Soal Sifat Pendudukan Jepang di Indonesia

soal sifat pendudukan Jepang di Indonesia

Soal Sifat Pendudukan Jepang di Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Sejarah Indonesia Kelas 11, XI KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang sifat pendudukan Jepang di Indonesia.

Advertisements

Rangkuman Materi Sifat Pendudukan Jepang di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Setelah berhasil melakukan pengeboman Pearl Harbour tahun 1941, gerakan Jepang menuju Asia, termasuk ke Indonesia tidak bisa terbendung.
  • Jepang berhasil menguasai Kepulauan Indonesia dengan cepat dan merata. Masuk dan kedatangan tentara Jepang disambut baik oleh rakyat Indonesia karena dipandang sebagai kekuatan pembebas.
  • Jepang kemudian membentuk pemerintahan militer yang diperkuat denganpemerintahan sipil. Organisasi pergerakan di zaman pendudukan Jepang berdiri karena prakarsa Jepang. Ada organisasi yang kooperatif, tetapi ada gerakan bawah tanah.
  • Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan misalnya Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa Hokokai.
  • Organisasi bersifat militer dan semimiliter antara lain: Seinendan, Keibodan, Barisan Pelopor, Heiho, dan Peta.
  • Sifat pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia cenderung otoriter dan bersifat tirani.
  • Zaman Pendudukan Jepang mempunyai pengaruh yang cukup kuat bagi pertumbuhan nasionalisme Indonesia, khususnya dalam penyebarluasan bahasa Indonesia. Selain itu, peran pemuda makin meningkat serta keyakinan bahwa bangsa Indonesia pun bisa maju seperti Jepang jika mau belajar.
  • Jepang telah melakukan kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyat Indonesia. Salah Satunya kebijakan Ekonomi Perang, produk ekonomi yang semua diperuntukkan pemenangan Perang Asia Timur Raya.
  • Pengendalian pendidikan dan kebudayaan yang berdampak pada kemunduran bidang ekonomi, rakyat menjadi bodoh dan banyak buta huruf.
  • Bidang seni dan budaya juga diawasi. Untuk membantu pertahanan Jepang, pemerintah Tirani Jepang telah membentuk  organisasi militer dan semimiliter yang direkrut dari para muda Indonesia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Motif utama Jepang dalam menginvasi Indonesia adalah …

A. membuat persemakmuran Asia Timur raya yang dipimpin oleh Jepang

B. membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme bangsa Barat

C. saudara tua dari seluruh bangsa-bangsa di Asia

D. memenuhi kebutuhan militer Jepang

E. menjadikan bangsa-bangsa Asia agar merdeka

2. Jepang datang ke Indonesia dengan membawa propaganda simpatik yaitu …

A. mengusahakan kemakmuran bagi bangsa Indonesia

B. memberikan kebebasan beragama bagi masyarakat Indonesia

C. meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia

D. melindungi Indonesia dari kekejaman bangsa barat

E. menumbuh kembangkan perekonomian di Indonesia

3. Selain pemerintahan militer, Jepang juga membentuk pemerintahan sipil untuk medukung jalannya pemerintahan.  Pemerintahan tertinggi Jepang di Indonesia, dipegang oleh …

A. Gunshaikan

B. Gunsheibu

C. Shu

D. Somobu

E. Shihobu

4. Di bawah ini yang tidak termasuk oganisasi semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah …

A. Seinedan

B. Fujinkai

C. Keibodan

D. Barisan pelopor

E. Heiho

5. Agar bangsa Indonesia bersedia membela Jepang dan rela bekerja tanpa diupah, bangsa Jepang menyebut para pekerja dengan istilah …

