Soal Siklus Sel

soal siklus sel

Soal Siklus Sel – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi siklus sel.

Soal dan Kunci Jawaban Siklus Sel

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Proses pembelahan sel diawali dengan terjadinya duplikasi komponen sel, baik DNA yang terkemas di dalam kromosom maupun organella-organella yang ada di dalam sel.

Read More

Kromosom mengalami duplikasi pada fase S (sintesis) pada siklus sel, yang membutuhkan waktu paling lama (10-12 jam). Namun mulai dari fase G1, S dan G2 selalu terjadi proses duplikasi komponen sel yang lain, seperti sintesis protein selalu terjadi untuk mensintesis organella-organella yang dibutuhkan oleh setiap sel anakan.

Mitosis adalah peristiwa terjadinya pembagian kromosom pada dua inti sel dari calon sel anakan. Selanjutnya, diteruskan dengan proses Sitokenesis: yaitu terjadinya pembagian sitoplasma menjadi dua bagian sama untuk dua sel anakan. Mitosis terletak antara fase G1 dan fase G2.

Pada proses siklus sel selalu terjadi kontrol (checkpoint control) pada 3 lokasi yaitu pada akhir fase G1, akhir fase G2 dan pada proses Mitosis (sitokinesis). Apabila system kontrol tidak berjalan dengan baik dan proses pembelahan tetap terjadi, maka akan dihasilkan sel yang mengalami mutasi.

Siklus sel diatur oleh protein kinase yang dikenal sebagai cyclin-dependent kinases (Cdks). Ada Empat macam protein cyclin ayitu: G1-Cdk, G1/S-cyclin mengaktivasi Cdks pada akhir fase G1, memicu sel untuk masuk ke tahap sintesis.

Konsentrasinya akan menurun pada fase S. S-cyclin berikatan dengan Cdk menstimulasi penggandaan kromosom, S-cyclin akan meningkat hingga masuk ke fase mitosis. Cyclin ini juga memiliki peran untuk mengontrol awal pembelahan mitosis (profase). M-cyclin mengaktivasi Cdks untuk menstimulasi ke fase mitosis pada checkpoint G2/M, konsentrasi M-cyclin akan menurun padapertengahan mitosis.

Soal Isian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

  1. Fase …terjadi proses sintesis DNA
  2. Mitosis terdiri dari 4 tahapan yaitu: a)…..b)…c)…dan d….
  3. Pada proses pembelahan mitosis, dimana membran inti sudah mulai menghilang adalah pada fase….
  4. Interfase terdiri dari 3 fase yaitu a)….b)….dan c)….
  5. Pada siklus sell terjadi 3 kali chekpoint, sebutkan mulai dari awal a)….b)….dan c)…
  6. Checkpoint yang paling penting pada fase …
  7. Mutasi yang tidak terdeteksi pada fase G2 dan dilanjutkan ke fase M, maka sel hasil pembelahan seterusnya akan mengalami…
  8. Komponen utama pada siklus sel diatur oleh protein kinase yang dikenal sebagai…
  9. Komplek G1/S-cyclin mengaktivasi Cdks pada fase….
  10. Penggandaan kromosom pada fase S akan distimulasi oleh protein cyclin….yang berikatan dengan….

Kunci Jawaban

  1. Fase S
  2. Profase, Metafase, Anafase, Telofase
  3. Metafase
  4. Fase G1, fase S, fase G2
  5. A. Akhir G1 menuju fase S, B. Akhir G2, C. Mitosis (fase Anafase)
  6. Fase G2
  7. Mutasi
  8. Cyclin-dependent kinases (Cdk)
  9. Akhir G1
  10. S-cyclin, Cdk

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *