Soal Rujukan Neonatus

soal rujukan neonatus

Soal Rujukan Neonatus – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi rujukan neonatus.

Soal dan Kunci Jawaban Rujukan Neonatus

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sistem rujukan upaya kesehatan adalah suatu sistem jaringan fasilitas pelayanan kesehatan yang memungkinkan terjadinya penyerahan tanggung jawab secara timbalbalik atas masalah yang timbul, baik secara vertikal maupun horizontal ke fasilitas pelayanan yang lebih kompeten, terjangkau, rasional, dan tidak dibatasi oleh wilayah administrasi. Hal ini bertujuan agar pasien mendapatkan pertolongan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih mampu sehingga jiwanya dapat terselamatkan, dengan demikian dapat menurunkan AKI (Angka kematian Ibu) dan AKB (Angka kematian Bayi).

Bacaan Lainnya

Jenis sistem rujukan ada 2 macam yaitu rujukan medis dan rujukan kesehatan. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam rujukan yaitu “BAKSOKUDA”.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Seorang bidan akan melakukan rujukan ibu hamil karena mengalami kehamilan lebih bulan. Usia kehmilan bisa dikatakan lebih bulan jika….

A. 37 minggu

B. > 42 minggu

C. 40 minggu

D. < 36 minggu

2. Seorang ibu GI P0A0, hamil 39 minggu datang ke Puskesmas dengan keluhan kepala pusing sejak tadi malam. Hasil pengukuran tekanan darah 170/80 mmhg. Bidan menyarankan untuk dilakukan rujukan ke RS. Persiapan yang diperlukan keluarga adalah….

A. Obat

B. Surat

C. Darah

D. Biaya

3. Seorang bidan akan melakukan rujukan pada seorang bayi usia 4 bulan karena mengalami diarhea, bayi lemas. Di rumah bidan, bayi sudah dilakukan rehidrasi dengan infus RL maintenance.  Kontraindikasi dari rujukan dari pihak bayi adalah….

A. Kondisi tidak stabil saat dipindahkan

B. Kondisi sudah membaik

C. Tempat rujukan jauh

D. Bayi rewel saat dipindahkan

4. Seorang wanita G II PIA0, usia kehamilan 35-36 minggu datang ke bidan dengan keluhan keluar bercak darah merah segar setelah buang air kecil sejak subuh tadi serta tidak mulas. Denyut janin 160 x/menit. Bidan segera merencanakan rujukan ke RS. Prinsip O dalam merujuk dengan Baksokuda adalah….

A. Ongkos

B. Obat

C. Orang

D. Do’a

5. Seorang anak berusia 2 tahun dibawa ibunya ke Puskesmas dan dilayani oleh bidan. Ibu anak mengatakan anak sudah sejak tadi malam muntah serta buang air besar 6 kali serta malas makan. Hasil pemeriksaan suhu 390C dan anak tampak lemah. Yang saudara lakukan pada anak tersebut adalah….

A. Perbaiki keadaan anak dengan infus lalu rujuk

B. Langsung rujuk ke RS

C. Berikan makanan

D. Berikan minuman

Kunci Jawaban

  1. B
  2. D
  3. A
  4. B
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *