitu kental tersemat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini merujuk pada kehidupan masyarakatnya yang multi etnis dan tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak ragam suku, ras, bahasa dan agama atau disebut juga dengan pluralitas.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan pengertian pluralisme budaya?

2. Lakukan analisis perbedaan agama di Indonesia?

3. Jelaskan Keragaman budaya di Indonesia adalah akibat letak geografisnya!

4. Sebutkan minimal 3 upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga keragaman budaya yang ada di Indonesia!

5. Keragaman budaya ini memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata, jelaskan mengapa demikian!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Pengertian pluralisme budaya adalah keadaan budaya yang majmuk (dengan pengertian bahawa mereka hidup bersama secara toleransi) Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan satu dasar yang menggalakkan kesedaran dan penerimaan budaya alternatif.

2. → Pembahasan: Berbedanya keyakinan dan cara pandang seseorang terhadap Tuhannya. Namun, setiap agama yang ada, harus saling toleransi dan menghargai satu sama lain, serta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. → Pembahasan:

Keragaman budaya di Indonesia adalah akibat letak geografisnya: Letak geografis Indonesia memengaruhi keragaman kebudayaan di Indonesia karena letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan dunia menyebabkan banyak budaya asing yang masuk seiring perdagangan dan mempengaruhi budaya di Indonesia.

4. → Pembahasan:

3 upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga keragaman budaya yang ada di Indonesia:

  • Mencintai dan menghargai keragaman sosial budaya
  • Toleransi terhadap teman yang budayanya berlainan
  • Keinginan untuk melestarikan budaya

5. → Pembahasan:

Keragaman budaya ini memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata: keberagaman seni dan budaya yang ada di Indonesia banyak sekali menarik perhatian dari turis mancanegara untuk datang ke Indonesia dengan tujuan berwisata sekaligus mengenal atau mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. Dengan semakin banyaknya turis-turis mancanegara yang berdatangan ke Indonesia, akan dapat meningkatkan devisa negara. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh terhadap kemajuan negara Indonesai.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.