Soal Sampel dan Sampling

soal sampel dan sampling

Soal Sampel dan Sampling – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi dasar-dasar sampel dan sampling.

Soal dan Kunci Jawaban Sampel dan Sampling

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sampling adalah suatu kegiatan memilih populasi untuk dijadikan sampel (teladan), sebagai pertimbangan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.

Bacaan Lainnya

Metode sampling dikelompokan menjadi:

  • Sampling acak atau random sampling atau probability sampling yang artinya semua anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel riset, dibedakan menjadi sampling acak sederhana (simple random sampling), sampling acak sistematik (systematic random sampling), sampling acak strata (stratified random sampling), sampling acak wilayah (cluster random sampling), dan sampling acak bertingkat (multi stage random sampling).
  • Sampling tidak acak atau non random sampling atau non probability sampling yang artinya anggota populasi tidak mempunyai kesempatan untuk dipilih menjadi sampel riset, dibedakan menjadi sampling aksidental (accidental sampling), sampling kuota (quota sampling), sampling judgment (judgmental / purposive sampling), dan sampling bola salju (snow ball sampling).

Pemilihan sampel secara acak perlu ditetapkan kerangka sampling (sampling frame) tentang keberadaan populasi.

Teknik sampling tidak acak memiliki batasan tersendiri maka penentuan besar sampel teknik ini tidak perlu dihitung dengan menggunakan rumus besar sampel tetapi teknik sampling acak mensyaratkan bahwa setiap anggota populasi memiliki kesempatan sama untuk dipilih sebagai sampel.

Penetapkan besar sampel sampling acak wajib dihitung dengan rumus besar sampel. Rumus besar sampel tergantung (1) pada data awal yang dimiliki, apakah data termasuk proporsi atau kontinyu dan (2) besar populasi, apakah populasi terbatas (finit) atau tidak terbatas (infinit).

Besar sampel yang dihasilkan dari penghitungan rumus sampling acak sederhana dengan satu sampel untuk pengujian hipotesis merupakan besar sampel minimal dan jika dihasilkan nilai pecahan harus dibulatkan ke atas. Untuk antisipasi sampel mengundurkan diri atau tidak dapat dianalisis, lebih baik besar sampel ditambah minimal 10%.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Setelah menetapkan populasi riset, perawat berpikir bahwa memiliki keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya untuk riset. Apakah kegiatan yang harus dilakukan?

A. Melakukan sampling.

B. Mengurangi besar populasi.

C. Menambah lama waktu riset.

D. Menambah jumlah orang pengumpul data.

2) Perawat merumuskan populasi riset: Seluruh perawat yang berstatus pegawai negeri sipil golongan III dan IV di RS XYZ pada bulan Agustus 2015. Apakah teknik sampling yang sesuai dengan populasi perawat?

A. Sampling acak strata.

BACA JUGA:  Soal Pencegahan Menurut Leavel dan Clark

B. Sampling acak wilayah.

C. Sampling acak sederhana.

D. Sampling acak sistematik.

3) Perawat menetapkan populasi riset: Seluruh penderita Tuberkulosis yang periksa di Puskesmas pada bulan September 2015. Perawat menetapkan sampelnya sebanyak 45 orang. Apakah teknik sampling yang digunakan?

A. Sampling kuota.

B. Sampling purposif.

C. Sampling aksidental.

D. Sampling bola salju.

4) Perawat menetapkan populasi riset: Seluruh ibu hamil trimester 2 yang periksa di Puskesmas Lama Menanti bulan Agustua 2015. Besar populasi sebanyak 96 orang. Perawat menetapkan yang terpilih sebagai sampel adalah ibu hamil trimester 2 yang berjarak 1 km dari Puskesmas dan ditemukan sebanyak 38 orang. Apakah teknik sampling yang digunakan?

A. Sampling kuota.

B. Sampling purposif.

C. Sampling aksidental.

D. Sampling bola salju.

5) Perawat menetapkan populasi riset: Seluruh balita yang periksa di Poli Tumbuh Kembang Puskesmas pada tanggal 2 – 10 September 2015. Apakah teknik sampling yang digunakan?

A. Sampling kuota.

B. Sampling purposif.

C. Sampling aksidental.

D. Sampling bola salju.

7) Perawat menetapkan populasi riset: Semua balita yang periksa di poliklinik tumbuh kembang Puskesmas. Sampel dipilih dengan metode sampling aksidental. Apakah batasan yang harus disusun perawat?

A. Tempat riset.

B. Banyaknya sampel.

C. Cara pengumpulan data.

D. Waktu pengumpulan data.

8) Perawat menyusun tujuan riset untuk menggambarkan pengetahuan penduduk tentang bahaya HIV/AIDS. Populasi riset yang ditetapkan seluruh penduduk di Desa Sumber Sekar tahun 2015 RW yang terbagi dalam wilayah RW. Metode sampling apakah yang tepat untuk memilih sampel?

A. Sampling acak strata.

B. Sampling acak wilayah.

C. Sampling acak sederhana.

D. Sampling acak bertingkat.

9) Perawat melakukan riset pada penderita Tuberkulosis yang berada di 15 Provinsi di Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan tahapan (1) memilih Provinsi, (2) memilih Kota / Kabupaten di Provinsi terpilih, (3) memilih Kecamatan di Kota / Kabupaten terpilih, (4) memilih Desa/Kelurahan di Kecamatan terpilih, dan (5) memilih penderita Tuberkulosis secara acak. Metode sampling apakah yang telah dipilih perawat?

A. Sampling acak strata.

B. Sampling acak wilayah.

C. Sampling acak sederhana.

D. Sampling acak bertingkat.

10) Perawat menetapkan tujuan riset untuk menggambarkan kemampuan melakukan tindakan pemberian nutrisi pada bayi. Populasi riset yang ditetapkan: Seluruh perawat yang memiliki jabatan fungsional yang bekerja di Rumah Sakit Y tahun 2015. Apakah teknik sampling yang sesuai dengan populasi perawat?

A. Sampling acak strata.

B. Sampling acak wilayah.

C. Sampling acak sederhana.

D. Sampling acak sistematik.

Kunci Jawaban

1) A

2) A

3) A

4) B

5) C

6) C

7) D

8) B

9) D

10) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.