A. pahlawan tanpa tanda jasa

B. pahlawan pekerja

C. prajurit terampil

D. prajurit pembangunan

E. prajurit matahari terbit

6. Pembentukan tentara sukarela oleh Jepang yang terdiri atas para pemuda-pemudi Indonesia bertujuan …

A. mempersiapkan rencana pemberian kemerdekaan

B. sebagai cadangan pasukan militer untuk melawan Sekutu

C. melatih keterampilan bagi pemuda-pemudi Indonesia

D. sebagai wujud kepedulian Jepang terhadap masa depan Indonesia

E. memberi bekal pengetahuan militer kepada pemuda-pemudi Indonesia

7. Tujuan utama pemerintah pendudukan Jepang membentuk PETA adalah …

A. mempersiapkan bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka

B. mendapatkan bantuan dalam menghadapi perang pasifik

C. mempertahankan Indonesia dari ancaman bangsa barat

D. memberikan kesempatan rakyat Indonesia membela negara

E. memberikan pendidikan militer kepada rakyat Indonesia

8. Tujuan pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang adalah…

A. Membentuk kekuatan militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka

B. membentuk pasukan berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia

C. Menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang

D. Menggalang dukungan untuk mewujudkandan mendukung perjuangan Gerakan Tiga A

E. Mendukung kepentingan ekonomi Jepang melalui pembentukan organisasi

9. Pernyataan berikut ini yang menggambarkan praktek pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi adalah …

A. Jepang di Indonesia memusatkan perhatiannya pada bidang perkebunan rakyat

B. Jepang sangat memperhatikan kesejahteraan ekonomi seluruh rakyat Indonesia

C. Jepang menguras semua sumber ekonomi Indonesia untuk kepentingan perangnya

D. masa pendudukan Jepang, sistem ekonomi uang yang telah ada semakin populer

E. pertanian masa Jepang semakin berkembang dan dinikmati bersama oleh Jepang dan rakyat

10. Kondisi pendidikan masa pendudukan Jepang adalah …

A. pendidikan hanya dapat dinikmati kalangan tertentu saja

B. Jepang membangun sistem pendidikan untuk membangun Indonesia

C. Jepang membangun sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi

D. sistem pendidikan difokuskan untuk kebutuhan perang Jepang

E. pendidikan rakyat Indonesia mengalami kemajuan yang pesat

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. D → Pembahasan: Motif utama Jepang dalam menginvasi dan menduduki Indonesiaadalah karena Indonesia dianggap dapat memenuhi kebutuhanperang Jepang yang sedang menghadapi Blok Sekutu.
  2. D → Pembahasan: Jepang datang ke Indonesia dengan membawa propagandasimpatik antara lain berdalih membebaskan Indonesia darikolonialisme Eropa, terutama Belanda.
  3. C → Pembahasan: Pemerintahan tertinggi Jepang di Indonesia, dipegang oleh Shu.
  4. B → Pembahasan: Di bawah ini yang tidak termasuk oganisasi semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah Fujinkai.
  5. B → Pembahasan: Salah satu propaganda Jepang agar bangsa Indonesia bersedia membela Jepang dan rela bekerja dan membantu Jepang tanpa diupah, maka pekerja diistilahkan ‘pahlawan pekerja’ atau ‘pejuang ekonomi’.
  6. B → Pembahasan: Pembentukan tentara sukarela oleh Jepang yang terdiri atas para pemuda-pemudi Indonesia dimaksudkan Jepang sebagai cadangan pasukan militer bagi Jepang untuk melawan Sekutu.
  7. B → Pembahasan: Tujuan utama pemerintah pendudukan Jepang membentuk PETA adalah Jepang mendapatkan kesatuan militer yang akan membantunya dalam menghadapi Perang Pasifik.
  8. C → Pembahasan: Pembentukan Jawa Hokokai (kebaktian Jawa) pada tahun 1944 dimaksudkan sebagai wadah untuk menghimpun rakyat dan menggalang dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang.
  9. B → Pembahasan: Ekonomi perang masa Jepang adalah Jepang menguras semua sumber ekonomi Indonesia untuk kepentingan perangnya di Pasifik.
  10. A → Pembahasan: Kondisi pendidikan masa pendudukan Jepang adalah sistem pendidikan difokuskan untuk kebutuhan perang Jepang.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *