Soal Rencana dan Media Pemasaran

soal rencana dan media pemasaran

Soal Rencana dan Media Pemasaran  – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang rencana dan media pemasaran.

Rangkuman Materi Rencana dan Media Pemasaran  

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Segala kegiatan yang akan kalian lakukan harus direncanakan terlebih dahulu. Suatu perencanaan disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan suatu kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan secara maksimal. Suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa disebut produksi

Bacaan Lainnya

Langkah Menyusun Perencanaan Pemasaran

  1. Melakukan Analisis Situasi
  2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran
  3. Menyusun Strategi dan Program

Media pemasaran digunakan untuk menyampaikan suatu produk kepada pelanggan. Jenis media pemasaran:

  1. Media Pemasaran Konvensional
  2. Penerbitan
  3. Speaking
  4. Sosial Media

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan pemasaran?

2. Jelaskan langkah penyusunan perencanaan usaha?

3. Sebutkan jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

BACA JUGA:  Soal Sosialisasi dan Perilaku Menyimpang

2. → Pembahasan:

Langkah dalam menyusun perencanaan pemasaran.

  • Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

  • Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT, marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Ketika sudah mengetahui ke arah mana pemasaran dilakukan, dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut.

  • Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, juga untuk mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan

3. → Pembahasan:

Jenis media pemasaran antara lain:

  • Media Pemasaran Konvensional
  • Blog dan publikasi online
  • Penerbitan
  • Speaking
  • Social Media

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.