Soal Realitas Sosial

soal realitas sosial

Soal Realitas Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 10, X KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang realitas sosial.

Advertisements

Rangkuman Materi Realitas Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Realitas sosial juga diartikan sebagai bentuk kegiatan, perubahan, dan kejadian nyata dalam masyarakat yang saling berhubungan. Peristiwa tersebut tercipta akibat proses interaksi yang berlangsung dalam masyarakat yang sering menjadi penyebab dalam dinamika kelompok sosial masyarakat.

Bacaan Lainnya

Konsep Masyarakat

Masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang melakukan interaksi menurut suatu sistem adat-istiadat tertentu dimana memiliki sifat kontinu serta terikat oleh rasa identitas Bersama.

Keluarga yaitu suatu kesatuan sosial yang disatukan oleh ikatan perkawinan, hubungan darah, atau adopsi terdiri dari suami, istri dan anak.

Realitas sosial ada yang berkaitan dengan masyarakat,nilai,budaya,dan Lembaga-lembaga kemasyarakatan. Realitas sosial yang berkaitan dengan masyarakat banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari,seperti kehidupan anak jalanan atau kondisi suatu masyarakat tertentu. Realitas sosial budaya yang berkaitan dengan nilai budaya dapat kita temukan dalam upacara-upacara adat pernikahan,penyambutan anggota keluarga

baru,dan lain-lain. Realitas sosial yang berkaitan dengan Lembaga-lembaga kemasyarakatan dapat kita lihat, misalnya munculnya organisasi-organisasi yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti Ikatan Advokat Indonesia, atau Lembaga-lembaga penyelenggara pernikahan, biro jasa pengurusan surat-surat kendaraan bermotor dan lain-lain.

Lembaga-lembaga tersebut muncul sebagai konsekuensi dari kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Semua ini merupakan contoh realitas sosial yang ada disekitar kita.

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan pengertian masyarakat sebagai konsep realitas sosial!
  2. Sebutkan unsur dalam masyarakat!
  3. Sebutkan ciri-ciri / karakteristik keluarga!
  4. Jelaskan dua bentuk keluarga inti dan keluarga besar!
  5. Jelaskan tugas keluarga!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Konsep Masyarakat, Koentjaraningrat (1985) menjelaskan bahwa masyarakat merupakan kesatuan hidup manusia yang melakukan interaksi menurut suatu sistem adat-istiadat tertentu dimana memiliki sifat kontinu serta terikat oleh rasa identitas Bersama.

2. → Pembahasan:

Unsur pokok dalam masyarakat yang bisa kita ambil yaitu:

  • Harus ada kelompok atau manusia yang hidup bersama
  • Adanya pergaulan yang sudah terjalin dalam waktu yang lama
  • Adanya aturan yang mengatur kelompok tersebut
  • Adanya kesadaran di kelompok tersebut bahwa mereka merupakan satu kesatuan
  • Terciptanya sebuah kebudayaan
  • Mendiami wilayah tertentu

3. → Pembahasan:

Ciri atau karakteristik keluarga, diantaranya yaitu:

  • Disatukan oleh suatu ikatan perkawinan, hubungan darah atau adopsi.
  • Umumnya anggota keluarga hidup dalam satu rumah tangga.
  • Berinteraksi dan berkomunikasi.
  • Mempertahankan juga menciptakan kebudayaan bersama.

4. → Pembahasan:

Ada dua bentuk keluarga, antara lain:

Keluarga inti (keluarga batih), yakni bentuk keluarga berdasarkan perkawinan tunggal yang terdiri dari suami, istri dan anaknya.

Keluarga besar, yakni bentuk keluarga baik tunggal maupun berdasarkan bentuk perkawinan jamak (poligami) yang terdiri dari seorang ayah dan beberapa orang ibu atau sebaliknya, atau ditarik dari satu keturunan dengan semua keturunannya.

5. → Pembahasan:

Adapun tugas keluarga, antara lain:

  • Tugas sosial biologis, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan biologis untuk meneruskan keturunan dan memberikan kasih sayang.
  • Tugas sosial ekonomi, yakni sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup.
  • Tugas sosial kultural, yakni sebagai alat pewarisan budaya.
  • Tugas sosial religius, yakni sebagai bagian dari kehidupan sosial beragama.
  • Dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa realitas sosial merupakan kenyataan-kenyataan sosial budaya di sekitar lingkungan suatu masyarakat tertentu karena adanya pola hubungan yang terjadi di dalam masyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *